Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Daftar Oligarki dan Kritikus Putin yang Ditemukan Tewas Sejak Perang Ukraina

        Daftar Oligarki dan Kritikus Putin yang Ditemukan Tewas Sejak Perang Ukraina Kredit Foto: Reuters/Sputnik/Kremlin/Mikhail Klimentyev
        Warta Ekonomi, Washington -

        Kematian para oligarki Rusia dan kritikus Presiden Vladimir Putin sepanjang perang di Ukraina mendadak menjadi sorotan publik. 

        Belakangan, ketua dewan perusahaan minyak swasta terbesar Rusia, Lukoil, meninggal dalam apa yang disebut oleh kantor berita Rusia sebagai kecelakaan jatuh dari jendela rumah sakit. Ravil Maganov, menurut penyataan Lukoil, dikatakan "meninggal setelah sakit parah" pada Kamis (1/9/2022) lalu tanpa memberi rincian lebih lanjut.

        Baca Juga: Bekas Menteri Austria ke Eropa: Tidak Semua Negara Uni Eropa Ikut Sanksi Rusia

        Laporan berita Rusia kemudian menyatakan mayatnya ditemukan di halaman Rumah Sakit Klinik Pusat Moskow, tempat elit politik dan bisnis Rusia sering dirawat. Maganov tampaknya jatuh dari jendela lantai enam, kata laporan itu, dilansir euronews.

        Beberapa sumber mengklaim dia tersandung dan jatuh saat merokok, menyatakan sebungkus rokok ditemukan di dekat jendela. Situs berita RBK juga mengatakan polisi sedang menyelidiki kemungkinan bunuh diri.

        Lukoil adalah salah satu dari sedikit perusahaan Rusia yang secara terbuka menyerukan diakhirinya invasi Rusia ke Ukraina, pada bulan Maret dengan mengatakan “penghentian segera konflik bersenjata”.

        Kebetulan, Maganov bukanlah pejabat Lukoil pertama yang tewas dalam keadaan mencurigakan sejak agresi skala penuh Kremlin terhadap tetangga Baratnya dimulai pada akhir Februari. 

        Seorang mantan manajer puncak Aleksandr Subbotin ditemukan tewas di ruang bawah tanah sebuah tempat tinggal di pinggiran kota Moskow pada bulan Mei. Laporan berita Rusia mengatakan rumah itu milik seorang penyembuh gadungan, Dukun Magua, yang mempraktekkan ritual penyucian.

        Magua bersaksi bahwa Subbotin datang ke rumahnya di bawah pengaruh alkohol dan obat-obatan dan menuntut penyembuh, yang bernama asli Aleksei Pindurin, melakukan ritual penyembuhan untuk gejala mabuk.

        Penyelidik mengatakan penyebab awal kematian Subbotin ditentukan karena gagal jantung.

        Namun, kematian Ravil Maganovlah yang menarik perhatian pers, yang merupakan yang terbaru dalam serangkaian pembelaan diri yang tidak disengaja dan kematian mencurigakan lainnya dari mereka yang mendapat untung dari hubungan baik dengan Putin atau menjadi duri di pihaknya -- atau keduanya.

        Oligarki anti-perang mati dalam keadaan yang aneh

        Setidaknya enam oligarki Rusia tewas dalam keadaan aneh hampir sejak pecahnya konflik di Ukraina. Semuanya memiliki hubungan dekat yang sama dengan Kremlin, kekayaan luar biasa, hubungan dengan gas Rusia, dan sikap anti-perang di Ukraina.

        Hal ini telah menimbulkan kecurigaan para penyelidik internasional, yang mulai percaya bahwa kematian ini mungkin, pada kenyataannya, adalah bunuh diri atau pembunuhan karena sikap mereka terhadap agresi Kremlin terhadap Ukraina atau hubungan mereka dengan korupsi di perusahaan gas Rusia Gazprom.

        Semuanya dimulai di St Petersburg menjelang perang. Mengutip euronews, berikut daftar oligarki dan kritikus terhadap Putin yang meninggal dalam keadaan misterius.

        Hanya sebulan sebelum pecahnya konflik di Ukraina, seorang eksekutif puncak perusahaan gas Gazprom ditemukan tewas di pondoknya dekat St Petersburg.

        Leonid Shulman

        Leonid Shulman (60), ditemukan di kamar mandi rumah dengan pergelangan tangan terpotong, lapor berita lokal, mengutip sebuah sumber. Menurut pihak berwenang polisi, sebuah catatan bunuh diri diduga ditemukan di sebelah tubuhnya, di mana dia menceritakan penderitaannya setelah cedera kaki --yang menurut Gazprom menyebabkan dia mengambil cuti.

        Versi tersebut dipertanyakan setelah lembaga think tank Warsaw Institute menyatakan bahwa Shulman, yang merupakan kepala layanan transportasi di Gazprom Invest, terlibat dalam kemungkinan kasus korupsi di raksasa gas Rusia.

        Baca Juga: Pemimpin Chechnya Gak Segan Temui Putin Jika Situasi Memburuk, Rusia Siap-siap!

        Alexander Tyulyakov

        Pagi hari setelah Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, Alexander Tyulyakov (65), seorang eksekutif senior Keamanan Perusahaan Gazproms, meninggal di rumahnya di desa yang sama dengan Shulman. Menurut surat kabar Rusia Novaya Gazeta, tubuhnya ditemukan tergantung di garasi.

        Surat kabar yang sama mengutip sumber penegak hukum yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa unit keamanan Gazprom sendiri tiba di lokasi bunuh diri pada saat yang sama dengan polisi dan juga sedang menyelidiki kematian tersebut.

        Mikhail Watford

        Salah satu dari dua kematian yang terjadi di luar negeri adalah Mikhail Watford, yang tinggal bersama keluarganya di Inggris. Pada 28 Februari, raja minyak dan gas kelahiran Ukraina berusia 66 tahun, yang juga membangun kerajaan properti di London, ditemukan tewas di rumahnya di Surrey.

        Penyebab kematian Watford ditentukan sebagai kematian dengan cara digantung, tetapi istri dan anak-anaknya, yang berada di rumah pada saat itu, tidak terluka. Pihak berwenang Inggris memperlakukan kematian Watford sebagai tidak dapat dijelaskan, tetapi tidak mencurigakan.

        Belakangan diketahui bahwa Watford, yang biasa disebut sebagai Misha, telah mengubah nama keluarganya dari Tolstosheya setelah pindah ke Inggris pada awal tahun 2000.

        Pembunuhan-bunuh diri meningkat tiba-tiba di antara oligarki yang bersahabat dengan Putin?

        Vasily Menikov

        Pada bulan Maret, mayat miliarder Rusia Vasily Melnikov dan keluarganya ditemukan di flat mewahnya di Nizhny Novgorod, sebuah kota di Rusia barat.

        Melnikov telah membuat kekayaannya bekerja untuk salah satu perusahaan medis yang terkena sanksi Barat.

        Menurut surat kabar Rusia Kommersant, Melnikov, bersama dengan istrinya yang berusia 41 tahun dan dua anaknya yang masih kecil, masing-masing berusia 10 dan 4 tahun, meninggal karena luka tusukan. Senjata pembunuh itu diduga ditemukan di TKP.

        Surat kabar itu melaporkan bahwa oligarki telah membunuh keluarganya sebelum bunuh diri, meskipun tetangga dan kerabat lainnya tidak setuju dengan versi resmi.

        Media lain mengklaim bahwa perusahaan Melnikov, yang mengimpor peralatan medis ke Rusia, berada di ambang kebangkrutan karena sanksi Barat yang dikenakan sebagai pembalasan atas perang di Ukraina.

        Sergei Protosenya

        Kasus terakhir terjadi di Spanyol, lebih khusus di Lloret de Mar, di mana oligarki Rusia Sergei Protosenya (55) ditemukan tewas bersama dua anggota keluarga lainnya pada 19 April.

        Mantan kepala raksasa gas Novatek, dengan kekayaan pribadi 400 juta euro, ditemukan gantung diri, bersama istri dan putrinya, yang ditikam hingga tewas di vila keluarga.

        Baca Juga: Pemimpin Chechnya Gak Segan Temui Putin Jika Situasi Memburuk, Rusia Siap-siap!

        Apa yang awalnya diklasifikasikan oleh polisi sebagai pembunuhan ganda diikuti oleh bunuh diri Protosenya kemudian dibantah oleh putranya.

        Beberapa teman keluarga juga muncul di depan umum untuk menyatakan bahwa Protosenya, pada kenyataannya, adalah korban ketiga dari "bunuh diri bertahap" dan bahwa oligarki tidak akan mampu membunuh keluarganya.

        Polisi Catalan masih aktif menyelidiki kasus ini.

        Vladislav Avayev

        Hanya sehari sebelum kematian Protosenya dan keluarganya, mayat oligarki Rusia Vladislav Avayev ditemukan di flatnya di Moskow, bersama dengan mayat istri dan putrinya yang berusia 13 tahun. Putrinya Anastasia (26), adalah orang yang menemukan TKP.

        Kantor berita milik negara Rusia TASS mengutip sumber yang dekat dengan penegak hukum yang mengatakan bahwa bukti awal menunjuk Avayev --mantan penasihat Putin dan mantan wakil presiden Gazprombank-- membunuh istri dan putrinya dan kemudian bunuh diri.

        Sebuah pistol ditemukan di tangan oligarki, dan flatnya dikunci dari dalam.

        Gazprombank adalah bank terbesar ketiga di Rusia dan terkait dengan Gazprom, perusahaan gas alam publik terbesar di dunia.

        Pembelaan diri yang paling mencurigakan

        Kematian Maganov pada Kamis (8/9/2022) juga mengikuti pola orang-orang terkemuka Rusia yang jatuh dari jendela menuju kematian mereka.

        Pada Oktober 2021, seorang diplomat Rusia ditemukan tewas setelah jatuh dari jendela kedutaan Rusia di Berlin, Der Spiegel melaporkan.

        Pria tak dikenal itu adalah sekretaris kedua di kedutaan, tetapi sumber-sumber intelijen Jerman mengatakan kepada surat kabar itu bahwa mereka menduga dia adalah seorang perwira yang menyamar dengan FSB Rusia.

        Kirill Zhalo

        Outlet investigasi Bellingcat mengatakan menggunakan data sumber terbuka untuk mengidentifikasi pria itu sebagai Kirill Zhalo, putra Jenderal Alexey Zhalo, wakil direktur Layanan Kedua FSB, yang bertanggung jawab untuk menangani ancaman politik internal untuk Kremlin.

        Pada bulan Desember tahun yang sama, pendiri blog nasionalis Sputnik dan Pogrom Yegor Prosvirnin meninggal setelah jatuh dari jendela sebuah gedung apartemen di Moskow.

        Tubuh telanjang Prosvirnin ditemukan di sebelah pisau dan tabung gas setelah teriakan dan teriakan terdengar dari apartemennya, media lokal melaporkan.

        Prosvirnin, seorang aktivis sayap kanan, awalnya mendukung pencaplokan Krimea oleh Rusia pada tahun 2014 tetapi kemudian menjadi kritikus vokal terhadap Putin, meramalkan perang saudara di Rusia dan runtuhnya Federasi Rusia.

        Dan Rapoport

        Dan pada 14 Agustus, Dan Rapoport, bankir investasi Latvia-Amerika dan kritikus Putin yang blak-blakan yang baru saja meninggalkan Ukraina setelah invasi Rusia, ditemukan tewas di depan sebuah gedung apartemen mewah di Washington DC.

        Polisi mengatakan mereka tidak memperlakukan kematian Rapoport sebagai sesuatu yang mencurigakan, Politico yang berbasis di Washington melaporkan, tetapi kasus itu masih dalam penyelidikan.

        Rapoport menjadi kaya saat berada di Moskow sebelum tidak disukai oleh Kremlin, sebagian besar karena dukungannya kepada pemimpin oposisi Alexei Navalny, menurut laporan.

        Sergei Tkachenko

        Pada 2017, mitra bisnis Rapoport saat itu, Sergei Tkachenko, juga tewas akibat jatuh dari apartemennya di Moskow.

        Selama pandemi Covid-19, setidaknya empat petugas kesehatan jatuh dari jendela di Rusia, dengan hanya satu yang selamat meskipun mengalami luka parah.

        Setidaknya tiga insiden dokter membela diri dari jendela rumah sakit terjadi selama periode dua minggu antara April dan Mei 2020, dengan laporan media mengklaim mereka telah memprotes kondisi kerja selama gelombang infeksi terburuk di negara itu sebelum insiden.

        Alexander Kagansky

        Pada Desember 2020, seorang ilmuwan top Rusia yang mengembangkan vaksin Covid-19 baru, Alexander Kagansky, ditemukan tewas setelah jatuh dari apartemennya yang tinggi di St Petersburg.

        Menurut outlet Rusia, polisi mengklaim Kagansky menikam dirinya sendiri dan kemudian melompat ke kematiannya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: