Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ibas Bantu Irigasi dan Dengar Aspirasi Pekebun Sayur di Magetan

        Ibas Bantu Irigasi dan Dengar Aspirasi Pekebun Sayur di Magetan Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Warga Desa Dadi, Magetan, menyambut kedatangan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), pada Rabu sore (12/10/2022). Ibas berkunjung untuk meninjau bantuan program saluran irigasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang dikawalnya. Ibas juga mampir untuk melihat langsung perkebunan sayur Desa Dadi.

        "Saya masih ingat, dulu kami juga pernah memberi bantuan rehab mushola di Desa Dadi mriki. Alhamdulillah, doa-doa yang Bapak-Ibu panjatkan di musala satu per satu dikabulkan," katanya, dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (14/10).

        Baca Juga: Heboh Pro Amerika atau Cina, Ibas: SBY 'Golden Boy of Indonesia'

        "Saya Anggota DPR RI dari Partai Demokrat terus bantu dan perjuangkan agar membawa cita-cita besar untuk Desa Dadi ini. Masyarakat yang panjang umur dan membawa keberkahan, rahmatan lil ‘alamin, serta terus sehat wal afiat dijauhkan dari segala virus maupun penyakit. Termasuk katanya saya dengar di sini ingin irigasi, betul nggih?" tanya Ibas.

        "Dari 16 saluran irigasi yang kami kawal di Magetan, alhamdulillah Desa Dadi sudah dialiri air. Irigasi itu kelihatannya sederhana, dari atas sampai ke Lereng Lawu. Ada berapa yang bisa dialiri, uakeh (banyak) tho?! dan semuanya menghasilkan. Ada wortel, tomat, cabai, sawi, dan masih banyak lagi," sambungnya.

        Saluran irigasi yang dibangun sepanjang ratusan meter di desa tersebut, selain berfungsi sebagai irigasi perkebunan, juga bermanfaat sebagai saluran air pencegah banjir pemukiman yang berada di bawahnya.

        Setelah meninjau irigasi, Ibas lalu memberikan bantuan berupa alat handsprayer untuk perkebunan dan ribuan paket beras untuk masyarakat. Ibas bahkan tanpa ragu turun ke perkebunan untuk mencoba handsprayer bersama pekebun tomat. Ibas juga berjalan kaki menyusuri kebun dan bertemu langsung dengan para pekebun untuk sekadar berdialog dan mendengarkan keluh-kesah.

        "Kalau dari hasil alhamdulillah sudah lancar dan sudah bagus walaupun harga jual naik turun, tapi dari pupuk itu lho, Pak, kok susah, beli itu ndak ada, harganya mahal," keluh Ratmi, salah satu pekebun tomat yang ditemui Ibas. Kelangkaan dan mahalnya harga pupuk pun tidak hanya dirasakan Ratmi, tetapi hampir seluruh pekebun di Desa Dadi.

        "Sebagai Anggota DPR RI, kami akan terus perjuangkan agar pupuk untuk petani kita, tidak hanya petani padi, tapi juga para pekebun sayur, buah-buahan, terus diperhatikan. Tidak hanya harga pupuknya, tapi juga distribusinya; distribusinya sampai, setuju mboten (tidak) Bapak-Bapak?" yang langsung dijawab, "Setuju! Betol!" oleh pekebun yang hadir.

        Wakil Rakyat Partai Demokrat dari Dapil Jatim VII ini juga berpesan agar para pekebun di Desa Dadi tetap semangat bekerja. Sayur-mayur merupakan kebutuhan pokok yang kaya akan gizi, Ibas berharap hasil kebun ini nantinya juga dapat dirasakan anak-cucu agar menjadi generasi yang sehat.

        Baca Juga: Wacana Reshuffle Menteri NasDem Menguat, Demokrat Pasang Badan: Fokus Saja pada Resesi!

        "Selain berkebun juga bisa meningkatkan pendapatan dan ketahanan pangan keluarga, menanam sayur juga bisa menyelamatkan kehidupan. Di masa depan nanti anak-anak kita akan bisa berpikir cerdas dan sehat sehingga ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengubah negara kita menjadi negara yang adil dan makmur," pesan Ibas.

        Ketua Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Boja, Radi, mengucapkan terima kasih kepada Ibas atas kawalan bantuan saluran irigasi untuk Desa Dadi. "Terima kasih Mas Ibas, irigasi ini bisa melancarkan saluran pertanian dan perkebunan untuk kesejahteraan warga Desa Dadi. Kami doakan semoga Pak Ibas diberi panjang umur, kesehatan, dan kelancaran dalam usaha apapun," doa Radi.

        Ratmi mewakili pekebun di Desa Dadi juga bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan Ibas. "Terima kasih pada Mas Ibas, berkat bantuan saluran air dan jalan ke sawah, semua warga Desa Dadi sangat merasakan manfaatnya. Kami tidak bisa membalas kebaikan Mas Ibas, kami hanya bisa mendoakan semoga Mas Ibas selalu sukses, sehat, dan bisa mendukung masyarakat kecil seperti saya," katanya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: