Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Menteri Basuki: IKN Dibangun Demi Masa Depan Generasi Muda Indonesia

        Menteri Basuki: IKN Dibangun Demi Masa Depan Generasi Muda Indonesia Kredit Foto: Kementerian PUPR
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa pembangunan IKN Nusantara ditujukan untuk para generasi muda dan kemajuan Indonesia di masa yang akan datang. 

        “Tugas Kementerian PUPR yang diberikan oleh Bapak Presiden Jokowi adalah membangun infrastruktur dasar IKN, seperti jalan, air minum, sanitasi, dan sampah. Kemudian juga kantor pemerintah, tempat peribadatan, kantor presiden, istana dan lain-lain. Dan ini kawasan masa depan, future smart forest city yang dibangun untuk anak-anak muda Indonesia,” jelas Basuki, dikutip Minggu (24/9/2023).

        Baca Juga: Telkomsel Dukung Malam Apresiasi Nusantara di IKN, Pastikan Kesiapan Akses Jaringan dan Layanan Broadband

        Lebih lanjut, Basuki mengungkapkan bahwa saat ini Kementerian PUPR tengah memprioritaskan pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke kawasan IKN Nusantara.

        Hal ini dalam rangka mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN Nusantara yang saat ini sekitar 2 jam. Setelah nanti jalan tol tersambung, diperkirakan waktu tempuh hanya sekitar 30-45 menit.

        “Progress pembangunan IKN Nusantara sekitar 40%. Dan pada tahun 2024 nanti saya akan jadi salah satu yang pertama kali datang dan tinggal disini. Kita harus semangat karena bukan hanya pembangunan fisik saja yang kita kejar, tetapi juga kualitas. Kami akan memastikan infrastrukturnya layak huni,” tambah Basuki.

        Ada pun hal tersebut Basuki sampaikan saat menghadiri malam Apresiasi Nusantara yang diselenggarakan di City Hall IKN (Kawasan Titik Nol Nusantara), Kalimantan Timur.

        Baca Juga: Jokowi Hingga Sri Mulyani Camping di IKN, Pantau Progres Pembangunan dari Atas Bukit

        Acara ini digelar sebagai salah satu upaya memperkenalkan IKN Nusantara dan progresnya kepada masyarakat, khususnya sekitar IKN Nusantara. 

        Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi berterimakasih kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama yang berada di sekitar IKN Nusantara, dan telah memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan pembangunan demi terwujudnya IKN Nusantara. 

        Baca Juga: Sudah Ada Investor Tanam Duit di IKN Senilai Rp20 Triliun

        “Terima kasih juga sebesar-besarnya pada seluruh pekerja konstruksi yang hadir pada malam ini, yang telah bekerja siang dan malam untuk segera menyelesaikan pembangunan IKN yang sangat besar. Dan kita harapkan tahun depan kita sudah bisa upacara 17 Agustus di IKN Nusantara,” kata Jokowi.

        Jokowi juga mengatakan bahwa telah dilakukan groundbreaking pembangunan hotel, rumah sakit dan training center Timnas Indonesia yang berada di IKN Nusantara. 

        Baca Juga: Pembangunan Gak Lagi Jawa Sentris, Jokowi: IKN Wujud Pemerataan Ekonomi Indonesia!

        “Atas doa restu Bapak Ibu seluruh masyarakat dan seluruh pekerja di IKN Nusantara, sekali lagi Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih. Dan untuk menyambut Indonesia Emas 2045, kita semua membangun IKN untuk yang muda-muda disini,” tambah Jokowi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Alfida Rizky Febrianna
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: