Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Pembuat Kalkulator Sukses Bangun Kerajaan Bisnis Quanta Computer

        Kisah Perusahaan Raksasa: Pembuat Kalkulator Sukses Bangun Kerajaan Bisnis Quanta Computer Kredit Foto: Wikimedia Commons/Padai
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Quanta Computer Inc beroperasi terutama sebagai produsen dan perancang komputer pribadi notebook, dengan peringkat sebagai produsen notebook terbesar di dunia. Quanta juga membuat komputer pribadi desktop LCD, komponen komputer, perangkat peralatan Internet, server, dan telepon seluler.

        Notebook perusahaan diproduksi dan dirancang untuk produsen komputer besar seperti Dell, Compaq, Gateway, Apple, IBM, Sony, Hewlett-Packard, Sharp, Siemens, dan Fujitsu. Dell menempati peringkat sebagai pelanggan perusahaan yang paling penting, terhitung sekitar setengah dari penjualan tahunan.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: L'Oreal, Salah Satu Korporasi Kosmetik dan Kecantikan Tersukses di Dunia

        Dipuji sebagai "Raja Laptop", Barry Lam membangun kerajaan bisnis dan kekayaan yang sesuai dengan julukannya. Ia lahir di Shanghai, dibesarkan di Hong Kong, dan menerima pendidikannya di Taiwan, di mana ia memperoleh gelar di bidang teknik.

        Pada awal kariernya, Lam bekerja sebagai penjual kalkulator saku dan sebagai insinyur untuk beberapa pembuat komputer yang berbasis di Taiwan, sebelum memulai usahanya sendiri sebagai wirausaha.

        Meskipun dia pantas mendapatkan banyak pujian atas keberhasilan penciptaan kewirausahaannya, Lam juga berhutang budi pada keadaan, waktu dan tempat kelahiran perusahaan Quanta. Kebangkitan perusahaannya adalah bagian dari tren umum yang unik di Taiwan, mewakili studi kasus keberhasilan dalam evolusi industri elektronik negara itu.

        Selama bertahun-tahun, perusahaan elektronik Taiwan memproduksi peralatan di bawah kontrak untuk produsen lain, umumnya perusahaan AS. Keberadaan mereka menyediakan sarana untuk bertahan hidup, tetapi keuntungannya sedikit.

        Manufaktur kontrak mewakili bagian bawah skala keuntungan, jauh di bawah margin yang dicatat oleh perusahaan-perusahaan yang digerakkan oleh teknik yang merancang barang-barang elektronik. Pentingnya Taiwan bagi industri elektronik global, dan kekayaannya sendiri sebagai produsen di pasar yang luas, meningkat secara eksponensial setelah produsen negara itu mulai membantu dalam proses pembuatannya.

        Lompatan evolusioner ini, yang sebagian besar merupakan fenomena Taiwan, terjadi selama tahun 1990-an, ketika Taiwan, yang telah lama menjadi rumah bagi "hantu", atau produsen kontrak, mengambil peran yang lebih penting sebagai basis bagi produsen-desainer. Pemerintah Taiwan membantu pengembangan industri teknologi tinggi, memberikan insentif pajak dan modal ventura, yang membantu mempercepat pematangan teknologi negara itu.

        Quanta dari Barry Lam membantu memimpin jalan menuju akhir bisnis yang lebih menguntungkan. Pada awal abad ke-21, Taiwan menyumbang 25 persen dari produksi komputer desktop di dunia dan 55 persen dari produksi komputer notebook di dunia.

        Quanta Lam, dengan sendirinya, menyumbang sepertujuh dari produksi komputer notebook global, menjadikannya tidak hanya sebagai produsen terkemuka tetapi juga sebagai perusahaan rekayasa dan desain yang cakap.

        Kebangkitan Lam menuju dominasi dimulai dengan sederhana. Dengan bantuan seorang rekan, C.C. Leung, Lam mendirikan Quanta pada Mei 1988, menggunakan modal kurang dari $900.000 untuk memulai perusahaan.

        Kurangnya sumber daya menurunkan operasi awal Lam ke ruang kecil yang terletak di Shin-Lin, sebuah distrik industri tua di Taipei. Di sebuah gedung, di lantai enam, Quanta memulai keberadaannya, berusaha menjadi salah satu perusahaan pertama dari jenisnya di negara kepulauan kecil itu.

        Pada saat Quanta terbentuk, hanya sedikit perusahaan di Taiwan yang terlibat dalam produksi atau desain dari apa yang kemudian dikenal sebagai komputer notebook. Lam, bagaimanapun, melemparkan dirinya ke dalam tugas mengembangkan komputer pribadi portabel (PC), bekerja di "pabrik-kantor" yang sempit di Taipei.

        Pada bulan November 1988, enam bulan setelah memulai Quanta, Lam menyelesaikan pekerjaan pada versi pertamanya dari komputer pribadi portabel, prototipe notebook yang dikenang sebagai mesin besar seukuran tas kerja. Dia membawa ciptaannya ke pameran dagang, berharap untuk memicu minat.

        Meskipun reaksi terhadap prototipe canggung Lam tidak langsung, pesanan untuk mesin Quanta secara bertahap tiba. Pada bulan Agustus 1989, perusahaan membuka fasilitas produksi asli pertamanya, sebuah bangunan yang terletak di Linkou, pinggiran kota Taipei. Tahun berikutnya, Quanta memulai produksi PC notebook komersial pertamanya, sebuah mesin yang menampilkan prosesor Intel 386.

        Keberhasilan Quanta diukur dari status dan jumlah pelanggannya dan dengan layanan apa yang dilakukan perusahaan untuk mereka. Pekerjaan desain yang diselesaikan oleh para insinyur perusahaan meningkat, karena pelanggan utama yang berbasis di AS setuju untuk membiarkan Quanta Lam membangun, dan dalam beberapa kasus, membantu merancang komputer notebook mereka.

        Selama paruh pertama tahun 1990-an, Quanta mendapatkan kontrak dengan pelanggan penting seperti Apple Computer dan Gateway, Inc. Untuk melayani pelanggan ini dengan lebih baik, Lam membangun jaringan kantor untuk melayani kliennya.

        Pada tahun 1991, kantor purna jual didirikan di Fremont, California. Pada tahun 1994, sebuah kantor didirikan di Augsburg, Jerman. Titik balik dalam sejarah perusahaan terjadi pada tahun 1996, ketika Quanta mencapai kesepakatan dengan Dell Computer Corporation. Selama bertahun-tahun, Dell menduduki peringkat sebagai pelanggan terbesar perusahaan, yang menyumbang porsi signifikan dari total pendapatan dan laba tahunan.

        Lam membanggakan dirinya memimpin sebuah perusahaan desain, yang bertentangan dengan operasi manufaktur kontrak murni. Insinyur Quanta, yang pangkatnya membengkak saat perusahaan berkembang menjadi kekuatan global, semakin meminjamkan bakat mereka dalam desain komputer notebook yang dijual dengan merek AS dan produsen asing lainnya.

        Meskipun perusahaan komputer besar dan terkenal enggan mengungkapkan kontribusi perancang-produsen hantu, Quanta, dalam banyak kasus, adalah perusahaan di balik pertumbuhan produktif PC portabel selama paruh kedua tahun 1990-an.

        Pada tahun 1995, Quanta mencapai kesepakatan dengan Apple Computer yang meminta para insinyur Lam untuk menunjukkan bakat mereka di sisi desain produksi notebook. Apple Computer, yang ingin mengurangi biaya dan waktu pengembangan pada jajaran notebook PowerBook Epic baru, beralih ke Quanta untuk mengembangkan produk bersama.

        Berdasarkan keberhasilan perjanjian ini, kemitraan yang langgeng terbentuk yang melihat para insinyur Quanta memikul banyak tanggung jawab untuk desain notebook Apple Computer generasi selanjutnya. Untuk notebook G4 perusahaan, dirilis pada awal abad ke-21, 500 insinyur Quanta di Taiwan menyumbang setengah dari pekerjaan desain yang masuk ke model yang sangat populer.

        Quanta juga dipuji karena menyelamatkan kekayaan Hewlett-Packard Company yang berbasis di California. Pada tahun 1999, raksasa industri AS hampir menutup divisi notebook ketika eksekutif perusahaan memutuskan untuk mempekerjakan Quanta dalam upaya terakhir untuk mempertahankan nama Hewlett-Packard di pasar komputer notebook.

        Quanta menerapkan bakat produksi dan tekniknya untuk tujuan Hewlett-Packard, mengambil alih hampir semua tanggung jawab yang sebelumnya diemban oleh perusahaan Palo Alto. Quanta merakit perangkat keras, menginstal perangkat lunak, menguji produk akhir, dan bahkan mulai mengirimkan komputer notebook Hewlett-Packard ke pelanggan. Keberhasilan Hewlett-Packard di pasar komputer notebook dengan cepat meningkat, mengesankan direktur perusahaan untuk operasi notebook.

        Beralih ke Quanta, menurut direktur Hewlett-Packard dalam wawancara 5 November 2001 dengan Business Week, "menyelamatkan bisnis kami." Dia mencatat bahwa intervensi Quanta mewakili "perubahan haluan terbesar dalam sejarah Hewlett-Packard."

        Lam, yang membawa Quanta ke publik pada tahun 1998, mencatat banyak kesuksesannya karena operasi manufaktur perusahaan yang gesit dan canggih. Pesaing Quanta yang berbasis di Amerika Serikat biasanya terlibat dalam sejumlah kegiatan manufaktur, sedangkan Lam mengkhususkan diri secara eksklusif pada perancangan dan pembuatan komputer notebook.

        Di area khusus ini, Quanta unggul, pabrik perakitan notebooknya di Linkou mewakili paradigma efisiensi, kemampuan beradaptasi, dan profitabilitas dalam industri komputer. Lini perakitan Lam memproduksi komputer notebook secara massal 24 jam sehari, mampu mengakomodasi spesifikasi dan konfigurasi produk yang berbeda untuk berbagai pelanggan perusahaan.

        Dell, yang menyumbang setengah dari penjualan tahunan perusahaan, memiliki lantai aman sendiri di fasilitas Linkou Quanta, di mana para insinyur Quanta melakukan antara 60 dan 70 persen pekerjaan desain pada model Latitude Dell.

        Pada tahun 2000, sedikit lebih dari satu dekade setelah Lam berangkat di kantornya yang sempit di Taipei, Quanta memancarkan kekuatan yang cukup besar. Daftar pelanggan perusahaan sangat mengesankan, yang pada dasarnya terdiri dari semua produsen notebook besar di dunia. Di antara pelanggan Quanta adalah Dell, Compaq, Apple, Hewlett-Packard, IBM, Sony, Sharp, Fujitsu, dan Siemens.

        Perusahaan juga mulai mengintegrasikan dan mendiversifikasi operasinya secara vertikal, berusaha menambah aliran pendapatan alternatif ke bisnis andalannya. Pada bulan Februari 1999, perusahaan membentuk Quanta Storage Inc., anak perusahaan yang memproduksi perangkat penyimpanan data seperti drive CD-ROM dan drive DVD. Pada Juli 1999, Quanta Display Inc., produsen panel layar kristal cair (LCD), dibentuk. Pada bulan Maret 2000,

        Pada tahun 2001, Quanta berdiri terpisah dari sisa industri komputer, tahun yang sama perusahaan mencapai dominasi global. Tahun ini menandai kehancuran pasar yang paling melemahkan dalam sejarah industri teknologi tinggi, namun Quanta menunjukkan pertumbuhan yang energik, mencatat peningkatan penjualan dua digit karena pembuat komputer lain mengalami penurunan bisnis yang melumpuhkan.

        Sepanjang tahun, Lam mengantisipasi pengiriman empat juta unit notebook, meningkat 50 persen dari total yang tercatat pada tahun 2000. Quanta melampaui Toshiba untuk menjadi produsen komputer notebook terbesar di dunia, pabriknya menyumbang sepertujuh dari semua notebook yang terjual di seluruh dunia.

        Meskipun penerobosan perusahaan ke telepon seluler dan perangkat Internet belum menghasilkan keuntungan yang berarti, Quanta mewakili kisah sukses yang cemerlang pada saat banyak pembuat komputer memilih untuk melupakannya.

        Saat Quanta memulai masa depannya di abad ke-21, perusahaan terus mendapatkan pujian atas tingkat efisiensinya yang tinggi di pasar yang semakin kompetitif. Pada tahun 2002, produksi dialihkan ke Cina, di mana Quanta berharap dapat merealisasikan pengurangan biaya sebesar 10 persen.

        Rencana menyerukan investasi $18 juta dalam perbaikan pabrik di Cina, bagian dari tujuan perusahaan untuk mencapai $10 miliar dalam penjualan dari operasi di Cina dan Taiwan pada tahun 2004. Di tahun-tahun mendatang, analis menyatakan, tantangan terbesar Quanta terdiri dari mempertahankan keunggulannya sebagai pertumbuhan di pasar notebook menurun, mencapai titik jenuh yang sama yang dialami oleh pembuat komputer pribadi desktop.

        Harga notebook diperkirakan akan turun, dan akibatnya, margin keuntungan diperkirakan akan menyusut, memberikan Lam hambatan yang cukup besar untuk diatasi jika ia berharap untuk mempertahankan gelarnya sebagai Raja Laptop.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: