Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: USAA, Grup Perusahaan Layanan Keuangan Terdiversifikasi dari Amerika

        Kisah Perusahaan Raksasa: USAA, Grup Perusahaan Layanan Keuangan Terdiversifikasi dari Amerika Kredit Foto: ExpressNews/Kin Man Hui
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        The United Services Automobile Association (USAA) adalah grup perusahaan layanan keuangan terdiversifikasi yang berbasis di San Antonio, Amerika Serikat. 

        Bisnis perusahaan termasuk pertukaran antar-asuransi timbal balik. Anak perusahaan yang menawarkan perbankan, investasi, dan asuransi kepada orang dan keluarga.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Shagang Group, Pemain Industri Baja Nasional China Berukuran Superking

        Fortune mencatat bahwa USAA mengumpulkan 35,61 miliar dolar AS untuk pendapatannya pada 2020 sehingga namanya tercatat dalam Global 500 miliknya. Persentase pertumbuhannya naik 13,5 persen. 

        Sementara itu, keuntungan (profit) naik 74,8 persen menjadi 4 miliar dolar AS tahun itu. Dengan begitu, peringkat USAA kini ada di nomor 355.

        Dikutip dari berbagai sumber, USAA didirikan pada 1922, ketika Mayor William Henry Garrison memanggil 24 rekan perwira militernya di Hotel Gunter di San Antonio, Texas. Tujuan pertemuan itu adalah untuk membahas solusi masalah asuransi mobil bagi perwira militer.

        Karena sering berpindah-pindah, petugas sering mendapati bahwa polis mereka sangat mahal dan rawan dibatalkan. Selain itu, banyak perusahaan asuransi tidak dapat diandalkan dan gagal secara teratur, meninggalkan pemegang polis sebelumnya tanpa asuransi.

        Dalam dua bulan, USAA telah mendaftarkan 142 anggota, dan hasil dari polis mereka berjumlah 820 dolar AS. Namun, sepuluh bulan kemudian, USAA mengalami defisit lebih dari 3.000 dolar AS, yang disebabkan oleh kegagalannya untuk secara akurat memperkirakan biaya polis asuransi.

        Dalam upaya untuk mengkompensasi kekurangan dana, dewan USAA memberikan suara pada pertemuan tahunan pertamanya pada tahun 1924 untuk memperluas keanggotaan ke semua tugas aktif dan pensiunan perwira Angkatan Laut AS dan Korps Marinir. Nama perusahaan diubah untuk mencerminkan konstituen yang lebih luas ini, menjadi United Services Automobile Association.

        Pertemuan tahunan 1924 juga menghasilkan pemungutan suara untuk mengadopsi standar industri untuk premi asuransi, dikurangi diskon 20 persen. Selain itu, para pemimpin perusahaan mengajukan permohonan lisensi Texas, mengumumkan dividen 8 persen, dan membentuk cadangan kerugian. Pada akhir tahun, perusahaan memiliki lebih dari 3.300 anggota dan aset melebihi 85.000 dolar AS.

        Dua tahun kemudian, dalam upaya untuk mendorong pertumbuhan, dewan USAA mengalokasikan dana untuk iklan. Dengan 1.500 dolar AS, perusahaan mengirimkan brosur ke semua petugas yang memenuhi syarat dan memasang iklan di Jurnal Layanan.

        Selain itu, perusahaan membeli 6.000 lambang perusahaan yang dijual kepada anggota untuk dipajang di kap mobil mereka. Simbol-simbol ini segera menjadi populer di kalangan anggota dan berfungsi untuk mempromosikan perusahaan.

        Pada gilirannya, USAA adalah pelopor konsep pemasaran langsung; sebagian besar bisnisnya dilakukan melalui Internet atau telepon menggunakan karyawan, bukan agen. Sampai tahun 1960-an, sebagian besar bisnisnya dilakukan melalui surat. Pada akhir 1960-an, USAA memulai transisi dari penjualan dan layanan berbasis surat ke telepon. Ini meluncurkan nomor bebas pulsa pada tahun 1978, dan penjualan dan layanan Internet pada tahun 1999 melalui situs webnya.

        Organisasi ini mulai menawarkan asuransi pemilik rumah dan jiwa pada tahun 1960-an, dan layanan perantara dan manajemen investasi pada 1970-an, dan layanan perbankan pada 1980-an.

        Perusahaan membuka kantor pertamanya di luar Texas di Frankfurt, Jerman Barat, pada tahun 1952, diikuti dengan pembukaan kantor di London pada tahun 1962.

        USAA menawarkan keanggotaan terbatas kepada warga sipil antara September 2009 dan Agustus 2013. Keanggotaan ini memberikan akses ke produk investasi USAA, sebagian besar produk deposito bank, dan asuransi jiwa. Polis asuransi mobil dan properti tidak disertakan untuk anggota non-militer karena pembatasan kelayakan.

        USAA didirikan pada tahun 1922 di San Antonio oleh sekelompok 25 perwira Angkatan Darat AS sebagai mekanisme untuk asuransi diri bersama ketika mereka tidak dapat mengamankan asuransi mobil karena persepsi bahwa mereka, sebagai perwira militer, adalah kelompok berisiko tinggi.

        USAA telah berkembang untuk menawarkan layanan perbankan dan asuransi kepada anggota Angkatan Bersenjata dulu dan sekarang, perwira dan tamtama, dan keluarga mereka. Perusahaan ini menempati peringkat No. 100 dalam daftar Fortune 500 2018 dari perusahaan Amerika Serikat terbesar berdasarkan total pendapatan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: