Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: ZF, Konglomerat Perekayasa Global Berbagai Produk

        Kisah Perusahaan Raksasa: ZF, Konglomerat Perekayasa Global Berbagai Produk Kredit Foto: ZF.com
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        ZF Friedrichshafen AG, juga dikenal sebagai ZF Group merupakan salah satu perusahaan raksasa dalam Global 500 yang bergerak dalam bidang rekayasa. Utamanya seperti rekayasa desain, penelitian dan pengembangan, dan kegiatan manufaktur di industri otomotif.

        ZF Group adalah pemasok teknologi driveline dan sasis di seluruh dunia untuk mobil dan kendaraan komersial, bersama dengan peralatan pabrik khusus seperti peralatan konstruksi. Ini juga terlibat dalam industri kereta api, kelautan, pertahanan dan penerbangan, serta aplikasi industri umum.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Jardine Matheson, Konglomerat Multinasional dari Keuangan hingga Properti

        Fortune melaporkan, ZF Group pada tahun 2020 mencatatkan penurunan pendapatan (revenue) sekitar 6,2 persen menjadi 40,87 miliar dolar AS. Sementara yang terparah adalah keuntungan (profit) perusahaan yang pada tahun itu merosot 63,2 persen menjadi 391 juta dolar. Asetnya sebagai perusahaan raksasa adalah sekitar 36,30 miliar dolar pada tahun itu.

        Perusahaan pertama kali memulai bisnisnya pada 1915 oleh tangan seorang Jerman bernama Luftschiffbau Zeppelin semasa Perang Dunia I berkecamuk. Perang Dunia I berakhir pada musim gugur 1918, yang mengakibatkan turunnya Kaisar Jerman dan berdirinya Republik Weimar pada Januari 1919 sebagai hasil dari pemilihan umum yang demokratis. Jerman yang kalah tidak diizinkan untuk membangun kembali angkatan udaranya sendiri dan ZF dilarang membuat transmisi untuk kendaraan udara.

        Pada tahun 1919, ZF telah pindah ke pasar mobil, sebuah langkah yang dikonsolidasikan oleh ketentuan Perjanjian Versailles.

        Resesi ekonomi pascaperang, dengan tingkat inflasi yang mengejutkan, mengancam eksistensi perusahaan. Untuk mengamankan basis modal yang cukup bagi perusahaan yang kesulitan keuangan, itu diubah menjadi perusahaan saham gabungan ZF Aktiengesellschaft. LZ memiliki empat dari lima juta mark modal perusahaan. 20 persen lainnya dimiliki oleh Maag Zahnräder-und Maschinen AG.

        Sementara itu, melansir Funding Universe, tahun 1937, ZF telah berkembang sebagai salah satu produsen transmisi kendaraan terkemuka di Eropa dengan 3.500 karyawan. Perusahaan mencapai batas kapasitasnya dan, akibatnya, pabrik produksi ketiga didirikan di Schwäbisch Gmünd dekat Stuttgart pada Juni 1937. Satu tahun kemudian, Schwäbische Zahnradwerke GmbH didirikan. Pada tahun yang sama, program pensiun diluncurkan untuk semua karyawan perusahaan Yayasan Zeppelin.

        Ledakan tragis Zeppelin "LZ 129 Hindenburg," di mana 35 dari 96 penumpang kehilangan nyawa pada 7 Mei 1937 di Lakehurst, New Jersey, mengakhiri "Zeppelin-Era" secara tiba-tiba. Setelah itu, para insinyur pengembangan ZF mulai mengerjakan transmisi untuk traktor dan kapal motor.

        Pada tanggal 1 September 1939, tentara Jerman berbaris ke Polandia, menandai dimulainya perang dunia yang menghancurkan lainnya. Di bawah kendali ketat pemerintah, ZF mulai membuat transmisi untuk tank dan truk militer. Karena permintaan yang tinggi dari militer Jerman, perusahaan mendirikan fasilitas produksi baru untuk mekanisme kemudi di Alsace dan untuk gearbox tank di Passau pada tahun 1943 dan 1944.

        Namun, pada tahun 1944, Pasukan Sekutu mengebom Friedrichshafen, pusat industri perang Jerman, dan mengambil alih pabrik Schlettstatt. Pada April 1945, Friedrichshafen diduduki oleh pasukan Prancis.

        Selama bertahun-tahun, ZF menjadi mitra yang sangat diperlukan untuk industri otomotif global. Jangkauan internasionalnya yang luas memungkinkan perusahaan untuk menarik semakin banyak produsen mobil global sebagai pelanggan.

        Pada tahun 1974, pembuat mobil Prancis Peugeot memesan 400.000 transmisi otomatis 3 HP 22 selama tujuh tahun - tonggak sejarah yang menciptakan dasar untuk pertumbuhan lebih lanjut. Pada tahun 1986, ZF mendirikan ZF Transmissions Inc. dan ZF Steering Gear Inc. (AS) dan mulai membuat transmisi baru "ECOLITE" S 5-42 untuk Ford Motor Company.

        Pada akhir 1980-an, perusahaan juga menerima pesanan dari Chrysler dan American Motors. Transmisi elektronik baru perusahaan 4 HP 24 untuk penggerak empat roda Jerman Audi V8 kemudian juga dipasang di merek mobil top, termasuk BMW, Jaguar, Lotus, Maserati, Peugeot, Volvo, Alfa Romeo, Rover, Citroën, Fiat, Lancia , Saab, dan Chrysler.

        Pada tahun 1988, perusahaan menerima penghargaan untuk kualitas produk yang tinggi dari Ford dan Jaguar. Pada tahun 1990, ZF bekerja sama dengan dua perusahaan Jepang dan mulai membuat pompa dan komponen lain untuk sistem kemudi di Amerika Serikat. Transmisi "Ecotronic" baru ZF, yang menghemat bahan bakar yang digunakan hingga 15 persen, menarik pelanggan besar baru, termasuk Volkswagen.

        Upaya di awal 1990-an untuk mengambil alih pabrikan transmisi General Motor untuk bus dan truk, Allison Transmissions, dihentikan oleh otoritas antimonopoli Jerman dan AS. Proyek lain dengan Volkswagen AG untuk mengintegrasikan produksi kemudi perusahaan ke dalam ZF --yang disebut "serikat kemudi"-- menghadapi terlalu banyak perlawanan dan akhirnya menyerah.

        Pada pertengahan tahun 1995, perusahaan mengambil alih pabrik transmisi dari Mercedes-Benz. Selain itu, ZF terus menjelajah ke pasar baru dan mendirikan pabrik produksi di Rusia dan China.

        Pada akhir 1990-an, para pembuat mobil semakin fokus pada kompetensi inti mereka dan mengurangi jumlah vendor menjadi beberapa yang dihadapkan dengan tuntutan baru. Alih-alih suku cadang mobil tertentu, mereka meminta seluruh komponen dan sistem yang harus dikirimkan tepat waktu ke jalur perakitan mereka.

        Misalnya, untuk produksi "M-Class" baru dari Mercedes Benz, pabrik produksi baru didirikan di lokasi baru di Tuscaloosa, Alabama. ZF mendirikan pabrik barunya sendiri hanya 26 mil jauhnya, di mana ia mulai membuat sistem gandar lengkap. Hanya motor dan transmisi untuk "M-Class" baru yang benar-benar dibuat oleh Daimler-Benz. Tren baru ini juga mengalihkan lebih banyak tanggung jawab untuk mengembangkan teknologi baru untuk komponen tertentu, serta koordinasi lebih banyak vendor di seluruh dunia, dari pembuat mobil ke vendor, atau "mitra sistem".

        Pada tahun 1998, ZF memasuki usaha patungan dengan pembuat elektronik mobil Jerman Robert Bosch GmbH untuk mengembangkan dan memproduksi sistem kemudi baru dengan komponen elektronik canggih. Untuk membantu mengoordinasikan pendekatan mitra sistem yang baru, ZF berpartisipasi dalam pembentukan pasar elektronik, Supplyon AG, bersama dengan pemasok komponen kendaraan terkemuka lainnya, pada tahun 2000.

        Namun, terlepas dari posisinya yang kuat sebagai vendor pilihan bagi banyak pembuat mobil, kesuksesan ZF sepenuhnya bergantung pada kondisi pasar yang selalu berubah --pasang surut yang dipaksakan oleh pembuat mobil untuk merespons dan beradaptasi.

        Dua krisis minyak pada tahun 1970-an, ketika harga minyak kadang-kadang meningkat 20 kali lipat, memicu gelombang kegiatan penelitian dan pengembangan untuk mobil yang menggunakan bahan bakar yang jauh lebih sedikit, sementara ekonomi Jerman mengalami resesi. ZF datang dengan "Ecosplit," transmisi baru untuk truk berat, dan kemudi "Servo" yang dikontrol secara elektronik.

        Setelah ledakan penjualan mobil yang berumur pendek karena penyatuan kembali Jerman pada tahun 1990, resesi lain menyebabkan pembuat mobil menurunkan produksi mereka hingga 30 persen. ZF tergelincir ke merah. Perusahaan memberhentikan 5.000 karyawan --seperlima dari tenaga kerjanya. Peraturan baru di Brasil dan tiba-tiba keringnya permintaan di Argentina pada tahun 1996, nilai mark Jerman yang meningkat, perpindahan ke harga rendah di antara pembuat mobil, dan krisis keuangan Asia pada tahun 1997 memperburuk keadaan.

        Pada tahun 1996, kerugian mencapai dua digit juta angka, dan untuk pertama kalinya dalam 48 tahun ZF tidak membayar dividen kepada pemegang sahamnya. Namun, setelah menerapkan program pemotongan biaya yang ketat, perusahaan pulih pada akhir 1990-an. Pada Oktober 2001, dalam akuisisi terbesar dalam sejarah perusahaan, ZF membeli empat divisi bisnis dari pemasok terbesar kedua, Mannesmann Sachs AG, dari grup Siemens Jerman dengan perkiraan kesepakatan EUR 1,3 miliar.

        Mantan grup Fichtel & Sachs, didirikan pada tahun 1895, berada di bawah dominasi grup Mannesmann Jerman pada tahun 1987 dan dijual ke Siemens AG pada tahun 1999 setelah rencana Mannesmann untuk membawanya ke publik gagal.

        Pengambilalihan Sachs menjadikan ZF Jerman vendor terbesar ketiga untuk industri otomotif, di belakang Robert Bosch GmbH dan pembuat ban Continental AG. Pada akhir 1990-an, ZF kembali ke akarnya dan mulai membuat kapal udara lagi - kali ini untuk penelitian penerbangan dan pariwisata.

        Pada tahun 1999, divisi sistem kemudi dibuat terpisah dan menjadi ZF Lenksysteme GmbH baru, sebuah usaha patungan 50:50 independen antara ZF Friedrichshafen dan Robert Bosch GmbH.

        Pada tahun 2007 ZF Friedrichshafen berhasil meningkatkan volume bisnisnya sekitar 8% menjadi miliar. Laba operasi sekitar jutaan. Pada tahun 2008 ZF mendapat untung jutaan dari total volume bisnis miliaran.

        Selama krisis keuangan ZF adalah salah satu perusahaan yang paling terpukul. Volume bisnisnya mengalami penurunan omzet hingga miliaran. Total kerugian sekitar jutaan. Menurut perkembangan saat ini ZF memperkirakan pertumbuhan penjualan sekitar 10%, yang akan berada di atas rata-rata industri.

        Karena krisis keuangan ZF menerima kredit sekitar juta oleh KfW. Pada akhir jangka waktu, itu harus dibayar kembali dengan bunga. Sebagai bank negara, bantuan KfW tidak dianggap sebagai dukungan pemerintah. ZF akan menghemat jutaan tanpa mengurangi staf tetapnya. Kontrak karyawan jangka pendek tidak diperpanjang. Jumlah total karyawan dikurangi dari 63.000 menjadi 59.000 di seluruh dunia. Menurut CEO Härter, tidak perlu ada pengurangan karyawan lebih lanjut.

        Pada 16 September 2014, Wall Street Journal melaporkan bahwa ZF setuju untuk mengakuisisi TRW Automotive Holdings senilai $13,5 miliar. Akuisisi tersebut akan menciptakan perhatian terbesar kedua di dunia suku cadang otomotif, peringkat tepat di belakang Robert Bosch GmbH.

        Untuk membuka jalan untuk mengakuisisi TRW Automotive Holdings, ZF Friedrichshafen AG menjual sahamnya di ZF Lenksysteme GmbH kepada Robert Bosch GmbH. ZF Lenksysteme GmbH kini telah berganti nama menjadi Robert Bosch Automotive Steering GmbH.

        Pada September 2020, ZF Friedrichshafen AG menjalin kemitraan dengan Aeva Inc untuk menempatkan sensor Lidar, sensor untuk kendaraan self-driving, ke dalam produksi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: