Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sambil Pertanyakan Akal Sehat Sains, China Ogah Buka Kerja Sama Investigasi Corona WHO karena...

        Sambil Pertanyakan Akal Sehat Sains, China Ogah Buka Kerja Sama Investigasi Corona WHO karena... Kredit Foto: AFP/Getty Image
        Warta Ekonomi, Beijing -

        Seorang pejabat kesehatan senior China pada Kamis (22/7/2021) mengatakan bahwa Beijing tidak dapat menerima rencana Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk studi fase kedua tentang asal-usul Covid-19. 

        Zeng Yixin, wakil menteri Komisi Kesehatan Nasional, mengatakan dia “agak terkejut” dengan seruan untuk mengetahui lebih jauh asal-usul pandemi dan secara khusus. Teori bahwa virus itu mungkin telah bocor dari laboratorium China terus merebak.

        Baca Juga: Para Ilmuwan Kian Tercerahkan Usai Temukan Jejak Wabah Virus Corona dari 20.000 Tahun Lalu

        Zeng menolak teori kebocoran laboratorium sebagai rumor yang bertentangan dengan akal sehat dan sains.

        “Tidak mungkin bagi kami untuk menerima rencana penelusuran asal seperti itu,” katanya dalam konferensi pers yang diadakan untuk mengatasi masalah asal-usul COVID-19, dikutip laman Associated Press, Kamis (22/7/2021).

        Pencarian asal-usul virus telah menjadi isu diplomatik yang memperburuk hubungan China dengan AS dan banyak sekutunya. AS dan lainnya mengatakan bahwa China belum transparan tentang apa yang terjadi pada hari-hari awal pandemi. China menuduh para kritikus mempolitisasi masalah yang harus diserahkan kepada para ilmuwan.

        Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal WHO, mengakui pekan lalu bahwa terlalu dini untuk mengesampingkan hubungan potensial antara pandemi dan kebocoran dari laboratorium pemerintah China di Wuhan, kota tempat penyakit itu pertama kali terdeteksi pada akhir 2019.

        Tedros mengatakan dia mengharapkan kerja sama yang lebih baik dan akses ke data dari China, menambahkan bahwa mendapatkan akses ke data mentah telah menjadi tantangan bagi tim ahli internasional yang melakukan perjalanan ke China tahun ini untuk menyelidiki penyebab wabah.

        Dia juga mengatakan ada "dorongan prematur" untuk mengesampingkan teori bahwa virus corona mungkin telah lolos dari laboratorium pemerintah China di Wuhan.

        “Saya sendiri adalah seorang teknisi laboratorium, saya seorang ahli imunologi, dan saya telah bekerja di laboratorium, dan kecelakaan laboratorium terjadi,” kata Tedros.

        Kata-kata Tedros digaungkan oleh menteri kesehatan Jerman, Jens Spahn, yang mendesak pejabat China untuk mengizinkan penyelidikan tentang asal-usul virus untuk dilanjutkan.

        Zeng mengatakan laboratorium Wuhan tidak memiliki virus yang dapat menginfeksi manusia secara langsung. Dia mencatat bahwa tim ahli internasional terkoordinasi WHO yang mengunjungi laboratorium awal tahun ini menyimpulkan bahwa kebocoran laboratorium sangat kecil kemungkinannya.

        Tim menyatakan virus kemungkinan besar melompat dari hewan ke manusia, dengan spekulasi yang berfokus pada itu berasal dari kelelawar, yang mungkin telah menularkannya ke trenggiling yang secara tradisional dijual di pasar basah China sebagai makanan lezat.

        Perdebatan yang sangat dipolitisir berpusat pada apakah kebocoran laboratorium sangat tidak mungkin sehingga teori tersebut harus dikesampingkan sebagai kemungkinan, atau apakah itu layak untuk dipelajari lebih lanjut.

        Zeng juga mengatakan laporan bahwa staf dan mahasiswa pascasarjana di Institut Virologi Wuhan telah terjangkit virus dan mungkin menularkannya ke orang lain tidak benar. Dia mengatakan China “selalu mendukung pelacakan virus secara ilmiah,” dan ingin melihatnya meluas ke banyak negara dan wilayah di seluruh dunia.

        “Namun, kami menentang mempolitisasi pekerjaan tracing,” kata Zeng.

        Fase kedua pelacakan virus harus didasarkan pada kesimpulan fase pertama setelah “diskusi dan konsultasi penuh oleh negara-negara anggota,” kata Zeng.

        China telah sering berusaha untuk menangkis tuduhan bahwa pandemi itu berasal dari Wuhan dan dibiarkan menyebar oleh kesalahan langkah awal birokrasi dan upaya menutup-nutupi. Juru bicara pemerintah telah menyerukan penyelidikan apakah itu mungkin diproduksi di laboratorium militer AS, sebuah teori yang tidak dipegang secara luas dalam komunitas ilmiah.

        China sebagian besar telah mengakhiri penularan virus secara lokal melalui penguncian, persyaratan penyembunyian, dan distribusi lebih dari 1 miliar dosis vaksin. Hanya 12 kasus lokal baru yang dilaporkan pada hari Kamis dan jumlah kematian China akibat virus tetap tidak berubah di 4.636.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: