Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Layanan Ninja Xpress Seller Booster Optimalkan Penjualan UKM selama Ramadan 2023

        Layanan Ninja Xpress Seller Booster Optimalkan Penjualan UKM selama Ramadan 2023 Kredit Foto: Ninja Xpress
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi di Indonesia, Ninja Xpress, mencatatkan pengiriman lebih dari 30% pada periode Ramadan tahun 2023 dibandingkan dengan periode yang sama pada hari biasa.

        Dilansir dari keterangannya pada Senin (15/5/2023), layanan Ninja Xpress Seller Booster yang terdiri dari Creative Business Solutions juga mendukung usaha kecil mikro (UKM) melalui live selling, endorsement, serta foto dan video produk di Creative Hub. Layanan ini dipercaya dapat membantu pelaku UKM meningkatkan penjualan mereka selama Ramadan tahun ini.

        Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress, Andi Djoewarsa menjelaskan bahwa adanya layanan tersebut dapat menjadi solusi pemasaran. 

        Baca Juga: J&T Express Lanjutkan Ekspansinya ke China dengan Akuisisi Rp2 Triliun

        "Seiring dengan meningkatnya akselerasi transformasi digital, pelaku UKM atau Shipper Ninja Xpress mempercayakan inovasi pemasaran bisnisnya kepada Ninja Xpress melalui layanan Ninja Xpress Seller Booster. Layanan ini hadir untuk membantu shipper mengembangkan bisnis mereka dengan memberikan solusi pemasaran. Ninja Xpress juga mencatatkan peningkatan jumlah pengiriman dibandingkan hari biasa. Selama Ramadan hingga Idulfitri lalu customer service kami tetap beroperasi penuh untuk memberikan respons cepat dan resolusi tepat bagi setiap kebutuhan shipper.”

        Berdasarkan catatan Ninja Xpress, lebih dari 90% paket yang dikirim Ninja Xpress pada periode Ramadan 2023 merupakan paket berukuran kecil (20x11x7cm) yang didominasi kosmetik, aksesoris fashion seperti baju, jam tangan, kacamata, sepatu dan lain-lain. Kategori jenis paket lainnya dibagi menjadi paket medium (30x20x12cm) dan paket besar (35x30x20) mengalami peningkatan lebih dari 10% selama Ramadan tahun ini. 

        Selama Ramadan 2023, UKM/shipper Ninja Xpress dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah menjadi daerah pengiriman terbanyak. Sementara, Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah menjadi daerah tujuan pengiriman terbanyak selama Ramadan 2023.

        Layanan Ninja Xpress Seller Booster membantu shipper menjalankan operasional bisnis dari awal hingga akhir (end-to-end solution), sehingga mereka dapat mengefisienkan biaya sekaligus membantu naik kelas. Shipper dapat memanfaatkan layanan ini untuk mengadopsi tren penjualan terkini, seperti live selling, endorsement, hingga membuat foto dan video produk secara profesional untuk meningkatkan penjualan.

        Marketplace Specialist PT Ethix Distribusi Nusantara, Gita yang menjadi salah satu shipper Ninja Xpress mengatakan layanan Ninja Xpress Seller Booster, khususnya live selling membantu menyelesaikan tantangan-tantangan yang dihadapi selama proses tersebut berlangsung.

        "Ada dua produk herbal yang menggunakan layanan live selling dari Ninja Xpress, yaitu Freshmag dan Etawalin. Sebelumnya, kami pernah live selling menggunakan vendor lain namun kami memilih menggunakan layanan live selling Ninja Xpress yang menyediakan alat-alat yang lengkap, host yang professional, hingga studio yang real dan bukan green screen, sehingga hasilnya lebih bagus dan memuaskan. Bahkan, perbandingan penjualannya mencapai 10:80 persen, dibandingkan saat live selling menggunakan vendor sebelumnya," jelas Gita.

        Shipper lainnya, Mafa Co dan Ghazmart yang merupakan shipper Ninja Xpress menggunakan fasilitas foto produk dan endorsement dari Ninja Xpress untuk meningkatkan penjualan dan mengalami peningkatan pemesanan produk signifikan selama Ramadan.

        "Kami menggunakan foto dan video produk di Creative Hub Ninja Xpress untuk konten iklan di Facebook Ads. Hasilnya, ada perubahan dari segi CTR (rasio klik-tayang) lebih bagus dan konversi penjualan yang meningkat. Bahkan selama Ramadan, penjualan produk naik drastis minimal 100-200 pengiriman, dibandingkan dengan hari biasanya yang hanya 100 pengiriman," ungkap owner Mafa Co, Yadi.

        Owner Ghazmart, Faza Triawan menyampaikan hal yang sama. Menurutnya, layanan endorsement dari Ninja Xpress membantu untuk meningkatkan branding dan penjualan produk mereka.

        "Penjualan produk kami setiap bulannya meningkat. Salah faktornya karena menggunakan endorsement dari Ninja Xpress. Melalui endorsement, produk kami semakin dikenal dan kami bisa mempunyai konten dengan influencer terkenal yang dapat digunakan untuk iklan di media sosial," jelas Faza.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Nadia Khadijah Putri
        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: