Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Social Media Manager?

        Apa Itu Social Media Manager? Kredit Foto: Unsplash/William Hook
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Social Media Manager adalah seseorang yang dipercaya untuk memantau, mengeksekusi, menyaring, dan mengukur keberadaan media sosial dari suatu produk, merek, perusahaan atau bahkan individu.

        Social media manager membuat dan memelihara promosi merek, informasi perusahaan, dan kampanye pemasaran untuk perusahaan mereka di beberapa jaringan media sosial. Mereka juga menggunakan daftar campaign pemasaran digital untuk memastikan konten yang diterbitkan berada di jalur yang benar sesuai rencana yang sudah dibuat.

        Baca Juga: Apa Itu Cyberwarfare?

        Social media manager juga tahu metrik media sosial terbaik untuk fokus dan menggunakan tools gratis atau berbayar serta menanggapi pertanyaan dan komentar sesuai dengan suara (tone) dan pedoman perusahaan. Social media manager bekerja setiap hari untuk menghasilkan konten baru, dan berinovasi untuk mendorong ide serta format baru dalam mengukur seberapa baik kinerja ide tersebut.

        Social media manager bekerja dengan grup kreatif lainnya seperti pemasaran dan hubungan masyarakat, serta departemen penjualan, untuk mendorong kampanye generasi prospek yang dapat dikonversi oleh tim penjualan menjadi pendapatan. Mereka juga diharapkan dapat mengikuti tren baru bersama dengan berita perusahaan dan industri.

        Sifat dunia media sosial yang serba cepat berarti strategi dibuat dengan bersifat jangka pendek. Sebagian besar perusahaan melakukan tinjauan setiap 90 hari. Sementara rencana mereka bervariasi, mereka juga sering mulai dengan mengidentifikasi target pelanggan dan menetapkan jadwal konten. Social media manager harus melakukan:

        1. Kunci komunikasi sosial

        Peran ini menentukan seberapa sering perusahaan harus memposting di setiap saluran sosial dan bertanggung jawab atas balasan.

        2. Mendukung pengembangan identitas merek

        Mereka menunjukkan "mengapa" yang membantu pelanggan beresonansi dengan organisasi Anda.

        3. Berpartisipasi dalam strategi desain visual

        Baik itu foto profil atau foto tim, manajer media sosial memastikan Anda mencocokkan merek Anda secara visual.

        4. Mendukung strategi promosi

        Social media manager memberi Anda wawasan tentang iklan berbayar, lalu lintas organik, dan pemasaran influencer.

        5. Kompilasi strategi

        Social media manager mendengarkan, merespons, dan terlibat dengan audiens di semua saluran. Ini meningkatkan penjualan dan meningkatkan hubungan pelanggan melalui keterlibatan.

        6. Menetapkan strategi konversi

        Social media manager mempelajari pain point dan kekhawatiran pengikut. Ini membantu mereka menjadikan penggemar sebagai pelanggan.

        Social media manager mirip dengan pakar PR, mereka tahu bagaimana mengomunikasikan karakteristik merek secara positif. Social media manager yang hebat tahu cara membuat konten, menanggapi konsumen, dan melibatkan prospek.

        Dalam ekonomi online yang bergerak cepat, social media manager juga tetap mengikuti tren terbaru di semua saluran sosial. Mereka mengikuti perubahan algoritme dengan cermat dan menyusun strategi pesanan yang sesuai dengan tujuan merek.

        Social media manager bahkan melacak percakapan seputar merek dengan social listening tools. Mereka membantu dalam segala hal mulai dari strategi pembuatan konten, hingga analisis kompetitif. Semakin banyak Anda tahu tentang pelanggan Anda, semakin mudah untuk membuat pesan yang beresonansi.

        Media social manager memfokuskan seluruh energi untuk menguasai ruang media sosial. Mereka menawarkan dedikasi dan perspektif kreatif yang dibutuhkan organisasi online untuk berkembang.

        Pengelola media sosial juga mengukur kinerja mereka, membuatnya lebih mudah untuk melacak perjalanan merek. Mereka memberikan ikhtisar KPI media sosial penting seperti:

        • Pertumbuhan Pemirsa
        • Keterlibatan Audiens
        • Jangkauan Merek
        • Umpan Balik dan Pemasaran dari Mulut ke Mulut
        • Kualitas dan Tingkat Respon
        • Prospek/Lalu Lintas
        • Tingkat konversi

        Dengan social media manager dan tools yang tepat, sebuah merek akan dengan mudah mengungguli pesaingnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: