Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: CJ Corporation, Konglomerat Induk Berbagai Bisnis dari Korea Selatan

        Kisah Perusahaan Raksasa: CJ Corporation, Konglomerat Induk Berbagai Bisnis dari Korea Selatan Kredit Foto: Wikimedia Commons/JeongAhn
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        CJ Corporation adalah produsen makanan terbesar di Korea Selatan, dan juga merupakan salah satu produsen bahan tambahan makanan terkemuka.

        Operasi produksi makanan perusahaan mencakup spektrum penuh makanan, termasuk gula rafinasi, bumbu, minyak goreng, makanan kaleng dan diawetkan, makanan siap saji, mie instan, produk ikan, kembang gula, krimer kopi, minuman ringan dan minuman lainnya, dan makanan segar dan daging olahan.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Gree Electric, Spesialis Penyejuk Udara Asal China

        CJ Corporation, sebelumnya divisi Cheil Jedang dari konglomerat Samsung, juga merupakan salah satu grup farmasi top Korea Selatan, yang berfokus pada bahan aktif massal untuk antibiotik --perusahaan mengendalikan sekitar 20 persen pasokan dunia 7-amino cephalosporanic acid, atau 7-ACA-- serta antibiotik itu sendiri.

        Perusahaan juga hadir di pasar Internet berkecepatan tinggi melalui anak perusahaan Dreamline dan Dream Soft, dan juga mengoperasikan anak perusahaan belanja online dan logistik.

        CJ Corporation dipimpin oleh kakak beradik Jay dan Miky Lee, yang kakeknya, Lee Byung Chull, mendirikan Samsung pada 1950-an. Perusahaan ini terdaftar di Bursa Efek Korea dan pada tahun 2002 membukukan penjualan sebesar 2,27 triliun won Korea (1,9 miliar dolar AS).

        Pada awal 1960-an, CJ mulai mengekspor gula rafinasinya. Perusahaan juga telah meluncurkan diversifikasi sendiri, menambahkan penggilingan tepung pada tahun 1958 dan, pada tahun 1963, produksi penguat rasa monosodium glutamat. Perusahaan terus fokus pada bahan-bahan selama tahun 1960-an, memulai produksi Mipoong, bumbu, pada tahun 1964.

        Peningkatan produksi CJ, dan daftar produk yang terus bertambah, membuatnya membuka fasilitas manufaktur baru di Seoul pada tahun 1968. Pada tahun 1970, perusahaan menambahkan kilang gula kedua, di Inchon.

        CJ, seperti kerajaan Samsung lainnya yang berkembang pesat, mendapat manfaat dari kebijakan perdagangan proteksionis pemerintah, yang mengenakan tarif tinggi pada barang-barang impor.

        Hubungan dekat Lee dengan pemerintah juga memungkinkan CJ untuk mengumpulkan posisi terdepan dalam kategori produknya.

        Setelah memantapkan posisinya dalam makanan pokok selama tahun 1960-an, CJ memulai dorongan untuk menjadi pengolah makanan umum pada 1970-an. Perusahaan memasuki sektor pakan ternak pada 1973, membuka fasilitas baru di Pusan tahun itu.

        Perusahaan kemudian memperluas produksi bumbu Dashida pada tahun 1975, sebelum menambahkan bumbu asam nukleat pada tahun 1977. Area makanan baru lainnya menyusul hingga tahun 1980-an, termasuk dimulainya minyak goreng pada tahun 1979, pengolahan daging pada tahun 1980, dan produk berbasis tepung. pada tahun 1985.

        Ekspansi CJ berlanjut ke dekade berikutnya dengan pembangunan pabrik farmasi baru di Daeso pada tahun 1990.

        Perusahaan kemudian meluncurkan produksi 7-amino acid cephalosporanic (7 ACA), bahan utama yang aktif dalam sediaan antibiotik. CJ segera menjadi salah satu pemasok 7 ACA terbesar di dunia, menguasai lebih dari 20 persen pasokan dunia pada awal dekade berikutnya.

        Selama tahun 1980-an, Lee Byung Chull telah menempatkan putra sulungnya Lee Maeng Hee sebagai kepala CJ, alih-alih memilih putra yang lebih muda, Lee Kun Hee, untuk memimpin kerajaan Samsung itu sendiri.

        Pada saat itu, CJ telah menjadi agak terbelakang di antara teknologi utama dan kepemilikan industri Samsung. Lebih buruk lagi, sudah menjadi bisnis manufaktur makanan terbesar di Korea, pertumbuhan CJ di masa depan tampak paling sederhana.

        Pada tahun 1993, Lee Maeng Hee menyerahkan arahan CJ kepada anak-anaknya, Miky Lee dan adiknya Jay Lee. Pasangan itu, Jay Lee mengambil alih operasi perusahaan sehari-hari sebagai CEO, sementara Miky Lee muncul sebagai orang ide perusahaan, dengan cepat pindah untuk membebaskan CJ dari kerajaan Samsung, memutuskan ikatan kepemilikannya dengan perusahaan yang dimiliki kakek mereka didirikan.

        Selama tiga tahun berikutnya, perusahaan tersebut membuka kepemilikannya di Samsung dan perusahaan afiliasinya, dan secara resmi meluncurkan dirinya sebagai Chiel Jedang Group pada tahun 1996.

        Manajemen baru CJ berusaha tidak hanya untuk merevitalisasi perusahaan, tetapi, menyadari potensi pertumbuhan yang terbatas, mengubahnya menjadi pembangkit tenaga listrik yang terdiversifikasi dalam dirinya sendiri.

        Pada tahun 1994, perusahaan memperluas operasi makanannya ke area baru, sektor restoran, meluncurkan rantai restoran Foodvill. CJ juga memasuki pasar katering tahun itu.

        Sejak memperkenalkan teater multipleks pertama, CGV, pada tahun 1998 ke Korea Selatan, perusahaan telah mengembangkan apa yang disebutnya "cultureplex", sebuah ruang di mana restoran, ruang pertunjukan, toko, dan teater multipleks berkumpul untuk memberikan pengalaman budaya yang lebih kaya kepada konsumen, CGV Cheongdam Cine City, yang dibuka pada tahun 2011 menjadi contohnya.

        Pada awal tahun 2000-an, CJ meluncurkan restrukturisasi untuk memfokuskan diri pada empat divisi bisnis utamanya yakni makanan, farmasi, hiburan, dan Logistik. 

        Perusahaan yang baru dilahirkan kembali tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti dalam upayanya untuk menjadi konglomerat besar dengan caranya sendiri. Pada tahun 2003, perusahaan membuka pabrik pakan baru di Chengdu, di China.

        CJ juga meluncurkan layanan pengiriman baru, menjembatani bisnis makanan dan logistiknya, pada tahun 2003. Dijuluki Hetbahn, layanan baru ini membawa mitra DHL untuk menjanjikan pengiriman makanan Korea ke komunitas ekspatriat Korea di seluruh dunia.

        Mendaki dari bawah bayang-bayang Samsung, CJ telah berhasil menegosiasikan transisinya dari ketergantungannya pada makanan menjadi grup yang beragam, namun sangat fokus. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: