Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tambah Armada, CLEO Suntikkan Dana Segar Rp180 Miliar ke PT SPS

Tambah Armada, CLEO Suntikkan Dana Segar Rp180 Miliar ke PT SPS Press Release | Penjualan CLEO Naik 24% YoY di Semester 1 2022 | PT Sariguna Primatirta Tbk | Kredit Foto: Siaran Pers/PT Sariguna Primatirta Tbk
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group), emiten produksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek CLEO, melakukan integrasi vertikal atas supply chain bisnis distribusi yang selama ini dijalankan PT Sentralsari Primasentosa (SPS). Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Independen CLEO pun telah menyetujui rencana akuisisi PT SPS tersebut pada tanggal 22 Desember 2023, di Voza Office Tower, Surabaya.

Untuk akuisisi yang akan dilakukan dalam rangka pengintegrasian bisnis tersebut, PT SPS akan menerbitkan 100.000 lembar saham baru (setara dengan 80% kepemilikan saham) pada kuartal IV 2023, sehingga bisa mendapatkan suntikan dana segar dari CLEO sebesar Rp180 miliar.

Baca Juga: Populasinya Mencapai 4,19 Juta, Ini Sederet Dukungan Keras Kemenperin terhadap IKM

Proses transaksi akuisisi ini telah mendapatkan opini kewajaran (fairness opinion) dari Kantor Jasa Independen tersebut. Adapun dana segar sebesar Rp180 miliar di PT SPS akan digunakan untuk menambah armada kendaraan distribusi.

“Harapan kami, langkah integrasi ini akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja perseroan, sehingga akan menghasilkan percepatan pertumbuhan kinerja perseroan. Karena selain akan mendukung pengembangan usaha SPS itu sendiri, pengintegrasian ini juga otomatis akan meningkatkan kemampuan CLEO dalam melakukan penetrasi pasar," kata Melisa Patricia, CEO CLEO.

Memiliki 342 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan didukung oleh ribuan armada, PT SPS merupakan perusahaan distribusi fast moving consumer goods (FMCG), dengan produk utamanya yang didistribusikan yaitu produk CLEO ke seluruh Indonesia.

Baca Juga: Mengetahui Apa itu Bromat di AMDK dan Dampaknya Bagi Tubuh

Sementara itu, untuk memenuhi permintaan dari kalangan hotel, restoran dan cafe premium, perseroan telah merilis produk terbaru, Cleo Platine Sparkling Water. Berbeda dengan produk-produk sebelumnya, produk baru ini ditujukan untuk segmen konsumen kelas atas.

“Pasar untuk produk kelas premium memang tidak sebesar kelas menengah dan bawah, tetapi kami yakin produk terbaru ini akan sukses karena pasar untuk segmen ini terus bertumbuh terutama di Surabaya, Jakarta, Bali dan Lombok. Ini sejalan dengan peningkatan aktivitas di masyarakat seperti pertemuan bisnis serta di sektor perhotelan,” kata Melisa.

Rilisnya produk terbaru Cleo Platine Sparkling Water tersebut, ditambah adanya siklus musiman kenaikan penjualan pasca liburan Natal dan Tahun Baru, CLEO menargetkan pertumbuhan kinerja kuartal empat akan lebih baik daripada kuartal tiga 2023.

Baca Juga: Program Water Credit Membuka Akses Warga Terhadap Air Minum dan Sanitasi

Kepiawaian CLEO dalam mengembangkan bisnis air minum khususnya dalam memasarkan produk-produknya sendiri telah mendapatkan pengakuan dari pihak luar. Dalam hal ini, pada Kamis tanggal 7 Desember 2023, perseroan baru saja memperolah Award Premium Emiten dalam kategori Air Minum pada acara Penghargaan Public Company Entrepreneurial Marketing Awards 2023.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Advertisement

Bagikan Artikel: