Menteri Hadi Tjahjanto: Hotline Pengaduan ATR/BPN Kini Terintegrasi dengan Kantor BPN di 34 Provinsi
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meluncurkan Layanan Hotline Pengaduan yang terhubung ke 34 provinsi di Indonesia.
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto didampingi Wakil Menteri (Wamen) ATR/BPN, Raja Juli Antoni, secara resmi meluncurkan Hotline Pengaduan yang tidak hanya ada di pusat.
Baca Juga: Luncurkan Tujuh Layanan Cepat, Hadi Tjahjanto: 79% Layanan ATR/BPN Kini Bisa Online
"Hotline Pengaduan Pusat telah menerima 24.745 percakapan. Hal ini menunjukan masyarakat membutuhkan kanal pengaduan," ucap Hadi dalam keteranganya, Selasa (7/3/2023).
"Memang ada kendala waktu respons karena membutuhkan kontirmasi dan pendalaman data ke kantor-kantor wilayah. Kini insyaallah akan lebih cepat karena kita sudah mengintegrasikan seluruh Kanwil dalam sistem ini," tambahnya.
Setelah diluncurkan tahun lalu di level pusat, hotline pengaduan 0811-1068-0000 merupakan kanal yang diminati masyarakat untuk menyampaikan pengaduan terkait pelayanan Kementerian ATR/BPN. Tahun ini, hotline pengaduan diintegrasikan dengan 33 Kanwil agar tindak lanjut pengaduan menjadi lebih cepat dengan desentralisasi ini.
"Dengan Integrasi Hotline ini tak ada lagi jarak ruang dan waktu antara masyarakat dengan Kementerian ATR/BPN," ucap dia.
Menteri Hadi menegaskan, persiapan integrasi hotline sampai level Kanwil sudah dipersiapkan dari awal tahun 2023 dengan pembentukan admin hotline per Kanwil pada bulan Januari dan pelatihan admin hotline pada bulan Februari.
"Ke depan rencananya integrasi hotline akan sampai pada level Kantah, diharapkan makin rendah level integrasi hotline maka makin cepat pengaduan masyarakat itu mendapat tindak lanjut," teganya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum