Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Berawal dari Merger, TD Bank Tumbuh sebagai Perbankan Top Kanada

        Kisah Perusahaan Raksasa: Berawal dari Merger, TD Bank Tumbuh sebagai Perbankan Top Kanada Kredit Foto: Wikimedia Commons/Matthew G. Bisanzo
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Toronto-Dominion Bank atau disingkat TD Bank adalah perbankan dan jasa keuangan multinasional Kanada yang menjadi salah satu perusahaan raksasa menurut Fortune Global 500. Dalam catatan finansial tahun 2020, TD Bank sukses mengantongi 44,50 miliar dolar AS ke dalam pendapatan (revenue) tahunan.

        Fortune kembali mencatat bahwa kondisi finansial TD Bank masih relatif aman. Itu bisa dilihat dengan naiknya revenue sekitar 8 persen, sehingga posisinya dalam peringkat itu naik 28 poin. Meski tidak besar, akan tetapi keuntungan (profit) yang dihasilkan perusahaan ikut naik 0,3 persen menjadi 8,78 miliar dolar tahun itu. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Shaanxi Yanchang, Konglomerat Migas Asal China Sejak 1905

        Penting untuk dicatat pula terkait aset TD Bank yang mencapai 1,07 triliun dolar di tahun 2020. Dengan demikian, terlihat bagaimana performa perusahaan dalam satu tahun ke belakang.

        Sementara itu, TD Bank dibentuk atas gabungan (merger) dua raksasa perbankan saat itu yakni Bank of Toronto dan The Dominion Bank. Keduanya saat itu memiliki predikat sebagai salah satu dari lima bank besar di Toronto. 

        Lebih lanjut, kisah Toronto-Dominion Bank atau TD Bank ini akan ditulis dalam artikel perusahaan raksasa Warta Ekonomi pada Kamis (23/9/2021) sebagai berikut.

        Asal usul Toronto-Dominion Bank terletak pada upaya sekelompok pengusaha di Provinsi Kanada Barat (sebutan Ontario antara tahun 1840 dan 1867), yang terlibat dalam pembelian, penggilingan, dan pemasaran biji-bijian. Mereka bertekad untuk menciptakan lembaga keuangan untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka di bidang perbankan, asuransi dan pertukaran komoditas.

        Kelompok tersebut mengajukan petisi pertamanya untuk penggabungan Millers, Merchants and Farmers Bank of Canada West pada tahun 1854 ke badan legislatif provinsi Kanada, yang menolak permintaan tersebut. Namun, pada 18 Maret 1855, aplikasi mereka untuk piagam Bank of Toronto, dengan modal dasar 500.000 pounds, dikabulkan.

        Pada bulan Juli 1856, Bank of Toronto membuka kantornya di 78 Church Street, Toronto, dengan tiga staf dan segera memulai pengembangan jaringan cabang provinsi. Pada tahun 1860, ia membuka cabang pertamanya di luar Ontario, di Montreal.

        Bank of Toronto memantapkan dirinya sebagai bank yang efisien, menguntungkan, tetapi pada dasarnya konservatif sepanjang abad ke-19. Ini mempertahankan cadangan yang sangat tinggi terhadap modalnya dan menikmati harga saham tertinggi dari bank mana pun di Kanada. Pertumbuhan sangat lambat dan disengaja dengan beberapa cabang baru dibuka di pusat-pusat regional yang muncul. Pelanggan inti tetap petani, pedagang, dan pengolah produk pertanian (pabrik penggilingan, pembuat bir, penyuling).

        Pada 1871, sekelompok pengusaha dan profesional di bawah kepemimpinan James Austin meluncurkan Dominion Bank untuk bergabung dengan Bank of Toronto di pasar Ontario. Mereka berdedikasi untuk menciptakan institusi baru yang “kondusif bagi kemakmuran umum bagian negara itu.” 

        Seperti Bank of Toronto, Dominion Bank adalah lembaga yang berhati-hati, "memilih pelanggannya dengan hati-hati, melayani mereka dengan baik, dan makmur bersama mereka" (dalam kata-kata sejarah resmi). Itu juga menciptakan jaringan cabang, dan pada tahun 1872 menjadi bank Kanada pertama yang memiliki dua cabang di satu kota Toronto.

        Dengan jatuh tempo ekonomi Kanada dan pembukaan Ontario utara dan Barat pada tahun 1880-an dan 1890-an, bank menjadi lebih agresif dalam pinjaman untuk industri sumber daya, utilitas, dan manufaktur. 

        Pada tahun 1897, Dominion Bank membuka cabang barat pertamanya di Winnipeg dan dua tahun kemudian Bank of Toronto membuka cabang di kota pertambangan British Columbia, Rossland. Pada dekade pertama abad kedua puluh, bank-bank dengan cepat memperluas jaringan cabang mereka di Kanada tengah dan di seluruh barat.

        Untuk menandai kebangkitan mereka sebagai lembaga nasional yang signifikan, Bank Dominion pindah ke gedung kantor pusat baru yang besar di sudut Jalan King dan Yonge di Toronto pada tahun 1879 dan Bank Toronto diikuti dengan kantor pusat tengara lainnya di King and Bay Street pada tahun 1913. 

        Perang Dunia I membawa tantangan baru bagi kedua bank ketika mereka dipanggil untuk membiayai pengeluaran perang dan untuk mendukung inovasi obligasi perang yang dipasarkan kepada masyarakat umum. Setengah dari staf kedua bank bertugas di angkatan bersenjata.

        Kecuali untuk beberapa kontraksi di provinsi barat karena kekeringan, dekade setelah perang adalah salah satu ekspansi dan peningkatan profitabilitas karena pengembangan sumber daya dan ekspansi industri. Kedua bank melewati badai depresi pada tahun 1930-an tanpa kesulitan besar, meskipun terjadi penurunan pendapatan. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: COSCO Shipping, Konglomerat Pengiriman Multinasional China

        Seperti semua bank Kanada, mereka menanggung kritik terhadap kebijakan kredit mereka dan menolak pembentukan bank sentral untuk mengendalikan jumlah uang beredar dan memberi nasihat tentang kebijakan fiskal. Akhirnya Bank of Canada didirikan pada tahun 1934 dan pada tahun 1949, bank-bank swasta diperintahkan untuk menghapus mata uang mereka dari peredaran.

        Datangnya Perang Dunia II melibatkan bank, sekali lagi, dalam pemasaran obligasi perang dan partisipasi dalam pengendalian valuta asing, penjatahan, dan langkah-langkah perang keuangan lainnya. Sekitar 500 staf, atau hampir setengah dari total, memasuki angkatan bersenjata.

        Bank of Toronto dan Dominion Bank muncul dari perang pada tahun 1945 lebih kuat dari sebelumnya, dengan aset lebih dari dua kali lipat sejak 1939. Dengan ledakan pascaperang mereka menjadi lebih aktif dalam pinjaman bisnis dan dalam penetrasi pasar baru. Namun, mereka segera menyadari bahwa biaya ekspansi dan persaingan dengan pesaing yang jauh lebih besar membuat tujuan mereka sulit untuk diwujudkan. 

        Tidak ada bank yang terlibat dalam akuisisi atau merger untuk tumbuh, tetapi keduanya memutuskan bahwa penyatuan dengan bank dengan ukuran yang sama akan menempatkan mereka pada posisi yang jauh lebih kuat untuk memanfaatkan peluang ekonomi pascaperang.

        Pada tahun 1954, negosiasi dimulai antara Bank of Toronto dan Dominion Bank, dan pada akhir tahun kesepakatan penggabungan tercapai. Dalam penjelasannya kepada Menteri Keuangan bank-bank tersebut menyatakan: “Lebih memberatkan bank kecil untuk mengikuti perkembangan negara kita daripada bank besar, sehingga pertumbuhan efektif dan pengaruh komparatif bank-bank kecil akan mungkin di masa depan menurun dibandingkan dengan bank-bank besar.”

        Pada tanggal 1 November 1954, Menteri Keuangan Kanada mengumumkan bahwa ia akan menerima penggabungan tersebut dan para pemegang saham dimintai persetujuannya. Ini akan datang pada bulan Desember dan pada tanggal 1 Februari 1955, Bank of Toronto dan Dominion Bank menjadi Toronto-Dominion Bank.

        Tahun-tahun pertama bank baru didedikasikan untuk tuntutan penggabungan dua pendahulunya, institusi dengan ukuran yang kira-kira sama, tetapi dengan kekuatan yang berbeda dan budaya perusahaan yang unik. Lembaga baru ini menggabungkan fungsi kantor pusat, konsolidasi cabang, dan membentuk organisasi regional baru.

        Program modernisasi dan perluasan cabang yang agresif memperluas kehadiran TD di pasar tradisionalnya dan membawanya ke wilayah baru di provinsi Maritim dan di perbatasan sumber daya alam. Bank baru ini mengukuhkan identitasnya melalui kampanye hubungan masyarakat aktif yang berfokus pada layanan pelanggan - “The Best in Banking Service”, slogan pertama bank berkembang menjadi “Bank Tempat Orang Membuat Perbedaan” yang sangat sukses.

        Lingkungan perbankan yang kompetitif, dan kebutuhan akan integrasi dua administrasi yang efektif, mendorong Bank untuk menilai kembali dan memodernisasi praktik dan metode bisnis melalui paruh kedua tahun 1950-an. Manajemen merampingkan prosedur, memperkenalkan teknologi baru, dan menekankan fungsi sumber daya manusia karena bank menempatkan peningkatan bobot pada layanan pelanggan dan pengetahuan produk.

        Kemunculan bank sebagai institusi berwawasan ke depan disorot oleh pengumuman pada tahun 1962 bahwa bank tersebut akan memiliki kantor pusat baru dan sangat terkenal di pusat kota Toronto. Toronto-Dominion Centre, dirancang oleh Mies van der Rohe, arsitek terkemuka saat itu, akan mencakup gedung tertinggi di Kanada. Ini akan merevolusi cakrawala Toronto dan persepsi publik tentang TD.

        Pada 1960-an, bank memperkuat basis domestiknya dan menetapkan kredensialnya sebagai lembaga utama. Itu mulai melihat melampaui lingkup operasi tradisionalnya dan untuk mengeksplorasi kancah dan peluang internasional, domestik dan asing, untuk pembiayaan proyek skala besar. Ini mengembangkan jaringan kantor perwakilan AS, kemitraan dengan bank pedagang global dan operasi modal ventura. Menyatakan komitmen baru untuk pembiayaan proyek independen dan sindikasi, pada tahun 1967 bank melakukan pembiayaan operasi penambangan timah-seng-perak Anvil besar-besaran di Yukon, pembangunan pipa minyak mentah Rainbow di Alberta, dan usaha pengembangan sumber daya di Irlandia.

        Bank menawarkan surat utang pertama dalam sejarah perbankan Kanada pada tanggal 29 Mei 1967. Undang-undang Bank tahun 1967 mengantar periode perubahan besar di kancah keuangan Kanada. Untuk pertama kalinya, bank diizinkan membebankan bunga lebih dari enam persen atas pinjaman, mendorong penekanan baru pada pinjaman konsumen pribadi dan khusus. Lebih penting lagi, bank sekarang dapat memberikan pinjaman hipotek pada real estat dan portofolio pinjaman hipotek dengan cepat menjadi sangat penting.

        Menjelang akhir tahun 1960-an, basis nasabah bank menjadi lebih beragam dan produk serta layanan baru diluncurkan hampir setiap hari. Kartu Visa muncul (sebagai Chargex) dan reksa dana dipasarkan untuk pertama kalinya. Selain itu, pilihan untuk pengiriman produk dan layanan sangat diperluas berkat teknologi komputer dan komunikasi. Sistem "Tabungan On-Line" diperkenalkan di Toronto pada tahun 1967 dan sepuluh tahun kemudian Mesin Hijau muncul sebagai mesin teller otomatis (ATM) atau ABM (mesin perbankan otomatis) "layanan lengkap" pertama - istilah umum dalam perbankan Kanada, sangat meningkatkan kemampuan layanan nasabah Bank.

        Untuk membangun merek modern dan populer, perusahaan memperkenalkan logo baru dan mengadopsi "TD green" resmi pada tahun 1969. Pada periode yang sama, iklan televisi dan radio digunakan untuk pertama kalinya untuk mempromosikan rangkaian produk baru.

        Bank terus mengikuti perkembangan zaman di bidang lain juga. Ini mendorong wanita untuk pindah ke peran manajemen dan menunjuk manajer bank wanita pertama pada tahun 1968. Sedikit lebih dari satu dekade kemudian lebih dari 40% dari semua trainee manajemen adalah wanita.

        Operasi internasional, yang menjadi penting pada akhir 1960-an, menjadi fokus utama Bank setelah tahun 1970. Bank meluncurkan anak perusahaan baru di Inggris, Amerika Serikat, dan Timur Tengah. Pada tahun 1970, TD menjadi bank Kanada pertama yang melakukan investasi substansial dalam perbankan komersial di Hong Kong dan pada akhir dekade peran TD dalam pinjaman internasional dan perdagangan pasar uang didukung oleh operasi di hampir setiap sudut dunia.

        Menyusul keberhasilan Toronto TD Centre, bank tersebut aktif dalam membiayai proyek-proyek real estat ritel dan komersial di seluruh Kanada. Itu adalah mitra di Toronto Eaton Center dan berpartisipasi dalam perkembangan besar seperti Pacific Center di Vancouver, Edmonton Centre, TD Square di Calgary, dan TD Tower di Halifax.

        Bank dengan mudah melewati penurunan ekonomi pada awal 1980-an, menunjukkan peningkatan pendapatan yang konsisten (dan terkadang luar biasa) dari tahun 1980 hingga 1984. Namun, pada akhir 1980-an, Bank terjebak dalam krisis utang di negara berkembang yang disebabkan oleh resesi. dan kenaikan dramatis dalam suku bunga. Kerugian pinjaman yang signifikan dilaporkan pada tahun 1987 dan sementara bank berpartisipasi secara aktif dalam inisiatif restrukturisasi utang, bank juga berkomitmen pada praktik pemberian pinjaman yang lebih konservatif.

        Meskipun kondisi ekonomi yang sulit dan dampak negatif pada pendapatan, tahun 1980-an dan awal 1990-an melihat banyak perkembangan positif. Deregulasi mulai menghilangkan hambatan antara berbagai elemen sektor keuangan, khususnya dengan Undang-Undang Bank tahun 1987. Bank pindah ke bisnis pialang diskon pada tahun 1984 dengan diperkenalkannya Green Line Investor Services dan kurang dari satu dekade kemudian diluncurkan secara penuh. pialang layanan, TD Evergreen. Pada tahun 1987, perusahaan mendirikan Toronto Dominion Securities Inc. untuk menyediakan layanan perbankan korporasi, perbendaharaan dan investasi kepada klien korporasi. Pada tahun 1992, Bank mengakuisisi aset perusahaan perwalian besar, Central Guaranty Trust dan memulai pengoperasian TD Bank and Trust.

        Tahun 1990-an melihat TD merespons dengan cepat tantangan Internet dan memimpin dalam e-banking. Pada tahun 1996, bank membuat situs webnya dan meluncurkan TD Access: PC, paket PC perbankan dan pialang terintegrasi pertama di Amerika Utara. Pada tahun 1998, TD memperkenalkan Akses Web dan dalam waktu satu tahun membuat layanan e-banking tersedia untuk semakin banyak pelanggan internasional. Pada abad ke-21, bank telah memposisikan dirinya sebagai perusahaan e-commerce multi-channel.

        Juga pada tahun 1998, Toronto-Dominion Bank mengusulkan untuk bergabung dengan Canadian Imperial Bank of Commerce, pada saat yang sama Bank of Montreal mengusulkan untuk bergabung dengan Royal Bank of Canada. Setelah pemeriksaan kedua merger oleh Biro Persaingan Kanada, Paul Martin, Menteri Keuangan saat itu, akhirnya menolaknya.

        Kebutuhan untuk membangun TD menjadi pemain utama di pasar keuangan dunia mendorong Bank untuk mengakuisisi Waterhouse Investor Services, Inc. pada tahun 1996 (dan dalam sekejap lebih dari dua kali lipat ukurannya sebagai broker diskon). TD menyelesaikan pembelian Canada Trust senilai $8 miliar pada tahun 1999 dan merger tersebut mulai berlaku pada Februari 2000.

        Canada Trust membawa sejarah sepanjang dan sekaya sejarah TD Bank itu sendiri. Itu telah tumbuh dari kebutuhan yang sama akan layanan keuangan dasar di Kanada yang masih muda. Didirikan oleh pengusaha lokal di London, Ontario pada tahun 1864 sebagai Huron & Erie Loan and Savings Company[14] perusahaan ini dapat melacak nenek moyang, melalui merger, hingga tahun 1855 dan pendirian Canada Permanent Mortgage Corporation oleh banyak individu yang sama yang mendirikan Bank Toronto.

        Itu juga memiliki hubungan langsung dengan Toronto General Trusts, perusahaan perwalian pertama Kanada, yang didirikan pada tahun 1872. Lembaga-lembaga ini berperan penting dalam menyediakan komunitas pertanian perintis dan penduduk kota-kota yang berkembang di seluruh Kanada dengan dana hipotek dan layanan keuangan lainnya.

        Huron & Erie/Canada Trust memantapkan dirinya sebagai perusahaan hipotek dan kepercayaan yang dinamis, pertama di Ontario, kemudian di seluruh Kanada hingga akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Secara konsisten agresif dalam membangun bisnis dan memasarkan layanannya serta menjadi inovator dalam layanan pelanggan. Setelah merger dengan Canada Permanent pada tahun 1989, Canada Trust menjadi lembaga keuangan terbesar keenam di negara itu.

        Akuisisi Canada Trust memberikan momentum baru bagi Bank, secara signifikan memperluas cakupan cabang Bank, dan meningkatkan komitmen layanan pelanggan TD. Beberapa salah menyebut perusahaan baru sebagai TD Canada Trust, meskipun yang terakhir hanya merupakan divisi terbesar. Toronto-Dominion Bank kini telah beroperasi di bawah merek Toronto-Dominion Bank Financial Group (TDBFG).

        Dengan penggabungan Toronto-Dominion Bank dan Canada Trust, Biro Persaingan mengharuskan grup untuk menjual bisnis MasterCard atau Visa. Citibank Canada membeli bisnis dan klien MasterCard TD Canada Trust. TD mulai mengiklankan kartu Visanya di bawah merek perusahaan TD Visa.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: