WOW effect adalah kemampuan untuk memukau pelanggan sehingga pelanggan tertarik membeli produk atau bahkan berlangganan.
Produk yang dijual, layanan yang ditawarkan, atau harga yang diiklankan dapat menimbulkan kejutan atau daya tarik. Mana pun yang benar, efek wow menciptakan pengalaman membeli yang jauh lebih memuaskan bagi pelanggan. Dalam jangka menengah dan panjang, mencapai efek wow meningkatkan klien dan keuntungan.
Selanjutnya, volume klien setia akan lebih besar, yang membantu meningkatkan jangkauan perusahaan e-commerce melalui ulasan online dan dari mulut ke mulut. Dengan mengejutkan pelanggan Anda, Anda menarik emosi mereka, bukan pemikiran rasional mereka. Oleh karena itu, hambatan bagi mereka untuk membeli produk lebih sedikit, dan mereka akan lebih puas dengan pembelian tersebut.
Baca Juga: Apa Itu Cloud Kitchen?
Salah satu cara untuk mencapai efek wow bagi pelanggan Anda melalui penetapan harga adalah dengan menawarkan harga yang unik dan menarik kepada mereka yang memiliki hubungan paling dekat dengan merek tersebut.
Anda perlu memiliki basis data yang tersegmentasi dengan baik dan kemudian dengan hati-hati menganalisis karakteristik dan perilaku dari berbagai persona pembeli Anda. Dengan menggunakan informasi ini, Anda dapat mengirimkan penawaran yang dipersonalisasi kepada pelanggan yang cenderung melakukan pembelian baru. Anda dapat mengirimkan penawaran ini melalui email atau push notification.
Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa:
- Produk memenuhi harapan pelanggan.
- Informasi tentang karakteristik barang, biaya dan waktu pengiriman, serta kondisi pengembalian jelas dan transparan.
- Desain dan kemasan website dibuat semenarik mungkin. Anda bahkan dapat menambahkan item yang dipersonalisasi.
- Layanan pelanggan efektif dan gesit.
Efek WOW juga menjadi moment of wonder yang akan diingat klien Anda. Efek WOW adalah gerakan kecil, perhatian pada detail khusus, atau tindakan lain apa pun yang mungkin membuat klien Anda merasa penting dan melampaui harapannya.
Namun, menurut beberapa penelitian, efek WOW terjadi, dengan proporsi lebih dari 75%, di menit-menit terakhir rapat atau acara. Ketika Anda mengetahui harapan klien Anda, Anda lebih siap untuk menciptakan efek WOW dengan mudah. Jadi, cari tahu apa yang diinginkan klien dari Anda.
Meski demikian, membuat WOW effect tidak mudah, karena butuh kreativitas agar saat mengeluarkan brand baru, branding yang bisa diciptakan terdapat WOW effect di market yang akhirnya memberikan hasil yang baik.
Misalnya, membuat produknya lebih menarik, seperti croffle, di mana croissant dibentuk jadi waffle. Atau bakso beranak, bakso lobster, dan lain sebagainya. Bisa juga dibuat dari harga yang murah meriah, atau porsi yang menggunung dan ekstrim. Selain itu, bisa juga 'menjual' tempat yang cozy dan asyik untuk nongkrong.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: