Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: United Airlines Holdings, Perusahaan Induk Maskapai Publik Amerika

        Kisah Perusahaan Raksasa: United Airlines Holdings, Perusahaan Induk Maskapai Publik Amerika Kredit Foto: Foto: Reuters.
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        United Airlines Holdings Inc disingkat UAH adalah salah satu perusahaan raksasa berdasarkan pendapatannya, juga sebagai perusahaan induk maskapai penerbangan publik Amerika Serikat. UAH memiliki dan mengoperasikan United Airlines Inc.

        Melansir Fortune Global 500, UAH pada 2020 memiliki total pendapatan sebesar 43,25 miliar dolar AS, dengan persentase kenaikan revenue mencapai 4,7 persen. Keuntungan keseluruhannya pada tahun itu mencapai 3 miliar dolar, dengan kenaikan cukup signifikan yakni 41,3 persen.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Best Buy, dari Toko Musik Jadi Pebisnis Ritel Papan Atas

        Lebih lanjut, kisah United Airlines Holdings akan diulas Warta Ekonomi pada Rabu (6/10/2021) dalam artikel kisah perusahaan raksasa.

        Mula-mula, United Airlines dan US Airways sedang dalam pembicaraan merger lanjutan pada akhir April 2008, menyusul pengumuman bahwa Continental telah memutuskan pembicaraan dengan United.

        Bulan Juni 2008, CEO United Airlines dan Continental Airlines menandatangani pakta aliansi yang menandakan akhirnya mereka bergabung. Aliansi ini merupakan kesepakatan untuk menghubungkan jaringan internasional dan berbagi teknologi dan fasilitas penumpang.

        Perjanjian ini pada dasarnya adalah "merger virtual" yang mencakup banyak manfaat dari merger tanpa biaya aktual dan restrukturisasi yang terlibat. Aliansi ini berlaku sekitar satu tahun setelah Delta Air Lines dan Northwest Airlines menyelesaikan merger mereka, karena aliansi tersebut melepaskan Continental dari kontrak SkyTeam dan memungkinkan pemberitahuan sembilan bulan yang diperlukan. Selain itu, Continental bergabung dengan Star Alliance, saat Delta dan Northwest bergabung.

        United Airlines dilaporkan dalam diskusi serius merger dengan US Airways pada awal April 2010. Sebuah laporan New York Times menunjukkan bahwa kesepakatan sudah dekat. Persetujuan serikat disebut sebagai rintangan utama yang harus diselesaikan oleh negosiator.

        Pada tanggal 22 April 2010, United mengumumkan bahwa mereka tidak akan melakukan merger dengan US Airways.

        Dewan Direksi di Continental dan United Airlines menyetujui kesepakatan pertukaran saham yang akan menggabungkan mereka menjadi maskapai penerbangan terbesar di dunia pada hari Minggu, 2 Mei 2010.

        Maskapai penerbangan mengumumkan kesepakatan tersebut pada hari berikutnya. Ini akan menyatukan kembali maskapai penerbangan Walter Varney, yang keturunannya termasuk Continental dan United.

        Continental dan United Airlines bergabung

        Pemegang saham Continental dan United Airlines menyetujui merger

        Kedua maskapai telah mengalami kerugian dalam resesi dan mengharapkan merger untuk menghasilkan penghematan lebih dari $1 miliar per tahun.

        Gabungan, mereka terbang ke sekitar 370 tujuan di 59 negara dari sepuluh hub mereka, dan membawa 144 juta penumpang per tahun. Pendapatan gabungan akan menjadi sekitar $29 miliar.

        Pada tanggal 27 Agustus 2010, Departemen Kehakiman AS menyetujui merger senilai $3 miliar dan pemegang saham dari kedua perusahaan menyetujui merger tersebut pada 17 September 2010. Pada tanggal 1 Oktober 2010, UAL Corporation (perusahaan induk United Airlines) menyelesaikan akuisisi Continental Airlines dan mengubah namanya menjadi United Continental Holdings, Inc.

        Meskipun kedua maskapai tetap terpisah sampai integrasi operasional selesai, pada hari ini kedua maskapai dikendalikan secara korporat oleh kepemimpinan yang sama. Kedua operator mencapai sertifikat operasi tunggal dari FAA pada tanggal 30 November 2011 yang memungkinkan kedua maskapai untuk beroperasi dengan nama "United".

        Lebih lanjut, untuk tahun fiskal 2017, United Continental Holdings melaporkan pendapatan sebesar US$2,131 miliar, dengan pendapatan tahunan sebesar US$37,736 miliar, meningkat 3,2% dari siklus fiskal sebelumnya. Saham United Continental diperdagangkan lebih dari $69 per saham, dan kapitalisasi pasarnya bernilai lebih dari US$23,1 miliar pada Oktober 2018.

        Perusahaan ini menempati peringkat No. 81 dalam daftar Fortune 500 2018 dari perusahaan Amerika Serikat terbesar berdasarkan total pendapatan.

        Ketika United Airlines dan Continental Airlines mengumumkan merger mereka pada Mei 2010, mereka memperkenalkan merek perusahaan baru mereka. Ini menampilkan kata-kata "United Airlines" dalam jenis huruf Continental saat itu, dan logo seperti bola dunia Continental.

        United memperbarui merek mereka sekali lagi pada Agustus 2010, mengganti kata "United Airlines" dengan satu kata UNITED dan mengubah font menjadi font sans-serif huruf besar tradisional United. CEO baru United Jeff Smisek, yang sebelumnya menjabat sebagai ketua Continental, membantu merancang font baru, mengintegrasikannya dengan grafis Continental yang dirancang oleh Lippincott. Dia telah mencatat bahwa dia telah menerima lebih dari 15.000 email dengan saran untuk livery baru.

        United 747 pertama yang menampilkan corak baru dicat pada Februari 2011. Pengecatan ulang dan branding dikatakan "dipercepat" mulai pertengahan 2011.

        Pada tanggal 1 Maret 2011, United meluncurkan kampanye pemasaran "sementara" menggantikan kampanye "It's Time to Fly" sebelumnya, yang mencakup iklan cat jari dan iklan televisi yang dibuat oleh Fallon.

        Pada tanggal yang sama, United menghapus logo "Tulip" yang dirancang oleh Saul Bass yang berusia 38 tahun dari situs webnya dan semua iklan baru akan menampilkan bekas logo dunia Continental. Kampanye baru ini digunakan hingga 2012, ketika United merekondisi slogan sebelumnya, "Fly the Friendly Skies".

        Pada tanggal 1 Maret 2011, United meluncurkan kampanye pemasaran "sementara" menggantikan kampanye "It's Time to Fly" sebelumnya, yang mencakup iklan cat jari dan iklan televisi yang dibuat oleh Fallon.

        Pada tanggal yang sama, United menghapus logo "Tulip" yang dirancang oleh Saul Bass yang berusia 38 tahun dari situs webnya dan semua iklan baru akan menampilkan bekas logo dunia Continental. Kampanye baru ini digunakan hingga 2012, ketika United merekondisi slogan sebelumnya, "Fly the Friendly Skies".

        Untuk tahun fiskal 2017, United Continental Holdings melaporkan pendapatan sebesar US$2,131 miliar, dengan pendapatan tahunan sebesar US$37,736 miliar, meningkat 3,2% dari siklus fiskal sebelumnya.

        Saham United Continental diperdagangkan lebih dari $69 per saham, dan kapitalisasi pasarnya bernilai lebih dari US$23,1 miliar pada Oktober 2018. Perusahaan ini menempati peringkat No. 81 dalam daftar Fortune 500 2018 dari perusahaan Amerika Serikat terbesar berdasarkan total pendapatan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: