Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dukung Industri Lokal, Yogya Group Targetkan Penjualan 20 Ribu Produk di Ajang Urban Skena Fest

        Dukung Industri Lokal, Yogya Group Targetkan Penjualan 20 Ribu Produk di Ajang Urban Skena Fest Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Menjelang akhir tahun, Grebe berkolaborasi dengan Yogya Group untuk menargetkan penjualan hingga 20 ribu produk dalam ajang Urban Skena Fest. Kolaborasi ini didasarkan pada keyakinan bahwa berbagai produk lokal yang ditawarkan memiliki kualitas yang setara dengan produk impor.

        Urban Skena Fest, yang diselenggarakan mulai 28 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 di Sumbersari Junction, Bandung, menampilkan sejumlah merek lokal di bidang fashion hingga makanan dan minuman.

        Iwan Setiadi, Managing Director Yogya Group, menyatakan bahwa Urban Skena Fest merupakan terobosan baru bagi Yogya Group, yang selama 40 tahun dikenal sebagai retail dan department store. Acara ini melibatkan lebih dari 30 tenant dari berbagai kategori seperti sneaker, apparel, bag & accessories, perfume, dan food & beverages, yang telah lama berkontribusi di pasar industri lokal.

        "Langkah ini juga sebagai wujud Yogya dan Grebe berpartisipasi untuk terus memajukan kehidupan industri lokal," kata Iwan kepada wartawan di Bandung pada Kamis (28/12/2023).

        Hingga saat ini, Yogya Group telah menjalin kerja sama dengan supplier lokal untuk memenuhi kebutuhan barang dagangannya. Sebanyak 97% produk yang tersedia di outlet Yogya berasal dari mitra bisnis domestik.

        Yogya Group secara aktif membuka peluang bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memasarkan produk mereka di gerai Yogya. Namun, Yogya Group menetapkan standar kualitas tertentu, seperti stabilitas dan keberlanjutan bahan pada produk fashion.

        "Yang paling penting, kualitas produk UMKM itu harus terus di-upgrade karena setiap barang dagangan itu harus melalui kurasi tersendiri. Kita pun sudah memajang produk UMKM dari Soreang, Ciamis, dan Pekalongan di toko Yogya," tegas Iwan.

        Baca Juga: Meski Digempur Produk Impor, Brand Lokal Malah Makin Diminati Masyarakat

        Urban Skena Fest tidak hanya menjadi pameran merek lokal, melainkan juga menawarkan sejumlah kegiatan menarik selama 11 hari ke depan. Aktivitas tersebut meliputi pembagian +50 sneakers gratis setiap hari, cuci sepatu gratis, giveaway sepeda listrik setiap akhir pekan, tantangan 3 poin, pertandingan bola basket 3x3, pertemuan komunitas, talkshow, dan workshop dengan pemilik merek lokal.

        Penampilan langsung dari musisi ternama seperti Nadhif Basalamah, D’Cinnamons, Tuan Tigabelas & Westwew Squad, dan Panji Sakti akan menjadi hiburan tambahan bagi pengunjung Urban Skena Fest.

        Urban Skena Fest terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya tiket masuk. Pengunjung dapat mengunjungi Sumbersari Junction mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB, kecuali pada tanggal 1 Januari 2024, di mana jam operasional dimulai pukul 09.00 WIB.

        "Selain itu akan ada penampilan tambahan dari berbagai macam musisi lokal yang siap mewarnai malam hari di Urban Skena Fest," ujarnya.

        Dengan melihat Grebe sebagai penyelenggara acara yang kreatif dan inovatif, Yogya Group dengan antusias menantikan Urban Skena Fest sebagai konsep yang unik dan menarik.

        “Kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang positif dan menjadi wadah untuk memperluas cakupan dan jangkauan konsumen Yogya Group serta memberikan pengalaman unik. Yogya Group melihat bahwa Urban Skena Fest adalah platform yang tepat untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan brand awareness Yogya Group di kalangan generasi muda yang kreatif dan dinamis,” jelasnya.

        Baca Juga: UMKM Majukan Inklusivitas, Pegadaian Hadir untuk Disabilitas

        Triangga, Ketua Penyelenggara Urban Skena Fest sekaligus Co-Founder Grebe, menjelaskan bahwa melalui tagline #GayaBaru, Yogya Group memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi kreatif dan inovatif terhadap visi dan misi yang akan datang.

        Dalam konteks ini, #GayaBaru dapat menjadi platform yang memungkinkan Yogya Group untuk menyampaikan pesan-pesan kreatifnya kepada audiens yang lebih luas, terutama generasi muda yang aktif dalam ranah digital.

        “Dari awal diskusi langsung dengan Yogya Group, sudah merasakan bahwa ini (Urban Skena Fest) akan menjadi terobosan baru dan akan mengubah citra Yogya yang bakal lebih Gen Z lagi. Jadi gaya baru di Bandung juga di mana orang-orang tidak hanya akan berhenti di Yogya hanya untuk belanja bulanan, tapi juga akan nongkrong bersama teman-teman sambil berdiskusi,” jelasnya.

        Pada kesempatan yang sama, Manager Porto X Prangki Anas menambahkan bahwa sebagai salah satu tenant yang ikut eksis di Urban Skena Fest, brand sepatu Porto X merasa langkah ini menjadi ide yang baik agar brand selalu memiliki gaya baru agar tetap bertahan di tengah persaingan industri lokal.

        "Aktivitas ini (Urban Skena Fest) akan merubah paradigma orang mengenai Yogya; Yogya akan menjadi spot baru untuk berkumpul bagi Gen Z, serta menjadi wadah pertemuan antara Gen Z dengan merek lokal seperti Porto X,” pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: