Halal Bihalal dengan Penggerak OK OCE, Sandiaga Uno Dorong UMKM Transformasi Digital
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI yang juga merupakan Founder OK OCE, Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri secara daring kegiatan jumpa Halal Bihalal dengan seluruh komunitas penggerak OK OCE di Indonesia, Senin (30/5/2022).
Dikatakan Sandiaga saat ini perekonomian Indonesia sudah mulai berangsur membaik dan ada semangat untuk bangkit dan pulih. Namun banyak dari para pelaku UMKM masih menghadapi tantangan ekonomi dampak dari pandemi Covid-19.
Baca Juga: Hadapi Era Digitalisasi, BRI Optimalkan Peran Penyuluh Digital
Ia mengungkapkan salah satu peran utama dari pembangkit perekonomian di Indonesia yakni adanya peran sektor UMKM. Dorongan kepada UMKM untuk terus maju selalu digiatkan salah satunya dengan digitalisasi.
"Pada 2023 pemerintah telah menargetkan 30 juta UMKM masuk ke pasar digital atau e-commerce. Berbagai kolaborasi bersama pemerintah daerah hingga swasta terus kita upayakan. Sehingga dengan adanya digitalisasi diharapkan para UMKM dapat berdaya saing, menggenjot perekonomian, dan menembus pasar global," ujar Sandiaga Uno, dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (31/5/2022).
Ia juga mendorong pelaku usaha OKE OCE, untuk melakukan transformasi atau go digital.
Baca Juga: Pentingnya Penetrasi Teknologi Digital di Industri Asuransi
"Saat ini baru belasan juta UMKM yang terdigitalisasi. Inilah saatnya kita mengambil peran untuk membantu peralihan UMKM menuju era digital," tambah Sandiaga Uno.
Dalam kesempatan tersebut, Iim Rusyamsi mengungkapkan OK OCE akan terus menciptakan ribuan lapangan kerja ke depannya dengan semangat dan dukungan seluruh penggerak serta berbagai progres penciptaan lapangan kerja di setiap tahunnya.
"Kami terus bergerak bersama OK OCE mencapai tujuan menciptakan lapangan kerja. Di awal tahun OK OCE memberi banyak benefit, seperti penerbitan 1000 sertifikat HKI, pembuatan kemasan produk UMKM oleh sebanyak 5200 buah kemasan," kata Iim Rusyamsi.
Sementara itu, Founder OK OCE lainnya Indra Uno memberikan menyebutkan pentingnya komunikasi antar selama pelaku UMKM.
Baca Juga: Naik 36%, KKI 2022 Cetak Komitmen Temu Bisnis UMKM Rp282,2 Miliar
Dengan adanya interaksi dan bertukar cerita tersebut kata Indra Uno nantinya para pelaku UMKM akan menemukan ide-ide yang terlintas di benaknya sehingga dapat menghasilkan kolaborasi dengan inovasi-inovasi yang telah terlintas sebelumnya.
"Di mana dari kolaborasi tersebut kemudian terciptalah sebuah transaksi. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus maka akan semakin meningkatkan transaksi yang mereka dapatkan. Maka, bagi para pelaku UMKM berbagi informasi adalah hal yang penting untuk terus dilakukan," kata Indra Uno.
Baca Juga: Sandiaga: OK OCE Shop Hadir Beri Solusi Pemulihan Ekonomi UMKM
Ia mengajak para pelaku UMKM terus berjuang menumbuhkan usaha komunitas dan perorangan serta lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia.
Pasalnya, kata Indra Uno, OK OCE sebagai penggerak komunitas, platform, fasilitasi yang bertujuan agar penggerak dan anggota terfasilitasi untuk melahirkan usaha baru, menaikkan kelas, dan tumbuh kembang usaha baru bagi UMKM.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ayu Almas
Tag Terkait: