Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berhasil Terapkan Strategi, CLEO Tingkatkan Perolehan Laba Q3-2023 hingga 35,7%!

Berhasil Terapkan Strategi, CLEO Tingkatkan Perolehan Laba Q3-2023 hingga 35,7%! Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) yang menjadi bagian dari Tanobel Group berhasil mencatatkan pertumbuhan laba hingga double digit. Berdasarkan keterangan pers yang dirilis secara resmi, dilaporkan bahwa pada kuartal ketiga tahun 2023, produsen Air Minum dalam Kemasan (AMDK) itu membukukan keuntungan sebesar Rp204,8 miliar alias melesat 35,7% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Kembali normalnya aktivitas masyarakat pascapandemi, ditambah dengan penetrasi pasar baru yang dilakukan, sukses mengantarkan CLEO pada pencapaian pertumbuhan pendapatan yang mengesankan melampaui rata-rata industri. Selama sembilan bulan pertama 2023 ini, perusahaan itu mencatatkan penjualan sebesar Rp1,15 triliun atau setara dengan peningkatan 13,6%.

Baca Juga: PGEO Cetak Laba Rp2,065 Triliun di Kuartal III-2023, Lampaui Laba 2022

Laba kotor CLEO melonjak 24% ke angka Rp487,9 miliar dengan margin kotor tetap stabil di angka 42,3%. Margin kotor yang stabil ini didukung oleh stabilitas harga bahan plastik, mengingat biaya bahan plastik menyumbang sekitar 90% dari biaya bahan baku CLEO. Dalam hal ini, perusahaan itu melihat bahwa harga bahan plastik akan tetap stabil karena adanya kelebihan pasokan PET di seluruh dunia.

“Pertumbuhan laba bersih dua digit yang berkelanjutan dapat kami raih, terutama karena didorong oleh strategi CLEO untuk memperluas kehadiran di seluruh Indonesia sambil menjaga komitmennya untuk menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi, serta memanfaatkan jaringan distribusi in-house yang luas. Selain itu, pelaksanaan proses produksi dan distribusi yang dilakukan secara terintegrasi telah memungkinkan CLEO untuk meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan manajemen biaya, serta melakukan upaya pemasaran yang efektif,” kata Melisa Patricia, CEO dari CLEO.

Lebih jauh, seiring dengan adaptasi yang dilakukan perusahaan terhadap situasi pascapandemi, penjualan produk air minum dalam kemasan botol CLEO tercatat sebesar Rp635,1 miliar atau meningkat 27,5%. Produk dalam kemasan botol ini berkontribusi hingga 55,1% dari total penjualan CLEO pada Januari-September tahun ini, meningkat dari 43,2% pada periode yang sama tahun lalu. Sementara tu, penjualan produk non-botol juga tumbuh secara konsisten; meningkat 1,9% menjadi Rp510,6 miliar.

Baca Juga: Yakin Prospek Bisnis Cerah, INET Cetak Pertumbuhan Laba Bersih Hingga 40%

Kinerja mengesankan kali ini menjadi semakin sempurna dengan keberhasilan CLEO dalam meraih penghargaan Anugerah Merek Indonesia tahun 2023 yang diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly, pada tanggal 25 Oktober 2023. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka Festival Merek tahun 2023 yang digelar Ditjen Kekayaan Intelektual di Kompleks Kemenkumham di Jl. H. R. Rasuna Said Kav 8-9.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Yohanna Valerie Immanuella
Editor: Yohanna Valerie Immanuella

Advertisement

Bagikan Artikel: