Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Jardine Matheson, Konglomerat Multinasional dari Keuangan hingga Properti

        Kisah Perusahaan Raksasa: Jardine Matheson, Konglomerat Multinasional dari Keuangan hingga Properti Kredit Foto: Jardine Matheson
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Jardine Matheson adalah perusahaan multinasional dengan portofolio bisnis yang berfokus terutama di Asia. Kegiatannya meliputi jasa keuangan, supermarket, pemasaran konsumen, teknik dan konstruksi, perdagangan motor, properti, dan hotel.

        Jardine Matheson, melansir Fortune, adalah salah satu perusahaan raksasa dalam Global 500. Pendapatan atau revenue-nya tahun 2020 mencapai 40,92 miliar dolar AS, namun mengalami penurunan 3,8 persen dari tahun sebelumnya. Sementara untuk keuntungan yang didapat perusahaan naik 63,9 persen tahun itu, sehingga angkanya 2,83 miliar dolar. Untuk asetnya tercatat di angka 97,02 miliar dolar.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Mitsubishi Electric, Pemain Besar di Pasar Elektronik Dunia

        Dikutip Warta Ekonomi dari Funding Universe, Jardine Matheson adalah salah satu nama tertua di Asia Timur, dan Jardine Matheson Holdings Limited adalah grup perusahaan internasional yang beroperasi terutama di Asia, berpusat di sekitar Hong Kong dan China.

        Berasal dari Inggris, Jardine Matheson memainkan peran kunci, dan agak meragukan, dalam pendirian Hong Kong, di mana kelompok itu bermarkas hingga 1984, ketika dipindahkan ke Bermuda untuk mengantisipasi transfer kendali Hong Kong ke China pada Juli 1997.

        Dikendalikan melalui serangkaian kepemilikan minoritas yang rumit oleh keluarga Keswick (keturunan salah satu pendiri William Jardine) Jardine Matheson terlibat dalam berbagai kegiatan, yang paling menonjol adalah perdagangan, jasa keuangan, dan real estat.

        Sektor lainnya termasuk supermarket, pemasaran konsumen, teknik dan konstruksi, kendaraan bermotor, asuransi, dan hotel. Sebuah entitas yang semakin multinasional, Jardine Matheson memperoleh sekitar dua pertiga dari pendapatannya dari Hong Kong dan China, masing-masing sekitar 15 persen dari daerah lain di kawasan Asia-Pasifik dan dari Amerika Utara, dan sekitar lima persen sisanya dari Eropa.

        Perusahaan Dagang Didirikan di Kanton, China, pada tahun 1832

        William Jardine lahir pada tahun 1784 di Dumfriesshire, Skotlandia. Setelah belajar kedokteran, Jardine bekerja untuk British East India Company sebagai ahli bedah kapal, tetapi meninggalkan East India Company pada tahun 1832 untuk mendirikan perusahaan perdagangan di Canton, China, dengan James Matheson, putra seorang baronet Skotlandia, yang telah menjabat selama beberapa tahun sebagai konsul Denmark di China.

        Berdagang dengan orang China dibuat sangat sulit oleh pemerintah Manchu yang xenofobia, yang percaya bahwa sebagai pusat alam semesta, China telah memiliki segalanya dalam kelimpahan dan tidak membutuhkan produk "orang barbar asing".

        Antara lain, Jardine Matheson & Company dibatasi pada sebidang tanah kecil di tepi Sungai Pearl, dekat Kanton, dan dilarang "menjaga wanita" atau berurusan dengan pedagang China yang bukan cohong resmi. Pada satu kesempatan, Jardine dipukul di kepala saat dia mencoba mengajukan petisi kepada otoritas setempat. Sama sekali tidak terpengaruh oleh serangan itu, ia mendapat julukan "tikus tua berkepala besi" di antara orang China.

        Tidak dapat menghasilkan uang dengan menjual barang-barang manufaktur ke China, Jardine Matheson mulai menyelundupkan opium ke China di atas kapal yang disewa dari Calcutta di British India. Pemotong opium berlayar dalam kegelapan ke pelabuhan terlarang, sementara agen perusahaan menyuap para syahbandar dan penjaga agar tidak ketahuan oleh pihak berwenang.

        Pemerintah China menyatakan perdagangan opium ilegal, tetapi hampir tidak berdaya untuk menghentikannya. Akhirnya, pihak berwenang China menyita dan menghancurkan 20.000 peti opium senilai 9 juta dolar.

        Perang Candu Menyebabkan Berdirinya Hong Kong pada tahun 1842

        Jardine membujuk Menteri Luar Negeri Inggris Lord Palmerston untuk mengirim kapal perang ke China untuk menegakkan penilaian untuk reparasi dan untuk melestarikan perdagangan bebas. Permusuhan yang terjadi kemudian dikenal sebagai Perang Candu Pertama. Orang China kalah dan dipaksa untuk menandatangani perjanjian pada tanggal 29 Agustus 1842, yang menghadiahkan Inggris dolar6 juta sebagai ganti rugi, membuka pelabuhan Kanton, Amoy, Foochow, Ningpo, dan Shanghai, dan menyerahkan pulau Hong Kong ke Inggris.

        Jardine Matheson membeli sebidang tanah pertama untuk dijual di Hong Kong dan segera memindahkan kantornya di sana. Gubernur pertama koloni itu, Sir Henry Pottinger, mendukung perdagangan opium (yang bertentangan dengan Ratu Victoria) dan kemudian memenangkan dukungan Parlemen, yang memandang perdagangan opium sebagai metode untuk mengurangi defisit perdagangan Inggris dengan China. Ketika kapal opium perusahaan berlayar ke Hong Kong, mereka disambut dengan meriam salut.

        Jardine Matheson mendapat keuntungan besar dari posisinya yang istimewa di Hong Kong, dan melalui kekuatan perdagangan opiumnya, mulai mengembangkan kepentingan komersial di seluruh wilayah tersebut. Jardine Matheson menjadi dikenal di kalangan orang Tionghoa setempat sebagai hong (kata itu menyiratkan "perusahaan besar" tetapi tidak ada hubungannya dengan nama Hong Kong), dan ketuanya dikenal sebagai taipan, yang secara harfiah berarti "bos besar".

        Selama periode ini Thomas Keswick, juga dari Dumfriesshire, menikahi keponakan Jardine dan kemudian dibawa ke bisnis keluarga Jardine. Putra mereka William Keswick mendirikan kantor Jardine Matheson di Yokohama, Jepang pada tahun 1859 dan kemudian menjadi tokoh terkemuka dalam manajemen perusahaan. Keluarga Keswick tumbuh dalam pengaruh dalam perusahaan, sebagian besar menggusur kepentingan Matheson.

        Diperluas Melampaui Perdagangan di Paruh Akhir Abad ke-19

        Jardine Matheson mendirikan kantor-kantor perdagangan di pelabuhan-pelabuhan utama Tiongkok dan membantu mendirikan perusahaan-perusahaan yang beragam seperti pembuatan bir dan penggilingan kapas, selain perdagangan teh dan sutra. Perusahaan memperkenalkan kapal uap ke China dan, pada tahun 1876, membangun rel kereta api pertama di China, menghubungkan Shanghai dengan dermaga Jardine Matheson di hilir di Woosung.

        Permusuhan berkelanjutan antara China dan Inggris mengakibatkan Perang Candu Kedua pada tahun 1860 dan perang untuk melindungi kepentingan kolonial pada tahun 1898. Sebagai pemenang dalam kedua perang ini, Inggris memperoleh konsesi perdagangan dan koloni di seluruh China dan memenangkan hak komersial yang hampir tidak terbatas untuk menjalankan bisnis di China.

        Perdagangan opium, yang terpaksa diakui oleh China sebagai hal yang legal, telah menjadi topik yang sangat sensitif. Ribuan pecandu (dikenal sebagai "hippies" karena mereka berbaring tengkurap sambil merokok opium) telah menciptakan masalah sosial yang serius. Elemen di Parlemen menyerukan diakhirinya kegiatan komersial yang mengabadikan rasa sakit dan penderitaan para pecandu ini. Masalah ini ditangkap oleh nasionalis yang berpendapat untuk mengakhiri dominasi kekuatan kolonial di China, dan akhirnya menyebabkan pemberontakan seperti Pemberontakan Boxer dan Revolusi Republik. Demi perlindungan dan kepentingan bisnisnya sendiri, Jardine Matheson terpaksa membatasi perdagangan opium.

        Pada tahun 1906, tahun didirikannya di Hong Kong, Jardine Matheson telah berkembang menjadi jangkauan operasi yang lebih luas, tetapi mengalami persaingan yang kuat dari rumah dagang Inggris lainnya yang disebut Butterfield & Swire, yang juga berbasis di Shanghai dan Hong Kong.

        Persaingan antara Jardine Matheson dan Swires dimulai dengan sungguh-sungguh pada tahun 1884 ketika Butterfield & Swire mendirikan kilang gula saingan di Hong Kong dalam upaya untuk mematahkan monopoli Jardine Matheson. Persaingan menyebar ke pelayaran dan perdagangan, tetapi secara keseluruhan tetap beradab dan konstruktif.

        Jardine Matheson terus beroperasi di China relatif tidak terhalang oleh pemerintah Nasionalis, yang semakin korup. Perusahaan terus memperluas kepentingannya di China dan, dengan kepentingan asing lainnya seperti Swire dan Mitsui, menjadi salah satu perusahaan terbesar di negara itu.

        Sangat Menderita Selama Perang Dunia II

        Pada musim panas 1937 pasukan Jepang menyerang China dalam upaya untuk memperluas kepentingan komersial dan strategis Jepang di daratan Asia. Pejabat Jardine Matheson yang ditempatkan di daerah yang dikuasai Jepang dicap sebagai agen imperialisme Eropa dan dipenjarakan. Rekan-rekan perusahaan (perantara China) dicerai-beraikan, dan pabrik-pabriknya dijarah; sekitar 168.000 spindel dilepaskan dari pabrik tekstil Jardine Matheson.

        Petualangan militer Jepang di Tiongkok menyebabkan pendudukan beberapa pelabuhan Tiongkok lainnya, termasuk Shanghai dan Kanton, tempat Jardine Matheson menjalankan sebagian besar bisnisnya. Tony Keswick, cucu William Keswick, mengelola urusan perusahaan di Shanghai hingga 1941, ketika ia pindah ke Hong Kong setelah ditembak oleh orang Jepang. Dia digantikan oleh saudaranya John, yang terpaksa melarikan diri ketika kota itu dikepung. Jardine Matheson telah secara efektif dicegah untuk melakukan bisnis lebih lanjut di China, tetapi terus beroperasi di Hong Kong, yang, sebagai wilayah Inggris, tidak mau diserbu oleh Jepang.

        Sebagai anggota pakta anti-Komintern, Jepang secara tidak resmi bersekutu dengan Nazi Jerman dan Italia Fasis dalam perang di Eropa. Para pemimpin militer yang semakin agresif di Jepang berjanji untuk mengusir imperialis Eropa dari Asia dan mendirikan "Lingkungan Kemakmuran Bersama" trans-Asia.

        Pada 1 Desember 1941, pasukan Jepang menyerbu koloni Inggris di Asia, termasuk Hong Kong. Pejabat Jardine Matheson di koloni itu dipenjara bersama orang Eropa lainnya di Penjara Stanley. John Keswick, bagaimanapun, berhasil melarikan diri ke Ceylon (Sri Lanka), di mana ia bertugas dengan staf Laksamana Earl Mountbatten.

        Dipaksa Meninggalkan China Setelah Pengambilalihan Komunis Pascaperang

        Ketika perang berakhir pada tahun 1945, Inggris kembali menguasai Hong Kong dan John Keswick kembali untuk mengawasi pembangunan kembali fasilitas Jardine Matheson yang rusak selama perang. Perusahaan memiliki maskapai penerbangan kecil, pabrik tekstil, real estate, tempat pembuatan bir, dermaga, gudang (gudang), dan fasilitas penyimpanan dingin. Namun, pada tahun 1949, setelah empat tahun perang saudara, pasukan Komunis menguasai daratan Tiongkok.

        Di Shanghai, John Keswick berusaha untuk bekerja dengan Komunis (yang telah mengundang kapitalis untuk membantu membangun kembali ekonomi), dengan keyakinan bahwa mereka akan lebih tertib dan kurang korup daripada Nasionalis. Keswick berargumen untuk pengakuan Inggris terhadap pemerintah baru, dan bahkan berusaha untuk menjalankan kapal perusahaannya melewati blokade Nasionalis.

        Namun, pada tahun 1950, kebijakan pemerintah baru diberlakukan yang meningkatkan pajak, membatasi pertukaran mata uang, dan melarang PHK. Ewo Breweries, anak perusahaan Jardine Matheson di Shanghai, diperintahkan untuk menurunkan harga sebesar 17 persen, meskipun biaya bahan baku meningkat tajam. Pemerintah memaksa Ewo untuk tetap buka, meskipun mengalami kerugian tahunan sebesar dolar4 juta.

        Perusahaan yang berbasis di Hong Kong terikat untuk mengamati embargo perdagangan Inggris yang ditempatkan terhadap China sebagai akibat dari Perang Korea. Kondisi telah memburuk ke titik di mana tidak mungkin untuk terus beroperasi di China (pada satu kesempatan Keswick ditangkap ketika ia berusaha meninggalkan Shanghai). Terpaksa untuk menutup operasinya di China, Jardine Matheson mengadakan negosiasi dengan pemerintah dan, pada tahun 1954, menyelesaikan nasionalisasi asetnya di China dengan menghapus kerugian dolar20 juta.

        Jardine Matheson terus berdagang dengan tujuh perusahaan perdagangan resmi negara Tiongkok dan menghadiri Pameran Dagang Kanton dua tahunan, di mana perusahaan-perusahaan Tiongkok menegosiasikan sekitar setengah perdagangan luar negeri negara mereka.

        Banyak tradisi manajemen Jardine Matheson berubah setelah perang. Meskipun manajer terus direkrut terutama dari Oxford dan Cambridge, perusahaan mulai menempatkan pria yang lebih muda di posisi yang lebih tinggi. John Keswick, yang keponakannya Henry dan Simon terlalu muda untuk menjalankan perusahaan, kembali ke Inggris pada tahun 1956 untuk memimpin perkebunan keluarga dan menunjuk Michael Young-Herries untuk mengelola operasi di Hong Kong.

        Menjadi Perusahaan Publik pada tahun 1961

        Pada akhir 1950-an John dan Tony Keswick meminta dukungan dari tiga bank di London dan membeli kepentingan keluarga Jardine terakhir di perusahaan tersebut. Jardine Matheson menjadi perusahaan publik pada tahun 1961 dan, dengan modal tambahan yang disediakan oleh pemegang saham, memperoleh saham pengendali di Indo-China Steam Navigation Company dan Henry Waugh Ltd. dan mendirikan perusahaan pelayaran Dominion Far East Line yang berbasis di Australia.

        Pada tahun 1966 China memulai kampanye keduanya untuk membentuk negara komune. Selama kampanye ini, yang disebut "Revolusi Budaya", China hampir menghentikan semua perdagangan dengan Hong Kong. Meskipun Jardine Matheson kehilangan sejumlah besar perdagangan dengan China, asosiasi perusahaan tekstilnya di Hong Kong terus menghasilkan keuntungan besar dari ekspor ke Amerika Serikat.

        Pencapaian terbesar perusahaan selama periode ini adalah penjualan enam pesawat Vickers Viscount ke China. Pada tahun 1969 Revolusi Kebudayaan telah kehilangan momentumnya dan Jardine Matheson sekali lagi melakukan bisnis dengan orang China.

        Pada tahun 1972 keluarga Keswick berusaha untuk mengangkat Henry sebagai taipan baru, tetapi mendapat perlawanan yang cukup besar dari para pendukung direktur pelaksana David Newbigging, putra mantan direktur Jardine Matheson.

        The Keswicks menang setelah memenangkan dukungan dari pemegang saham institusional di London, dan Henry Keswick diangkat sebagai direktur pelaksana senior, sementara ayahnya John melanjutkan kepemimpinan untuk memastikan bahwa Keswicks tidak kehilangan kendali atas perusahaan.

        Tiga tahun kemudian Henry mengundurkan diri dan kembali ke London dan digantikan oleh David Newbigging. Henry, kata Fortune, tidak memiliki "panache" dari Keswicks yang lebih tua dan membuat "lebih dari beberapa musuh" melalui manuver keuangannya yang berani. Namun, Henry menyelesaikan pembelian Reunion Properties pada tahun 1973, sebuah perusahaan real estat besar yang berbasis di London.

        Keswick membiayai pengambilalihan dengan menciptakan tambahan tujuh persen dari ekuitas Jardine Matheson, tetapi melalui akuisisi hampir dua kali lipat aset perusahaan. Henry Keswick juga mengawasi akuisisi Theo H. Davies & Company pada tahun yang sama. Davies, sebuah perusahaan perdagangan besar yang aktif di Filipina dan Hawaii, menguasai 36.000 hektar perkebunan gula. Beberapa bulan setelah dibeli oleh Jardine Matheson, harga gula dunia melonjak drastis.

        Keuntungan yang Menderita di tahun 1970-an

        Pada saat David Newbigging mengambil alih jabatan direktur senior Jardine Matheson, tren yang mengganggu mulai muncul di Hong Kong. Sepanjang sejarahnya, Jardine Matheson telah beroperasi sebagai agen perdagangan, atau "perantara," mengatur penjualan antara produsen di satu lokasi dan konsumen di tempat lain.

        Produsen di Hong Kong, bagaimanapun, menemukan cara untuk menjual produk mereka langsung ke pelanggan, melewati agen seperti Jardine Matheson. Bahkan Hawker-Siddeley, sebuah perusahaan Inggris, berhasil mengatur penjualan enam pesawat jet Trident ke China tanpa keahlian negosiasi Jardine Matheson.

        Antara 1975 dan 1979, keuntungan Jardine Matheson tumbuh pada tingkat tahunan hanya sepuluh persen (rekor buruk untuk Hong Kong). David Newbigging menanggapi dengan membuang anak perusahaan Jardine Matheson yang berkinerja buruk di luar Hong Kong.

        Dia melipatgandakan upaya untuk meningkatkan perdagangan dengan China (yang hanya mengundang perusahaan itu kembali ke China pada 1979) dan melanjutkan investasi di perusahaan yang berbasis di Hong Kong. Jardine Matheson, bagaimanapun, memiliki sedikit keahlian dalam perusahaan ini dan kehilangan uang di hampir setiap usaha.

        Selama tahun 1970-an perusahaan Inggris di Hong Kong seperti Jardine Matheson, Swire, Hutchison, dan Wheelock Marden, secara konsisten mengungguli hong lokal yang beretnis China. Sebagian besar hongs ini menjadi perusahaan publik pada awal 1970-an dan banyak berinvestasi di industri Hong Kong, yang mengalami pertumbuhan kuat selama pasar bullish selama satu dekade. Perusahaan-perusahaan ini menjadi pesaing serius dari pendirian Inggris pada akhir dekade.

        Cheung Kong Holdings, hong lokal yang dijalankan oleh seorang tokoh berpengaruh bernama Li Ka Shing, mencapai posisi dominan di pasar properti Hong Kong pada tahun 1980, mengancam bisnis Hongkong Land, sebuah perusahaan pengembangan yang didirikan pada tahun 1889 oleh saudara laki-laki William Keswick James Johnstone Keswick yang tetap terkait erat dengan Jardine Matheson.

        Selain itu, ketika raja pelayaran Sir Yue-Kong Pao memutuskan untuk melakukan diversifikasi dari kapal menjadi properti setahun sebelumnya, langkah pertamanya adalah mengalahkan Jardine Matheson untuk Hongkong & Kowloon Wharf & Godown Company, di mana kedua kelompok sebelumnya berbagi kendali. .

        Ketika ditemukan bahwa mitra rahasia telah mulai memperoleh saham Jardine Matheson pada akhir tahun 1980, banyak pengamat menduga bahwa baik Li atau Pao (atau lebih buruk, keduanya) berusaha untuk membeli saham yang cukup besar di Jardine Matheson untuk memenangkan kendali atas Hongkong. Tanah.

        Newbigging mengumumkan pada awal November bahwa Jardine Matheson dan Hongkong Land telah sepakat untuk meningkatkan kepentingan mereka satu sama lain, sehingga tidak memungkinkan bagi pihak mana pun untuk menguasai salah satu perusahaan. Skema kepemilikan silang, bagaimanapun, menempatkan kedua perusahaan dalam utang.

        Direorganisasi di bawah Simon Keswick pada 1980-an

        Tindakan defensif yang diperlukan selama tahun 1980 memaksa Jardine Matheson untuk menjual kepentingannya di Reunion Properties untuk mendapatkan uang tunai. Newbigging dikritik karena terlalu konservatif dan terlalu menekankan pada operasi lokal dan regional.

        Meskipun anggota keluarga Keswick berusaha untuk menyingkirkan Newbigging, mungkin tidak ada yang bekerja tanpa lelah seperti John Keswick. Newbigging akhirnya mengundurkan diri sebagai direktur pelaksana senior pada Juni 1983, tetapi tetap mempertahankan posisi tituler sebagai ketua. Dia digantikan sebagai taipan oleh 40 tahun Simon Keswick, saudara Henry Keswick.

        Terpilihnya Simon Keswick yang belum membuktikan ketajaman bisnisnya, awalnya membuat khawatir banyak investor Jardine Matheson. Namun, setelah mengambil kendali, Simon bergerak tegas untuk mengurangi utang perusahaan dan menempatkan Hongkong Land pada landasan keuangan yang lebih kuat.

        Untuk mengumpulkan uang, dia mengizinkan penjualan saham mayoritas Jardine Matheson di Rennies Consolidated Holdings, sebuah grup hotel, perjalanan, dan industri Afrika Selatan yang berbasis di Johannesburg, seharga dolar 180,1 juta. Keswick juga membentuk sistem kontrol manajerial baru yang terdesentralisasi, yang membagi operasi menjadi divisi Hong Kong dan China dan divisi internasional.

        Pada awal 1984 David Newbigging digantikan sebagai ketua oleh Simon Keswick. Dengan perusahaan yang sekarang sepenuhnya berada di bawah kendali keluarga Keswick, Simon mengumumkan pada 28 Maret bahwa Jardine Matheson & Company akan mendirikan perusahaan induk baru bernama Jardine Matheson Holdings Limited, yang didirikan di Bermuda.

        Pengumuman itu datang pada titik yang sangat sensitif dalam negosiasi antara pemerintah Inggris dan China tentang masa depan Hong Kong. Banyak pengamat menganggap rencana Keswick sebagai upaya untuk menyingkirkan Jardine Matheson dari lingkungan bisnis yang tidak pasti di Hong Kong, dan sebagai bukti ketidakpercayaan yang kuat terhadap pengaturan Tiongkok-Inggris di mana Tiongkok akan melanjutkan kedaulatan atas Hong Kong pada 1 Juli 1997.

        Untuk membela tindakannya, Simon Keswick mengakui bahwa Bermuda memberi Jardine Matheson lingkungan operasi yang lebih stabil daripada Hong Kong, tetapi mencatat bahwa perusahaan tidak mengabaikan kepentingannya di Hong Kong, hanya mengurangi eksposurnya di sana dari 72 persen dari total aset menjadi direncanakan 50 persen. Selain itu, ia menunjukkan bahwa Bermuda (koloni Inggris sejak 1612) mengizinkan perusahaan untuk membeli saham mereka sendiri, sebuah praktik yang tidak diperbolehkan di Hong Kong.

        Pada tahun 1984 Jardine Matheson membuang kepentingan gulanya di Hawaii. Perusahaan juga berkembang menjadi kendaraan bermotor dengan berinvestasi dalam distribusi Mercedes-Benz, yang akhirnya mengarah pada pembentukan Jardine International Motors Management Ltd.

        Tahun berikutnya Keswick mengumumkan bahwa, setelah 153 tahun, Jardine Matheson akan meninggalkan bisnis pengiriman dan bahwa perusahaan armada 21 kapal akan dijual. Pada akhir tahun banyak aset yang diperoleh Jardine Matheson selama tahun 1970-an telah terjual, mengurangi kepemilikan sebesar 28 persen.

        Pada tahun 1986 Keswick membongkar sebagian besar Hongkong Land, menjual portofolio real estat perumahan perusahaan dan mengumumkan bahwa anak perusahaan makanan Dairy Farm dan unit Mandarin Oriental Hotels akan menjadi independen dan terdaftar di bursa saham Hong Kong. Rencana Keswick untuk mereduksi Hongkong Land menjadi real estate saja menyebabkan direktur pelaksananya, David J. Davies, mengundurkan diri sebagai protes.

        Kekhawatiran baru akan upaya pengambilalihan menyebabkan langkah restrukturisasi 1986 tambahan. Jardine Strategic Holdings Limited, ditempatkan di bursa saham Hong Kong, dibentuk untuk memegang saham di Jardine Matheson Ltd. (lengan yang berbasis di Hong Kong yang bertanggung jawab untuk mengelola kegiatan grup), Dairy Farm, Hongkong Land, dan Mandarin Oriental. Jardine Pacific Ltd. dibentuk sebagai lengan perdagangan dan jasa grup.

        Simon Keswick mengumumkan pada Juni 1987 bahwa ia akan melepaskan posisi direktur pelaksana senior kepada seorang Amerika berusia 37 tahun bernama Brian M. Powers. Pencalonan Powers menjadi taipan menimbulkan kekhawatiran besar di antara anggota perusahaan yang lebih tradisional Skotlandia.

        Keswick, yang telah membalikkan penurunan perusahaan dengan tindakan drastis dan tidak populer, dan yang belum menunjukkan keberhasilan mereka, membela pilihannya tentang Powers. Dia menjelaskan bahwa Jardine Matheson sekarang menjadi perusahaan internasional dengan kepentingan Hong Kong (bukan sebaliknya) dan, dengan demikian, Powers paling memenuhi syarat untuk mengelola urusannya.

        Ekspansi Internasional yang Cukup Berhasil Selama Akhir 1980-an dan 1990-an

        Bagaimanapun, pemerintahan Powers terbukti berumur pendek dan baik ke tahun 1990-an Simon dan Henry Keswick pada dasarnya mengelola grup dari London. Melanjutkan waspada terhadap kembalinya Hong Kong ke kendali China Jardine Matheson selama akhir 1980-an dan awal 1990-an bertekad untuk menjadi lebih terdiversifikasi secara geografis, kemudian bertemu dengan keberhasilan yang lumayan dalam usaha di Amerika Utara, Eropa, dan wilayah Asia di luar Hong Kong dan China.

        Pada tahun 1987 Jardine Matheson mengumumkan bahwa mereka berencana untuk membeli 20 persen saham Bear Stearns tetapi menarik diri setelah jatuhnya pasar saham Oktober tahun itu; setelah tuntutan hukum pemegang saham yang dihasilkan, itu diselesaikan dengan pemegang saham Bear Stearns empat tahun kemudian dengan setuju untuk membayar US dolar60 juta sebagai kompensasi.

        Selama awal 1990-an, Jardine Matheson juga mengakuisisi 23 persen saham di Cycle & Carriage Ltd., sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura dengan operasi kendaraan bermotor di Singapura, Malaysia, Australia, dan Selandia Baru serta kegiatan investasi dan pengembangan properti di Singapura dan Malaysia. India adalah area pertumbuhan Jardine Matheson lainnya, yang paling signifikan dengan pembelian 20 persen saham Tata Industries of India pada tahun 1996 seharga 1,25 miliar rupee (USdolar25 juta).

        Tata yang dimiliki secara pribadi membanggakan banyak aliansi dengan perusahaan asing--termasuk AT&T, IBM, Singapore Airlines, dan Mercedes-Benz, yang terakhir memiliki koneksi dengan Jardine Matheson--tetapi Jardine Matheson adalah orang luar pertama yang diberikan saham dalam grup . Tata memiliki beberapa kesamaan minat dengan Jardine, termasuk distribusi kendaraan bermotor, ritel, dan pengembangan properti.

        Saham Tata Jardine Matheson dibangun di atas investasi grup sebelumnya di India, yang mencakup sejumlah usaha patungan dan lima persen saham di Housing Development Finance Corporation of Mumbai, sebuah lembaga keuangan India terkemuka. Secara keseluruhan, India memiliki potensi untuk memberi Jardine Matheson tempat berpijak kedua yang telah lama dicari--tidak berhasil--untuk sekian lama.

        Sementara itu, hubungan berbatu kelompok dengan China berlanjut pada awal 1990-an. Masih khawatir tentang kemungkinan upaya pengambilalihan, Jardine Matheson mencari pengecualian dari kode pengambilalihan Hong Kong, yang bertentangan dengan undang-undang pengambilalihan yang diberlakukan di Bermuda, tetapi ditolak.

        Sebagai tanggapan, grup pada tahun 1991 memindahkan daftar bursa saham utamanya dari Hong Kong ke London, sehingga memungkinkan Jardine Matheson untuk tetap berada di bawah sistem hukum Inggris. Pihak berwenang China marah, merasa bahwa langkah tersebut mencerminkan kurangnya kepercayaan pada sistem hukum pasca-pengalihan kendali.

        Tahun berikutnya, mungkin sebagai pembalasan, China memblokir konsorsium yang dipimpin oleh Jardine Matheson yang telah memperoleh hak pengembangan terminal peti kemas kesembilan di Hong Kong. Kemudian, pada akhir 1994, Jardine Matheson memindahkan daftar saham Asianya dari Hong Kong ke Singapura, memicu kekhawatiran lebih lanjut di kalangan orang China.

        Hubungan tampaknya sedikit membaik selama tahun 1995. Direktur pelaksana baru Jardine Matheson di Hong Kong, Alasdair Morrison, orang Skotlandia lainnya, mengeluarkan permintaan maaf umum kepada China pada Januari 1995 atas tindakan kelompok tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

        Morrison menekankan bahwa Jardine Matheson bermaksud untuk terus melakukan bisnis di Hong Kong dan China dan menginvestasikan uang tambahan di sana. Pada tahun 1996 Jardine Matheson memiliki sekitar 70 usaha patungan di China, jumlah yang telah berkembang pesat. Dan, tahun itu, Jardine membentuk konsorsium dengan Hutchison Whampoa dan Cosco Pacific milik Li Ka Shing, yang dimiliki oleh grup pelayaran terbesar di China, untuk mengembangkan dan menjalankan terminal perdagangan sungai.

        Pada awal 1997, anak perusahaan pialang asuransi Jardine Matheson, JIB Group plc, yang 60 persennya dimiliki Jardine Matheson, bergabung dengan kelompok pialang asuransi Lloyd Thompson Group plc untuk membentuk Jardine Lloyd Thompson Group plc. Jardine Matheson memegang 34 persen saham awal di perusahaan baru itu. Pada Juni 1997, spekulasi pengambilalihan kembali muncul ketika dua perusahaan milik Li Ka Shing membeli 3,03 persen Jardine Matheson Holdings dan 3,06 persen Hongkong Land.

        Jardine Matheson pada tahun transfer 1997 masih terkait erat dengan Hong Kong, di mana lebih dari setengah keuntungannya dihasilkan, tetapi telah mengembangkan minat yang meningkat di tempat lain di China dan di luar kawasan, terutama di India.

        Kelompok ini kemungkinan akan terus mencari peluang untuk ekspansi di luar Hong Kong dan China, tetapi hubungan yang tampaknya membaik dengan China menjadi pertanda baik bagi banyak kepentingan Jardine Matheson di negara bagian yang sedang berkembang itu. Namun demikian, ancaman pengambilalihan berulang dan rumor terus menggantung di Jardine Matheson, mengaburkan masa depannya.

        Pada tahun 1993 Jardine Matheson menghabiskan £300 juta untuk mengakuisisi 26 persen saham di Trafalgar House, sebuah konglomerat konstruksi, teknik, dan perkapalan yang berbasis di Inggris. Trafalgar, kelompok yang lebih bermasalah daripada yang diyakini, menjadi elang laut di sekitar leher Jardine.

        Setelah mendukung investasinya dan mencoba untuk mengubahnya selama beberapa tahun, Jardine Matheson memutuskan untuk memotong kerugiannya pada tahun 1996, tahun itu menjual sahamnya ke Kvaerner A/S, pembuat kapal yang berbasis di Norwegia, dengan kerugian sekitar £100 juta.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: