Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Perang Harga?

        Apa Itu Perang Harga? Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perang harga adalah kondisi di mana terjadinya harga yang kompetitif di antara perusahaan saingan yang menurunkan titik harga pada produk mereka dalam upaya untuk melemahkan satu sama lain dan merebut pangsa pasar yang lebih besar. Perang harga dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan dalam jangka pendek, atau sebagai strategi jangka panjang.

        Ketika sebuah perusahaan berusaha untuk meningkatkan pangsa pasar, cara termudah biasanya adalah dengan menurunkan harga. Kemudian, mereka akan meningkatkan penjualan produk. Persaingan dapat dipaksa untuk mengikuti jika menjual produk serupa. Dan ketika harga turun, jumlah penjualan meningkat akhirnya akan menguntungkan pelanggan.

        Beberapa perusahaan bahkan akan menjual dengan kerugian dalam upaya untuk menghilangkan persaingan sepenuhnya. Perusahaan yang sedang melakukan perang harga akan menghilangkan atau menurunkan margin keuntungan mereka. Untuk mengurangi dampak, perusahaan biasanya akan meminta diskon besar kepada pemasoknya.

        Baca Juga: Apa Itu Value Chain?

        Sayangnya, dampak buruk dari terjadinya perang harga berdasarkan studi empiris adalah perang harga dapat secara signifikan merusak perusahaan yang mempraktikkan perilaku seperti itu. Ini karena perang harga dapat menyebabkan perusahaan mengalami kerugian dalam margin, ekuitas konsumen, dan kemampuan inovasi serta industri kehilangan keunggulan kompetitif mereka. Korban perang harga dapat diturunkan peringkatnya sebagai pengganti, dan bahkan mengalami kebangkrutan. 

        Selain itu, tidak hanya perusahaan yang terlibat dalam perang harga, pemegang saham lain seperti pemasok, saluran distribusi, dan investor yang terkait dengan rantai produksi dan proses penjualan juga akan terpengaruh. Hal ini akan menyebabkan keuntungan runtuh dalam jangka pendek, serta citra dan reputasi perusahaan yang dikompromikan dalam jangka panjang. 

        Meski demikian, perang harga telah merambah di semua jenis pasar dan bisnis. Secara keseluruhan, masyarakat mungkin menderita karena alokasi sumber daya yang kurang efisien karena sumber daya yang dituangkan ke dalam perang harga yang berpartisipasi dapat dialokasikan di tempat lain. Dalam jangka pendek, konsumen tampaknya mendapat manfaat dari harga yang lebih rendah selama perang harga. Dalam jangka panjang, konsumen cenderung membentuk harga referensi yang tidak realistis dan mungkin menghadapi produk berkualitas yang kurang optimal.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: