Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Belajar dari Transmart, Gimana Cara Membuat Bisnis Retail Lebih Bergairah? Simak!

        Belajar dari Transmart, Gimana Cara Membuat Bisnis Retail Lebih Bergairah? Simak! Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Transmart merupakan salah satu gurita bisnis milik CT Corp yang bergerak di sektor ritel. Namun, dipengaruhi oleh sejumlah faktor, mulai dari pandemi hingga perubahan kebiasaan berbelanja masyarakat, bisnis retail seperti Transmart kini seakan menjadi lesu dan kurang bergairah. Lantas, apa yang bisa dilakukan?

        Founder Top Coach Indonesia, Tom MC Ifle, menyampaikan bahwa ada berbagai hal yang dapat dipelajari dari transformasi Carrefour menjadi Transmart. Salah satunya ialah mendengar Voice of Customer. Artinya, perusahaan harus mengetahui apa yang dipilih dan disukai oleh pelanggan sehingga ketika melakukan transformasi, transformasi tersebut menjadi lebih relevan.

        Baca Juga: Blusukan ke Transmart yang Kini Makin Sepi Pengunjung, Ada Apa Gerangan?

        "Ketika transformasi tidak sesuai dengan preferensi customer atau customer tidak bisa menerima, penurunan penjualan pasti akan terjadi. Tapi saya percaya, perusahaan sebesar Transmart sudah melakukan riset ini dan keputusan terbaik sudah diambil waktu itu," tegas Tom dalam YouTube pribadinya bertajuk "Sad Ending! Transmart Tumbang, Apakah Menyusul Giant?" disimak pada Senin, 20 Februari 2023.

        Ia menambahkan, menciptakan retail excitement melalui konsep shopping therapy dapat dilakukan untuk membuat bisnis retail menjadi lebih bergairah. Shopping itu bukan hanya sebuah cara untuk memenuhi kebutuhan, tetapi shopping adalah salah satu cara untuk relaksasi bagi banyak orang.

        "Banyak orang pergi ke mall just to get relaxition, melupakan masalah sementara dengan cara cuci mata. Kalau retail Anda tidak menarik, tidak seru, tidak terawat, pengunjung tidak merasa terhibur, mereka akan berhenti untuk berkunjung ke lokasi Anda," tegasnya lagi.

        Baca Juga: Dongkrak Kewirausahaan, Ratusan Siswa SMA/SMK Unjuk Gigi Soal Bisnis Perusahaannya di Bandung

        Beberapa tips ini dapat diaplikasikan untuk menciptakan retail excitement bagi bisnis Anda.

        1. Tema yang Unik dan Menarik

        Setiap bulan harus punya tema yang menarik. Buatlah tema-tema unik dan menarik, misalnya festival musiman musim Chinese New Year, musim Valentine, musim Natal, musim Ramadan, semua bisa didesain musiman. Tema-tema menarik akan membuat event retail Anda lebih memikat pelanggan.

        2. Special Offer

        Special offer, buatlah program khusus seperti diskon, hadiah, kompetisi yang akan membuat event retail Anda menjadi lebih menarik untuk pelanggan dan yang berpotensi viral serta dibahas oleh customer Anda maupun calon customer lainnya.

        3. Kelas Seminar

        Buatlah kelas-kelas seminar, contohnya cooking class supaya pelanggan Anda bisa langsung mencoba mencoba masak berdemo kemudian dapat pengetahuan. Cooking class membuat orang mau mencoba untuk masak dan membeli produk selama masih di dalam toko.

        Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Edward Roski Jr, Mantan Marinir yang Teruskan Bisnis Properti Sang Ayah

        4. Kolaborasi dengan Influencer atau Brand

        Kolaborasi ini bisa membantu mengangkat brand dan membawa market baru ke dalam retail Anda.

        5. Sering Mengganti Atmosfer

        Atmosfer di dalam retail itu membawa energi, atmosfer membuat orang merasa happy. Atmosfer bisa berupa desain musik, pemandangan, dekorasi, pencahayaan atau bahkan dandanan karyawan Anda dibuat lebih menarik, misalnya baju Spiderman atau baju superhero. Tidak ada batasan kreativitas untuk membuat retail anda lebih seru.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Lestari Ningsih
        Editor: Lestari Ningsih

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: