Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Positive Self Talk?

        Apa Itu Positive Self Talk? Kredit Foto: Unsplash/Zac Ong
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Positive Self Talk adalah berbicara dengan diri sendiri dengan kalimat-kalimat positif untuk mendukung dan memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri. Sebaliknya, self-talk negatif melibatkan penggunaan ungkapan menghakimi dan menyalahkan dalam pikiran Anda.

        Positive Self Talk akan menjadi dialog internal yang membuat seseorang merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Seseorang dapat menggunakan Positive Self Talk untuk berpikir secara optimis dan merasa termotivasi. Mengidentifikasi self-talk negatif adalah langkah pertama untuk berpikir lebih positif.

        Berpikir positif dan optimisme dapat menjadi alat manajemen stres yang efektif. Memiliki pandangan hidup yang lebih positif dapat memberi Anda beberapa manfaat kesehatan. Misalnya, satu studi tahun 2010 menunjukkan orang yang optimis memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

        Baca Juga: Apa Itu Toxic Positivity?

        Self-talk dapat meningkatkan kinerja dan kesejahteraan umum Anda. Misalnya, penelitian menunjukkan self-talk dapat membantu performa atlet. Ini dapat membantu mereka dengan daya tahan atau kekuatan melalui serangkaian beban berat.

        Positive Self Talk membutuhkan latihan jika itu bukan naluri alami Anda. Jika Anda umumnya lebih pesimis, Anda dapat belajar mengubah dialog batin Anda menjadi lebih menyemangati dan membangkitkan semangat.

        Positive Self Talk dapat membantu Anda meningkatkan pandangan hidup. Positive Self Talk juga dapat memiliki manfaat kesehatan positif yang bertahan lama, termasuk peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup yang lebih baik.

        Jika Anda cenderung memiliki self-talk negatif dan berbuat salah di sisi pesimisme, Anda dapat belajar mengubahnya. Meski membutuhkan waktu dan latihan, tetapi Anda dapat mengembangkan self-talk positif yang membangkitkan semangat.

        Jika ternyata Anda tidak berhasil sendirian, bicaralah dengan terapis. Pakar kesehatan mental dapat membantu menentukan sumber pembicaraan diri yang negatif. Tanyakan penyedia layanan kesehatan untuk rujukan ke terapis, atau minta saran dari teman atau anggota keluarga.

        Seperti yang disarankan oleh penelitian, self-talk yang positif penting karena sejumlah alasan.

        Dari membantu mengatasi kinerja sehari-hari, menengahi kecemasan dan depresi, hingga pembelajaran yang lebih efektif: self-talk yang positif dapat membuat dunia berbeda. Berikut tiga manfaat Positive Self :

        1. Membantu Mengurangi Stres

        Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang lebih condong ke arah berpikir optimis, juga lebih condong ke Positive Self Talk dan menggunakan strategi koping yang lebih aktif ketika menghadapi situasi dan tantangan yang penuh tekanan (Iwanaga, Yokoyama, dan Seiwa, 2004).

        Positive Self Talk membantu Anda membingkai ulang cara Anda melihat situasi stres, memahami bahwa Anda mendekati tantangan dengan kemampuan terbaik. Apa pun hasilnya, Anda melakukan yang terbaik yang Anda bisa. Mengatasi situasi ini dengan pola pikir 'Saya bisa melakukan ini' daripada pola pikir negatif, membuka cara berpikir dan pemecahan masalah yang baru.

        2. Membantu Meningkatkan Keyakinan dan Ketahanan

        Mendekati kehidupan dengan pendekatan Positive Self Talk dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Individu yang mendapat skor tinggi untuk optimisme dan harga diri yang positif lebih mungkin untuk mencapai tujuan, mendapat nilai bagus dan pulih dengan cepat dari sakit (Lyubormisky, 2008).

        Positive Self Talk secara teratur dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri dalam menghadapi pencapaian tujuan Anda, karena Anda menanamkan keyakinan bahwa hal-hal yang Anda inginkan dapat dicapai, dan ketika masalah muncul, Anda menemukan solusi.

        3. Membantu Membangun Hubungan yang Lebih Baik

        Anda mungkin menyadari bagaimana rasanya berada di sekitar seseorang yang positif, percaya diri, dan puas dengan diri mereka sebagai pribadi. Mereka memancarkan kepercayaan diri, dan itu mencerminkan secara positif orang-orang di sekitar mereka.

        Orang yang menggunakan Positive Self Talk juga sangat mampu menangkap sifat-sifat positif orang-orang di sekitar mereka.

        Pikirkan self-talk sebagai suara hati Anda. Meskipun Anda mungkin tidak berfokus pada hal itu sebelumnya, Anda telah mempraktikkan self-talk sepanjang hidup Anda.

        Positive Self Talk adalah monolog batin yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri dan segala sesuatu yang terjadi dalam hidup Anda. Itu adalah suara optimis di kepala Anda yang mendorong Anda untuk melihat sisi baiknya, bangkitlah saat Anda jatuh dan kenali saat Anda gagal.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: