Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tanda Tubuh Kelebihan Vitamin D, Jangan Diabaikan Bisa Bahaya!

        Tanda Tubuh Kelebihan Vitamin D, Jangan Diabaikan Bisa Bahaya! Kredit Foto: Pexels/cottonbro
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Vitamin adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan Anda. Kekurangan vitamin sangat erat kaitannya dengan risiko terkena penyakit atau masalah kesehatan.

        Umumnya ahli baik dokter ataupun tenaga kesehatan terkait menyarankan konsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin.

        Selain lewat asupan makanan dan minuman sehat, beberapa vitamin juga bisa didapatkan dengan cara lain. Sebut saja vitamn D yang sering dianjurkan agar Anda berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkannya.

        Baca Juga: Catat! Tips Sederhana Mengurangi Risiko dan Dampak Hipertensi

        Mengutip laman Medical News Today, vitamin D sangat penting untuk beberapa alasan, termasuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ini juga dapat melindungi terhadap berbagai penyakit dan kondisi, seperti diabetes tipe 1.

        Di musim penghujan atau musim dingin seperti saat ini, mungkin tak jarang Anda kesulitan mendapat sinar matahari pagi untuk mendapatkan vitamin D. Sebagai gantinya, suplemen vitamin menjadi pilihan.

        Sayangnya Anda tidak bisa sembarangan mengonsumsi suplemen vitamin D terus-menerus atau berlebihan. Ini karena akan mengakibatkan dampak masalah kesehatan lainnya.

        Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D musim dingin ini, sangat penting bagi Anda untuk menghindari dosis yang terlalu tinggi.

        National Health Service (NHS) mengingatkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak suplemen (vitamin D) dalam waktu singkat dapat menyebabkan hiperkalsemia.

        Hiperkalsemia pada dasarnya menggambarkan tubuh memiliki terlalu banyak kalsium, yang sebenarnya melemahkan tulang, dan bahkan dapat merusak ginjal.

        Melansir laman Express, Anda harus menghindari mengonsumsi lebih dari 100mcg vitamin D dalam satu hari.

        “Mengkonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin D dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan terlalu banyak kalsium menumpuk di dalam tubuh," kata NHS.

        "Ini berlaku untuk orang dewasa, termasuk wanita hamil dan menyusui dan orang tua, dan anak-anak berusia 11 hingga 17 tahun."

        Baca Juga: Ternyata Oh Ternyata... Diabetes Juga Bisa Merujuk pada Masalah Penyakit Kanker Pankreas, Kok Bisa?

        Jika Anda mengalami hiperkalsemia, Anda mungkin mulai merasa mual luar biasa dan nafsu makan menurun.

        Beberapa pasien mulai muntah, sementara yang lain mungkin mulai kehilangan berat badan. Sakit perut dan diare juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi vitamin D. Dalam kasus yang paling ekstrim, bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal.

        Bagi kebanyakan orang, 10mcg vitamin D sudah cukup, tambahnya.

        Anak kecil (di bawah usia 10 tahun) harus menghindari mengonsumsi lebih dari 50mcg suplemen vitamin D dalam satu hari.

        Penting untuk Anda mengunjungi dokter atau tenaga kesehatan terkait lainnya agar mendapat arahan mengenai konsumsi vitamin D yang aman dan tepat sesuai kebutuhan Anda.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bayu Muhardianto
        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: