Semakin maraknya aktivitas masyarakat setelah pandemi membuka peluang pertumbuhan bisnis consumer goods produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Salah satu merek dagang AMDK, yaitu Cleo, yang diproduksi oleh PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) secara agresif terus memperkenalkan brand dan turunannya kepada masyarakat melalui berbagai aktivitas pemasaran, baik above the line maupun below the line.
Pihak perusahaan tidak hanya berfokus pada pengembangan segmen general trade tetapi juga mulai banyak di modern trade yang sejalan dengan jumlah pabrik dan jaringan distribusi yang setiap tahun dibuka di Indonesia dalam rangka meningkatkan penetrasi produk di setiap daerah.
Dalam lima tahun terakhir, Cleo telah membuka tujuh pabrik baru yang telah beroperasional dan secara konsisten terus menambah kapasitas pabrik existing-nya dan menambah ribuan outlet serta distributor agar produk-produk Cleo lebih mudah disebarkan.
Baca Juga: Cleo Festival Kuliner Terbesar di Bandung Tebar Hadiah Hingga Ratusan Juta Rupiah
Sejalan dengan perkembangan situasi tersebut, strategi perolehan pangsa pasar Cleo dengan cara menggelar promosi melalui berbagai event, termasuk menjadi sponsor air minum tunggal pada beberapa acara konser di berbagai tempat di Indonesia, juga semakin banyak dilakukan.
Sementara itu, antusiasme masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan luar ruangan telah menghasilkan lonjakan permintaan air minum dalam kemasan untuk dikonsumsi saat bepergian. Pada semester pertama tahun 2023, Cleo berhasil mencatatkan pertumbuhan meroket melampaui rata-rata industri dengan kenaikan penjualan hingga 14,9% ke angka Rp752,3 miliar.
Pada kuartal kedua tahun ini, kinerja Cleo lebih unggul dari kuartal pertama dengan adanya lonjakan penjualan hingga 14.6% menjadi Rp401,8 miliar. Hal ini sejalan dengan adanya momen Hari Raya Idul Fitri pada kuartal kedua 2023 dan peningkatan aktivitas di luar ruangan yang berdampak positif terhadap permintaan produk perusahaan.
Di sisi lain, Cleo juga sukses membukukan peningkatan laba bersih hingga 23,2% menjadi Rp126,1 miliar dengan net profit margin di level tertinggi sebesar 16,8%.
Baca Juga: Niat Lakukan Ekspansi, CLEO Terima Kucuran Dana Rp300 Miliar dari BNI
“Salah satu kesuksesan kami dalam menjalani bisnis ini adalah karena kita terus berinovasi untuk menciptakan produk baru, membangun pabrik, jaringan distributor, hingga meningkatkan automasi dan efisiensi setiap pabrik. Kami harapkan, pertumbuhan positif terus menerus ini akan terus berlangsung dimana masyarakat mulai paham manfaat memilih Cleo sebagai air minum utama mereka,” kata Direktur Utama Cleo, Melisa Patricia, dalam keterangan pers, dikutip Sabtu, 2 September 2023.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Yohanna Valerie Immanuella
Editor: Yohanna Valerie Immanuella
Tag Terkait: