Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Compass, Konglomerat Industri Katering dari Inggris

        Kisah Perusahaan Raksasa: Compass, Konglomerat Industri Katering dari Inggris Kredit Foto: Reuters/Dado Ruvic
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Compass Group Plc salah satu konglomerat paling sukses di Inggris dalam bidang jasa makanan dan minuman (food and beverages). Grup ini masuk dalam jajaran perusahaan raksasa yang dirilis Fortune Global 500 pada 2020 dengan total revenue 31,73 miliar dolar AS.

        Perusahaan memproduksi mesin penjual otomatis (vending machines), katering perusahaan hingga menghadirkan waralaba populer seperti Burger King, Kentucky Fried Chicken (KFC), Taco Bell, Pizza Hut, TGI-Fridays, dan Harry Ramsden's. Sasarannya seperti sekolah, bandara, pangkalan militer, dan fasilitas pemasyarakatan dan perawatan kesehatan.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: CHS, Koperasi Pertanian Lokal Amerika yang Tembus Pasar Global

        Dikutip Referece For Business, lahirnya Compass Group berkaitan erat dengan perusahaan makanan dan minuman beralkohol, Grand Metropolitan. Di London, Grand Metropolitan setuju menjual unit kateringnya seharga 164 juta pound (260 juta dolar AS). 

        Di Eropa sendiri, langkah spin-off itu rupanya mendapat pujian sebagai yang paling mahal. Dijualnya unit tersebut melahirkan entitas baru dan cukup menguntungkan yakni menjadi Compass Group Plc tahun 1987.

        Compass Group dipimpin oleh Gerry Robinson, yang mengambil alih sebagai CEO. Robinson segera berangkat ke raksasa televisi Inggris Granada Group, dan kemudian mengarahkannya ke industri jasa makanan. Segue Robinson memberikan insentif tambahan untuk Compass Group, karena kedua perusahaan tersebut menjadi pesaing.

        Pada saat Compass Group go public pada tahun 1988 di Bursa Efek London, Robinson telah melakukan akuisisi penting dengan membeli Sutcliffe untuk mengepalai divisi katering Granada. Namun Granada lebih tertarik pada program televisi dan hotel daripada industri jasa makanan dan tidak menimbulkan ancaman yang lebih serius bagi Compass Group sampai akhir dekade ini.

        Sementara itu, Compass Group memulai pendakiannya ke puncak dengan perhatian cermat pada industri jasa makanan yang berkembang dan para pemain utamanya.

        Compass dengan penunjukan Francis Mackay sebagai kepala eksekutif. Segera setelah Mackay mengambil alih, muncullah rencana ambisius untuk menjadi perusahaan jasa makanan terbesar di dunia, yang dicapai melalui pertumbuhan organik dan dengan membeli saingan dan perusahaan yang memimpin berbagai sektor dalam industri.

        Di antara akuisisi awal adalah Traveller's Fare, katering kereta api (kemudian berganti nama menjadi Upper Crust), dibeli dari British Rail pada tahun 1992, bisnis katering Scandinavian Airlines Systems pada tahun 1993 (yang menandai lompatan Compass Group ke maskapai penerbangan dan bandara), dan akuisisi Canteen Corp pada tahun 1994, perusahaan penjual dan jasa makanan terbesar ketiga di Amerika Serikat.

        Saat Compass tumbuh, begitu pula kompetisinya. Pemimpin di antara para pesaingnya adalah Gardner Merchant di Inggris, Sodexho Alliance Prancis, dan Aramark yang berbasis di AS.

        Compass membeli Eurest International milik Accor seharga 931 juta dolar AS. Sebagai imbalan atas penjualan Eurest, Accor menerima 22,5 persen saham dari perusahaan yang baru diberi energi, dan Compass Group mengungguli para pesaingnya untuk mengklaim posisi teratas sebagai perusahaan jasa makanan terbesar di dunia.

        Dominasi Compass Group dalam industri jasa makanan global mencapai puncaknya pada tahun 1996. Akan tetapi, manajemen perusahaan tidak puas berpuas diri; mereka sangat menyadari tiga saingan mereka --Sodexho, Aramark, dan Marriott Managed Services-- memiliki rencana ekspansi yang agresif.

        Meskipun Compass akhirnya menghabiskan lebih dari 3,9 miliar pound (2,5 miliar dolar AS) dalam kegilaan pembeliannya untuk mencapai puncak, kerugiannya adalah beban utang yang besar, yang diterjemahkan ke dalam margin keuntungan yang lebih rendah dari yang diharapkan, tetapi tidak begitu signifikan.

        Sejak debutnya sebagai perusahaan publik, Compass belum pernah mengalami kerugian atau penurunan yang serius --bahkan, omzet dan keuntungan terus meningkat, meskipun mungkin lebih sederhana dari yang diharapkan beberapa orang. 

        Pendapatan untuk tahun 1994 dan 1995, terlepas dari pengeluaran besar untuk akuisisi, masing-masing adalah 917,9 juta pound dan 1,51 miliar pound yang sehat, dengan laba operasi yang sesuai sebesar 62,8 juta pound dan 91,2 juta pound.

        Compass menyepakati perjanjian lima tahun senilai 250 juta dolar AS dengan IBM untuk melayani 100.000 karyawan di lokasi di 29 negara bagian. 

        Omzet melonjak dari 2,65 miliar pound pada tahun 1996 (dengan sendirinya 29 persen dari tahun 1995) menjadi 3,7 miliar pound pada tahun 1997. Dipecah berdasarkan wilayah geografis, hampir setengah dari omzet Compass diwakili oleh divisi Eropa/Dunia, sebesar pound 1,8 miliar; diikuti oleh divisi Amerika Utara, sebesar 1,2 miliar pound; dan operasi di Inggris dengan biaya lebih dari £668 juta. Dihitung berdasarkan divisi operasi, segmen bisnis dan industri mewakili lebih dari setengah pendapatan perusahaan secara keseluruhan.

        Dengan kehadirannya yang meningkat di industri jasa makanan dan pengaruh status nomor satu yang dibawanya, Compass tidak hanya mendapatkan reputasi yang solid tetapi juga mampu meningkatkan keuntungannya dengan menegosiasikan persyaratan yang lebih menguntungkan dengan pemasok.

        Compass Group telah meningkat empat kali lipat sejak diperkenalkan satu dekade sebelumnya, dan keuntungan telah meningkat sebesar 14 persen menjadi 54,3 juta pound dari tahun 1997. Angka pertumbuhan gabungan dari tahun 1994 hingga 1998 menunjukkan tingkat pertumbuhan yang luar biasa sebesar 46,4 persen dalam omzet, peningkatan laba operasi 36,5 persen, dan pengembalian pemegang saham untuk periode yang sama naik 32,2 persen.

        Manajemen Compass Group sangat maju dengan ekspansi lebih lanjut. Khususnya dengan anak perusahaannya di Jerman di stasiun kereta api, bandara, pusat konferensi, dan fasilitas olahraga, dalam upaya untuk menangkap bagian yang lebih besar dari pasar katering senilai 10 miliar pound yang terus berkembang di negara itu.

        Di luar Jerman, kerajaan luas Compass mewakili kurang dari sepertiga dari pasar jasa makanan senilai 170 miliar pound dan perusahaan bermaksud untuk mengendalikan lebih banyak melalui akuisisi dan kontrak yang lebih besar.

        Pada tahun 2000 bentrokan raksasa jasa makanan berlanjut dengan masing-masing berkontribusi pada ekspansi rekor industri (dengan hampir satu dekade pertumbuhan tanpa gangguan). Compass Group masih menjadi pemimpin, namun Sodexho Alliance semakin dekat dan menjadi penyedia layanan makanan terbesar kedua di Inggris Raya.

        Aramark peringkat ketiga yang dioperasikan secara pribadi, dengan rumor IPO yang akan datang masih berputar-putar setelah beberapa tahun, mengejar ekspansi domestik lebih lanjut dan terus mendapatkan kehadiran internasional yang meningkat.

        Ketiga konglomerat itu menambahkan fokus lebih jauh ke merek-merek eksklusif in-house, menawarkan makanan dan minuman yang tidak biasa untuk memenuhi selera yang luas dan menyesuaikan gerai dengan kebutuhan klien tertentu.

        Selain itu, Compass Group dan saingan utamanya tidak hanya saling mengkhawatirkan tetapi juga bagaimana terus mengalahkan pesaing yang lebih kecil melalui pengaruh, reputasi, dan insentif.

        Sementara segmen bisnis dan industri membawa nama besar kontrak perusahaan atau 'piala' di industri, segmen fasilitas pemasyarakatan dan penitipan anak memiliki banyak potensi.

        Dalam hal ini, Aramark sudah unggul dalam permainan, melayani fasilitas pemasyarakatan di hampir tiga lusin negara bagian AS, beberapa tahun cahaya di depan Compass dan Aliansi Sodexho. Namun ketiga perusahaan itu menuju ke arah yang sama, untuk mengeksploitasi pasar baru dan mendapatkan lebih banyak kendali atas pasar yang ada melalui pertumbuhan dan akuisisi organik.

        Dua kutipan berbeda meringkas industri, potensinya, dan bahayanya untuk milenium baru: pertama, dari Restoran & Institusi edisi 1 Desember 1999, kepala divisi Compass Amerika Utara Gary Green menyatakan, 'Menjadi besar, lebih besar, terbesar tidak berarti apa-apa. Menjadi yang terbaik adalah segalanya.'

        Kedua, Dennis Reynolds, yang meliput industri jasa makanan untuk Cornell Hotel & Restaurant Administration Quarterly, mengingatkan, '... Anda hanya sebaik makanan terakhir Anda.' Kedua pria itu, rekan-rekan industri, mengatakan yang sebenarnya.

        Pada masa sekarang, Compass adalah perusahaan jasa makanan kontrak terbesar di dunia yang mempekerjakan lebih dari 500.000 orang. Ini menyajikan makanan di lokasi termasuk kantor dan pabrik, sekolah, universitas, rumah sakit, tempat olahraga dan budaya utama, kamp pertambangan, fasilitas pemasyarakatan, dan anjungan minyak lepas pantai.

        Compass Group terdaftar di London Stock Exchange dan merupakan konstituen dari FTSE 100 Index. Ini juga merupakan perusahaan Fortune Global 500.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: