Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: BUMN China Everbright Jadi Konglomerat dengan Pertumbuhan Apik

        Kisah Perusahaan Raksasa: BUMN China Everbright Jadi Konglomerat dengan Pertumbuhan Apik Kredit Foto: Alamy Photo
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perusahaan raksasa peringkat ke-253 adalah China Everbright Group yang membukukan pendapatan sebesar 46,95 miliar dolar AS tahun 2020. Ia adalah badan usaha milik negara China yang menjadi salah satu yang terkaya di dunia mengacu pada total pendapatannya.

        Catatan apik kinerja keuangan Everbright tercatat dalam Fortune. Laman web tersesebut menerangkan bahwa terjadi peningkatan sekitar 12,1 persen dalam pendapatannya di 2020 dari sebelumnya 41,87 miliar dolar. Keuntungannya pun meningkat sekitar 5,2 persen tahun itu, menjadi 1,98 miliar dolar dari sebelumnya 1,89 miliar dolar. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Delta Air Lines, Maskapai Komersial Amerika yang Tengah Bangkit

        Sementara itu, dua capaian lain seperti aset dan total ekuitas China Everbright ikut naik. Asetnya naik dari 696,96 miliar menjadi 748,02 miliar dolar, sedangkan ekuitasnya menjadi 20,77 miliar dari sebelumnya 19,19 miliar dolar.

        Perusahaan yang mulanya didirikan pada Mei 1983 di Hong Kong ini, sedang mengalami tahun baik karena secara angka pertumbuhan finansial perusahaan tercatat apik. Sebab itulah, Warta Ekonomi pada Kamis (2/9/2021) akan mengulas kisahnya dalam artikel perusahaan raksasa seperti berikut ini.

        Pelopornya adalah tiga orang wakil pemerintah China, Wang Guangying, Zhang Lansheng, dan Ren Xiguang. Wang, menjadi pemimpin perusahaan karena sahamnya paling banyak di antara dua anggota lainnya.

        Wang adalah ketua dan salah satu dari 5 direktur eksekutif bersama dengan Kong Dan dan tiga lainnya pada tahun 1985, yang diratifikasi oleh Dewan Negara China. Dewan Negara meratifikasi pendirian Everbright dengan dokumen Dewan Negara bernomor No.89 tahun 1983.

        Everbright mulanya sebagai jembatan penting dalam tahap awal reformasi dan keterbukaan negara serta pelopor penting dari National Development Financial Holding Group. Everbright telah memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi negara, dan reformasi dan keterbukaan, yang dapat dimasukkan dalam tiga kategori. 

        Tahap pertama, dari tahun 1983 hingga 1990, merupakan awal dari perdagangan dan tahap penanaman modal di bidang industri. Everbright telah muncul di Hong Kong sebagai perusahaan swasta, dengan fokus pada perdagangan luar negeri dan investasi industri, dan telah memperkenalkan sejumlah besar peralatan dan teknologi produksi skala besar di industri elektronik, tekstil, mesin, dan makanan ke daratan China.

        Tahap kedua, dari tahun 1990 hingga 2003, adalah tahap pendirian industri keuangan dan investasi di pasar modal Hong Kong. Sesuai dengan perkembangan ekonomi negara dan kebutuhan layanan sosial, sejumlah lembaga keuangan seperti Everbright Bank dan Everbright Securities telah didirikan, dan perusahaan yang terdaftar telah diakuisisi dan direorganisasi menjadi Everbright International dan Everbright Holdings. Bisnis grup cenderung ke industri domestik dan keuangan.

        Tahap ketiga, dari tahun 2003 hingga 2014, adalah tahap penyesuaian strategis, restrukturisasi dan reorganisasi. Selama periode reformasi dan reorganisasi, grup berfokus pada pengembangan bisnis utamanya, dan secara berturut-turut menyelesaikan pencatatan A-share Everbright Securities, pencatatan A-shares dan H-shares China Everbright Bank, restrukturisasi Everbright Sun Life Insurance, pendirian Everbright Financial Holdings, akuisisi Everbright Xinglong Trust, dan strategi perusahaan China Everbright di Hong Kong. Pekerjaan penting seperti transformasi.

        Pada tanggal 8 Desember 2014, menurut rencana yang disetujui oleh Dewan Negara, Everbright Group direstrukturisasi dari perusahaan yang sepenuhnya milik negara menjadi perusahaan saham gabungan, dan berganti nama menjadi "China Everbright Group Co Ltd". Itu didirikan oleh Kementerian Keuangan dan Huijin, masing-masing memegang 44,33 persen saham. Dan 55,67 persen.

        Pada tahap keempat, sejak tahun 2015, Everbright Group telah memasuki tahap baru eksplorasi dan pengembangan sistem kepemilikan saham baru.

        Dalam beberapa tahun terakhir, Everbright Group telah mengambil tanggung jawab untuk mendukung pengembangan ekonomi nasional, melayani ekonomi riil, dan melayani pelanggan sebagai tanggung jawab sendiri, dan telah bekerja sama dengan pemerintah daerah di semua tingkatan untuk memberikan kontribusi positif untuk mendukung pembangunan. ekonomi riil, dan juga telah membuat kemajuan yang cukup besar. 

        Hingga akhir 2015, total aset Everbright Group mencapai RMB 3.496,916 miliar, pendapatan operasional RMB 123,603 miliar, dan laba RMB 53,601 miliar pada tahun itu. Menurut peringkat majalah "Fortune" AS pada Juli 2015, Everbright Group berada di peringkat 420 di antara 500 perusahaan teratas dunia.

        Saat ini, Everbright Group telah berkembang menjadi operasi perbankan, sekuritas, asuransi, manajemen aset, kepercayaan, futures, leasing keuangan dan bisnis keuangan lainnya, serta perlindungan lingkungan, urusan air, pembangkit listrik insinerasi limbah dan energi baru dan bisnis industri lainnya, mencakup domestik dan luar negeri, perusahaan bawahan Ada lebih dari 500 perusahaan, lebih dari 2.000 organisasi, dan 58.600 karyawan. Mereka adalah perusahaan tulang punggung milik negara di bawah manajemen pusat.

        Everbright Group memiliki Everbright Bank (kode saham A-saham 601818, kode saham H-saham 6818.HK), Everbright Securities (kode saham A-saham 601788), Everbright Holdings (kode saham H-saham 0165.HK), dan China Everbright Internasional (kode H Stock 0257.HK), China Aircraft Leasing (H-share kode saham 1848.HK), Everbright Water (SGX kode saham U9E) dan perusahaan terdaftar lainnya.

        Pada langkah selanjutnya, Everbright Group akan mengambil "proaktif dan stabil, memanfaatkan tren, bekerja selangkah demi selangkah, berani melampaui, dan mencapai perkembangan yang lebih konotatif" sebagai ideologi pemandunya, dan "reformasi dan inovasi untuk memimpin pembangunan, layanan keuangan yang komprehensif kepada masyarakat, mempertahankan dan meningkatkan nilai untuk berkontribusi pada negara, yayasan berusia seabad "Mimpi China" adalah misinya, dengan tegas menerapkan persyaratan persetujuan Dewan Negara untuk reformasi dan reorganisasi grup, memperkenalkan investor strategis di tepat waktu, dan memilih peluang untuk mencapai daftar keseluruhan grup saat kondisinya matang.

        Setelah upaya bersama grup, Grup Everbright pada akhirnya akan dibangun menjadi bisnis yang komprehensif dengan keunggulan. Luar biasa, kuat, dan ilmiah dalam manajemen, adalah grup holding keuangan kelas satu yang sesuai dengan standar internasional dan memiliki karakteristik Cina.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: