Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Menggali Lebih Jauh Tentang Iklan dan Penempatan OEM yang Efektif

        Menggali Lebih Jauh Tentang Iklan dan Penempatan OEM yang Efektif Kredit Foto: Xapads
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Saat ini, OEM (Original Equipment Manufacture) telah menjadi alternatif baru bagi dunia periklanan dan telah sukses menciptakan nilai ingatan kuat di benak pelanggan, sekaligus mengubah pendekatan pemasaran yang aman bagi merek dengan menggabungkan strategi dan kinerja unik merek.

        Selama beberapa tahun terakhir, iklan OEM menjadi yang teratas karena transparansi dan jangkauannya yang memungkinkan pengiklan untuk memaksimalkan peluang.

        Unique Selling Proposition (USP) yang ditawarkan juga menjadikannya jauh lebih hemat biaya dibandingkan strategi pemasaran tradisional, memungkinkan pengiklan membuat keputusan yang tepat dengan mengakuisisi pengguna aktif waktu nyata.

        Namun, kendati demikian Rohit Arora, Vice President, Tech and Strategic Initiatives Xapads Media melihat bahwa masih banyak pelaku pemasaran yang belum memahami betul bagaimana upaya untuk menggunakan OEM secara efektif.

        "Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Pre-Install/Pre-Load. OEM biasanya datang dengan sekumpulan aplikasi yang dikenal sebagai Pre-install dan ini adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan aplikasi Anda kepada pengguna baru. Pre-load juga menawarkan tingkat konversi yang berkualitas karena mengandalkan kepercayaan dari produsen asli dan kenyamanan memiliki aplikasi sekaligus, jelasnya," kata Rohit, Selasa (31/5).

        Hal kedua adalah Promosi App Store. Setiap OEM utama hadir dengan toko aplikasinya sendiri yang dapat berjalan secara paralel dengan Google Play Store. Banyak pengguna menggunakan toko bawaan ini untuk mengunduh/menginstal aplikasi karena ini adalah sumber baru yang signifikan bagi mereka dan dapat dihitung dari pemasangan Google Play Store.

        Oleh karena itu, selalu disarankan untuk memiliki versi aplikasi yang diperbarui di toko alternatif ini untuk memanfaatkan pengguna baru maupun yang sudah ada, sambil menawarkan kepada mereka layanan yang diperbarui seperti Google Play Store.

        "Masih menjadi bagian yang kedua, pemasar perlu memastikan aplikasi masuk sebagai yang direkomendasikan karena Ini adalah cara asli untuk beriklan melalui OEM untuk menampilkan aplikasi dengan performa terbaik dan sangat banyak diunduh oleh pengguna," ujarnya.

        Katalog aplikasi yang direkomendasikan biasanya dicadangkan untuk aplikasi kategori teratas di lokasi tertentu, seperti Dompet Digital, Pengeditan Foto, Pemindai, Pengelola Tugas, dll. Hal itu dapat membantu pengiklan dalam meningkatkan pemasangan aplikasi dan mendorong prospek yang lebih baik.

        Menampilkan aplikasi di sini akan meningkatkan kepercayaan pengguna dan memberi pengiklan keunggulan tajam atas pesaing pada kategori yang sama, imbuhnya.

        "OEM smartphone juga akan menampilkan aplikasi yang sedang tren kepada pengguna sebagai iklan asli yang biasa disebut "Hot Downloads", atau biasa dijuluki sebagai Aplikasi Populer seperti Short Video, RMG (real-money game), aplikasi Media Sosial, dll.

        Ini memungkinkan pengguna untuk menginstall aplikasi di navigasi yang lebih rendah dan menghasilkan konversi berkualitas dengan tingkat keterlibatan pengguna yang lebih baik juga. Misalnya:

        "Selama musim IPL, kampanye berbasis kriket untuk aplikasi RMG dapat memperoleh rasio klik untuk memasang yang sangat baik, karena toko aplikasi OEM menyediakan proses pemasangan aplikasi yang nyaman bagi pengguna dibandingkan dengan proses pengunduhan & pemasangan APK biasa dari situs web RMG," ungkap Rohit. Namun, aplikasi tersebut harus sah dan mengikuti kriteria dan pedoman yang ditentukan tentang "aman digunakan" bagi pengguna.

        Hal berikutnya adalah mengiptimalkan Ikon Promosi. Ini adalah salah satu strategi penempatan iklan yang paling menarik dan bervolume tinggi dibandingkan OEM yang kurang lebih berfungsi dalam lingkungan pendekatan organik.

        Ikon aplikasi merupakan apa yang mendefinisikan identitasnya dan merupakan peluang untuk memenuhi tujuan aplikasi, karena itu, pengiklan perlu memastikan bahwa pesan aplikasi jelas, ikon dan namanya harus menarik agar menonjol secara efektif di toko aplikasi.

        Jika dilakukan dengan benar, itu akan secara otomatis melayani tujuan aplikasi dengan identifikasi yang jelas dengan mengetuk volume kualitas pengguna yang belum dimanfaatkan untuk aplikasi.

        Terakhir adalah Promosi Berbasis Browser. Browser asli dari setiap OEM smartphone menjadi tempat tujuan bagi pengguna, karena mereka sering mencari konten yang paling mereka inginkan, di mana memasang iklan di tempat yang tepat untuk pemirsa yang tepat dapat mendorong keterlibatan yang berkualitas pada aplikasi.

        Selain itu, ketika digabungkan dengan baik bersama konten in-line, itu dapat mendorong pengguna untuk mengklik dan mengikuti jalannya penginstalan aplikasi. Strategi ini telah terbukti menjadi yang paling efektif untuk akuisisi pengguna berkualitas untuk banyak aplikasi, seperti berita dan video pendek.

        “Setiap aplikasi memiliki perjalanan dan sasaran pengguna yang berbeda, sehingga hasilnya mungkin berbeda pada penempatan iklan yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dan memahami periklanan OEM dan pengiklan harus memiliki pengaturan untuk eksekusi iklan yang tepat sebelum menginvestasikan anggaran pemasaran mereka ke dalamnya,"

        "Di Xapads, kami dapat merekomendasikan kepada Anda cara terbaik untuk memaksimalkan Periklanan OEM Anda dan selanjutnya dapat membantu Anda mengevaluasi penempatan mana yang paling sesuai untuk produk dan aplikasi Anda, tutupnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: