Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Janji Anies dan Emosi Prabowo, Netizen Sorot Tajam Debat Capres Ketiga

        Janji Anies dan Emosi Prabowo, Netizen Sorot Tajam Debat Capres Ketiga Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Data Analyst Continuum The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Maisie Sagita buka suara terkait dengan penampilan tiga calon presiden (capres) dalam debat capres ketiga, ia menyebut terdapat sejumlah hal yang menarik, khususnya terkait mereka di Pilpres 2024.

        Anies Baswedan tercatat sebagai capres yang paling popular karena mendominasi percakapan media sosial dengan nilai 42,3%. Hal ini disusul oleh Prabowo Subianto dengan nilai 36,2%. Sementara Ganjar Pranowo hanya mendapatkan nilai 21,5%.

        Baca Juga: TPD Gorontalo Yakini Pemilih Jokowi Bakal Migrasi Anies Baswedan

        Namun hal ini bukan berarti kemenangan dimiliki oleh Anies. Maisie menegaskan bahwa menjadi capres popular bukan sama dengan capres yang mendapatkan pandangan positif dari media sosial.

        “Namun menjadi capres paling populer dalam percakapan media sosial bukan berarti paling banyak pula mendapat positivity rate dari netizen,” ungkap Maisie, Senin (08/01).

        Ganjar meski menempati posisi terakhir sebagai capres yang mendominasi percakapan media sosial, ia justru menjadi capres dengan positivity rate paling tinggi dengan nilai 83,63%. Prabowo menyusul dengan nilai 64,51%. Sementara Anies Baswedan mendapatkan nilai 64,47%.

        Adapun sejumlah hal lain yang dinilai netizen adalah sikap-sikap yang ditunjukkan oleh ketiga capres. Anies misalnya ditempatkan sebagai sosok capres yang paling pintar dengan nilai 67,94%.

        Baca Juga: Pasca Debat, Prabowo Paling Ramai Diperbincangkan di Media Sosial

        “Anies dinilai publik sebagai sosok yang mencerahkan. Anies juga dinilai sebagai sosok yang cerdas dan mampu membawa Indonesia menuju perubahan,” ungkapnya.

        "Sementara Ganjar Prabowo juga dinilai netizen sebagai capres yang menguasai materi debat, dilihat dari jawabannya yang cerdas serta sangat menguasai materi,” papar Maisie. 

        Baca Juga: Anies Baswedan Tegaskan Tak Boleh Ada Lagi Rasa Takut Mengkritik Pemerintah

        Namun Prabowo Subianto dinilai sebagai capres yang terlalu emosian oleh 48,76% netizen. Bicara tanpa data (25,54%) dan menyerang pribadi (10,38%). Selain itu, beberapa kali Prabowo membahas data dari paslon lain yang kurang tepat, dari ketika diminta menyampaikan data justru dinilai banyak alasan. 

        Anies juga mendapatkan sorotan negativity rate dari netizen sebagai tukang tebar janji manis (59,35%). Strategi Anies yang menyerang paslon lain juga mendapat sorotan. Serangannya ini dinilai tidak beretika dan hanya bertujuan untuk menjatuhkan (15,20%). 

        Baca Juga: Prabowo Miliki 340 Ribu Hektare, Tapi Separuh Tentara Tak Punya Rumah Dinas, Anies: Itu Harus Diubah

        Netizen turut menyoroti Ganjar Pranowo, ia dinilai terlalu banyak menjatuhkan capres lain (25,01%). Serangannya ini dinilai tidak beretika dan hanya bertujuan untuk menjatuhkan lawan. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Aldi Ginastiar
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: