Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Chubb, Penyedia Asuransi Kelas Atas dengan Sederet Prestasi

        Kisah Perusahaan Raksasa: Chubb, Penyedia Asuransi Kelas Atas dengan Sederet Prestasi Kredit Foto: Chubb.com
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Chubb adalah penyedia layanan asuransi khusus yang bertaraf internasional. Spesialisasinya sebagai penyedia polis khusus klien kelas atas, baik individu mau pun organisasi. 

        Chubb menjadi salah satu perusahaan raksasa Fortune Global 500. Pada tahun 2020, Fortune mencatat bahwa perusahaan asuransi tersebut duduk di peringkat ke-366 dengan total pendapatan (revenue) sebesar 34,18 miliar dolar AS tahun itu. Rerata pertumbuhan dari 2019 ke 2020 perusahaan itu adalah 4,5 persen.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: JFE Holdings, Induk Produsen Baja Terkemuka Jepang

        Di sisi lain, Chubb memiliki performa apik. Keuntungan atau profitnya tumbuh 12,4 persen dari 2019 sehingga pada 2020, ia sukses mengumpulkan laba sebesar 4,45 miliar dolar AS. Yang terakhir dari catatan finansial Chubb yakni aset yang pada 2020 tercatat sebesar 176,94 miliar dolar AS.

        Dikutip berbagai sumber, Chubb adalah perusahaan yang didirikan oleh Thomas Caldecot Chubb dan anaknya Percy tahun 1882. Dahulu, perusahaan pribadinya bergerak dalam bisnis penjaminan emisi kelautan di New York City. Mereka mengumpulkan 1.000 dolar AS dari 100 pedagang terkemuka dan berfokus pada asuransi kapal dan kargo.

        Chubb melihat banyak perubahan di akhir tahun 1960-an. The Chubb Corporation baru resmi berdiri tahun 1967 dan langsung terdaftar di Bursa Efek New York tahun 1984. The Chubb Corporation untuk bertindak sebagai perusahaan induk.

        Usai memiliki identitas baru sebagai perusahaan induk yang besar, Chubb melakukan banyak gebrakan. Induk Chubb telah membawahi beberapa anak perusahaan baru seperti Chubb & Son di tahun 1967. 

        Sejak 1970, Chubb melakukan banyak akuisisi dan pengambil alihan atas sejumlah perusahaan meliputi Bellemead Development Corporation, United Life & Accident Insurance Company, dan Chubb Custom Market. Pada 1978, Chubb juga membentuk sebuah perusahaan asuransi baru yakni Chubb Life Insurance Company of America.

        Seiring pertumbuhannya, raksasa asuransi tersebut mulai bergerak pada agenda lainnya. Di tahun 1983, Chubb memindahkan kantor pusatnya menuju Warren, New Jersey, AS. 

        Hal tersebut juga diikuti oleh sejumlah akuisisi seperti pada tahun 1984 atas Volunteer State Life Insurance Company dan tahun 1987 atas Sovereign Corporation. 

        Memasuki dekade 1990-an, keuntungan Chubb sangat mengesankan.Dengan terlalu banyak perusahaan yang mengejar terlalu sedikit bisnis, dan premi yang stagnan pada tingkat 1987, industri ini diguncang pada tahun 1994 oleh serangkaian kerugian penjaminan emisi: gempa bumi California, badai salju di Timur Laut, banjir di Amerika Serikat bagian selatan dan barat, dan serangkaian klaim pembersihan lingkungan.

        Penanggung membayar $15 miliar dalam bencana pada tahun 1994 saja, memimpin industri secara keseluruhan untuk melembagakan kenaikan premi 4,9 persen pada tahun 1994 dan kenaikan 6,6 pada tahun 1995.

        Selama beberapa tahun berikutnya, Chubb mulai melepaskan beberapa bisnisnya, mengikuti tren industri asuransi yang berkonsentrasi pada satu segmen. Chubb memilih untuk fokus pada properti dan garis korban. Pada tahun 1996, ia memutuskan hubungan 114 tahun dengan Sun Alliance, perusahaan asuransi terbesar di Inggris, sebagai bagian dari pemfokusan ulang ini.

        Pada tahun 1998, ia menjual sebagian besar portofolio Bellemead Development ke PW/MS Acquisition seharga $737 juta, dan bisnis asuransi jiwanya ke Jefferson-Pilot Corporation seharga $875 juta. Ini menggunakan hasil penjualan untuk membeli kembali sekitar 30 persen saham beredar perusahaan selama tahun 1997 sampai 1999.

        Chubb berulang kali membuat berita pada tahun 1997 karena telah mengeluarkan kebijakan payung tanggung jawab pribadi kepada Presiden Clinton pada awal 1990-an dan karena kemudian menanggung setengah dari biaya hukum pembelaannya dalam gugatan yang diajukan terhadapnya oleh Paula Jones.

        Beberapa berpendapat bahwa presiden tampaknya menerima perlakuan istimewa dari Chubb dan State Farm, yang membayar separuh lainnya dari biaya hukumnya, tetapi kedua perusahaan bersikeras bahwa mereka membayar biaya pembelaannya sebagai masalah kebijakan.

        Chubb juga terkenal karena kepemimpinannya dalam menangani isu-isu unik di industri penerbitan online yang baru lahir. Mulai tahun 1997, mulai menawarkan cakupan multimedia - asuransi kewajiban untuk bisnis multimedia.

        Cakupan tersebut, seperti yang didefinisikan oleh Chubb, termasuk penggunaan ide yang tidak sah, area yang tidak tersentuh oleh asuransi kewajiban normal--misalnya, pencurian skenario videogame seseorang.

        Perusahaan terus tumbuh melalui usaha baru dan akuisisi sepanjang akhir 1990-an. Pada tahun 1998, dalam upaya untuk memasuki pasar reasuransi global, ia membentuk Chubb Re, Inc. dan menjadi penyedia reasuransi berbiaya rendah. Pada bulan Desember, ia membeli 28 persen saham di Hiscox, perusahaan asuransi Lloyd's of London yang terintegrasi.

        Chubb juga memperluas kebijakan payung kewajibannya, menawarkan asuransi kewajiban untuk pengolah makanan, pemasok, dan pemilik waralaba. Pada tahun 1999, ia membeli Executive Risk Inc., perusahaan asuransi eksekutif dan direktur terbesar ketiga dalam kesepakatan saham senilai $750 juta.

        Sayangnya bagi Chubb, pasar asuransi komersial dan properti terus berjuang melalui masa-masa sulit. Kelebihan kapasitas industri menciptakan lingkungan penetapan harga yang buruk bagi perusahaan asuransi dan memperlambat pertumbuhan pendapatan, dan kekuatan lini pribadi dan khusus perusahaan tidak cukup untuk mengimbangi kerugiannya dalam asuransi komersial standar pada tahun 1998 dan 1999.

        Laba yang diumumkan untuk tahun 1998 jauh dari harapan, meskipun tingkat kenaikan premi komersial, dan harga saham jatuh. Lebih buruk lagi, bencana kerugian besar terjadi pada tahun 1998 dan 1999 sebagai akibat dari Badai Floyd, yang menyebabkan jumlah klaim terbesar dari satu peristiwa dalam sejarah perusahaan.

        Chubb menetapkan sendiri tugas untuk mengubah lini komersial standarnya di tahun 2000, dengan melanjutkan strategi 'pricing and pruning' untuk meningkatkan premi, sambil terus tumbuh dalam bisnis pribadi dan khusus.

        Analis sebagai sebuah kelompok, bagaimanapun, yakin bahwa perusahaan, dengan sejarah dan pengalamannya yang solid, akan melewati masa-masa sulitnya. Pada bulan Januari 2000, majalah Fortune memasukkan perusahaan tersebut ke dalam daftar '100 Perusahaan Terbaik untuk Bekerja di Amerika.'

        Pada bulan Agustus 2000, Chubb menerima izin operasi untuk membuka cabang di Shanghai, yang diperkirakan perusahaan akan menghasilkan sekitar $200 juta dalam bisnis setiap tahun. Meskipun rumor pertengahan tahun bahwa perusahaan sudah matang untuk pengambilalihan, perusahaan bersikeras itu tidak untuk dijual.

        Pada tahun 2018, grup ini memiliki aset sebesar $174 miliar, $30,8 miliar dari premi bruto tertulis dan sekitar 31.000 karyawan. Chubb berdagang di NYSE dan merupakan komponen dari indeks S&P 500.

        Perusahaan asuransi operasi intinya diberi peringkat "AA" (Sangat Kuat) untuk kekuatan finansial oleh Standard & Poor's dan "A++" (Superior) oleh A.M. Best dengan prospek stabil dari kedua agensi. Fitch memberi peringkat Chubb Limited dan anak perusahaannya "AA" (Sangat Kuat) untuk kekuatan finansial, "AA-" untuk default penerbit dan "A+" untuk utang senior. Moody's memberi peringkat perusahaan AS "A1" dan catatan pinjaman tanpa jaminan "A3".

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: