Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Nama Wakil Anies Baswedan Dinilai akan Jadi Pemersatu Nasdem-PKS-Demokrat, Sayangnya Sulit Ditemukan

        Nama Wakil Anies Baswedan Dinilai akan Jadi Pemersatu Nasdem-PKS-Demokrat, Sayangnya Sulit Ditemukan Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kesulitan menemukan sosok cawapres Anies Baswedan justru dinilai akan mempersulit soliditas koalisi Nasdem-PKS-Demokrat mengkristal menjadi Koalisi Perubahan Indonesia (KPI).

        Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro mengatakan, titik temu Nasdem-PKS-Demokrat dalam menentukan cawapres Anies sangat mempengaruhi soliditas koalisi ini. 

        Baca Juga: Banyak Dampak Negatif Diterima Nasdem Usai Usung Anies Baswedan, Pengamat Ingatkan untuk Berpikir Ulang

        Menurut Agung, memutuskan nama cawapres Anies akan menjadi pekerjaan terberat, apalagi bila harus sesuai dengan kriteria Anies.

        "Yakni sosok yang bisa mendongkrak suara, mampu menyolidkan koalisi, dan mampu memimpin agar koalisi ini tak layu sebelum berkembang," kata Agung, Ahad (13/11/2022).

        Jika akhirnya, koalisi ini berujung bubar sebelum terbentuk, hanya karena sulit menemukan sosok cawapres Anies, maka Agung melihat, memang ada lobi tingkat tinggi, untuk membubarkan KPI ini. 

        Dan bila itu terbukti, maka semakin dekat arahan bahwa pemilu esok paket pemilih hanya dua pasang saja yang semuanya bermuara pada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) atau Koalisi Indonesia Raya (KIR).

        Baca Juga: Banyak Godaan Politik, Refly Harun Kasih Pesan Penting ke Fans Anies Baswedan: Anda Jangan Terlalu Optimistis, Belanda Sudah Dekat!

        Menurut dia, hal itu bukan tidak mungkin. Karena tekanan ke Nasdem setelah partai besutan Surya Paloh ini mendeklarasikan Anies sebagai capres sangat besar. 

        Berbagai lembaga survei memprediksi penurunan suara Nasdem, bahkan ancaman reshuffle kabinet bagi menteri-menteri Nasdem di Kabinet Presiden Jokowi pun terus dimunculkan.

        Bahkan Presiden Joko Widodo tidak menghadiri HUT Partai Nasdem pada Jumat (11/11/2022), bahkan ucapan video dari Jokowi-pun tidak ada.

        Realitas politik tadi semakin memperkuat dugaan banyak kalangan bahwa hubungan Nasdem-Presiden Jokowi sedang berada di titik terendah (down) setelah selama ini berlangsung intim (up).

        Baca Juga: Berfoto dengan Anies Baswedan, Gerindra Sampai Harus Klarifikasi Posisi Aulia Rachman: Beliau Tegak Lurus Dukung Prabowo Presiden 2024

        "Sayangnya relasi tersebut bertepuk sebelah tangan. Karena sebagaimana pidato Ketua Umumnya, Surya Paloh, masih menganggap Presiden Jokowi sebagai teman, namun sebaliknya ini tak bersambut oleh Jokowi," jelas Agung.

        Agung menilai, Jokowi sepertinya benar-benar tidak ingin meng-endorse Anies di acara HUT Nasdem tersebut, sebagaimana Jokowi lakukan kepada Prabowo dan Airlangga di beberapa kesempatan. 

        Sehingga dimaknai, Jokowi juga tidak ingin Nasdem mendapatkan Coattail Effect dari Anies, bila sanjungan itu disampaikan Jokowi, layaknya sanjungan Jokowi kepada Prabowo dan Airlangga.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

        Bagikan Artikel: