Danamon Torehkan Pendapatan Operasional Rp14,2 Triliun dan Laba Rp2,3 Triliun periode Januari - September 2024
PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) terus menunjukkan pertumbuhan bisnis yang kuat sepanjang periode Januari hingga September 2024. Keberhasilan ini ditopang oleh empat lini bisnis utama, yaitu Enterprise Banking & Financial Institution, SME Banking, Consumer Banking, serta Adira Finance.
Hal tersebut disampaikan oleh D. Ejima, Direktur Utama Danamon, dalam keterangan resmi pada Rabu (30/10/2024).
Menurut Ejima, total kredit yang mencakup Trade Finance meningkat sebesar 12% secara tahunan (Year-on-Year/YoY) menjadi Rp186,5 triliun. Selain itu, total Dana Pihak Ketiga (DPK) mencatat kenaikan sebesar 14% YoY menjadi Rp148,9 triliun, dan Pendanaan Granular juga tumbuh 11% YoY.
Pertumbuhan ini didukung oleh kualitas aset yang sehat, yang tercermin dari perbaikan rasio Loan at Risk (LAR) sebesar 80 basis points (bps) menjadi 11,5%, serta rasio Non-Performing Loan (NPL) bruto yang membaik sebesar 30 bps menjadi 2,0%. Selain itu, rasio cakupan NPL meningkat menjadi 272,3% dari 252,7% pada tahun sebelumnya.
Kinerja yang solid ini juga tercermin dari pertumbuhan pendapatan operasional sebesar 7% menjadi Rp14,2 triliun per September 2024. Laba operasional sebelum pencadangan (PPOP) tumbuh sebesar 5% menjadi Rp6,3 triliun, yang menghasilkan laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar Rp2,3 triliun.
Pencapaian Danamon tidak terlepas dari berbagai langkah yang hingga saat ini telah dilaksanakan.
Danamon terus berfokus pada pengembangan ekosistem yang disasar serta berkolaborasi dengan induk perusahaannya, MUFG (Mitsubishi UFJ Financial Group), dan anggota grup lainnya sebagai bagian dari One Financial Group. Kolaborasi ini bertujuan memberikan produk keuangan yang holistik dan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Dalam rangka memperkuat jaringan global dan lokal, Danamon menggandeng grup perusahaan seperti Adira Finance, Zurich Asuransi Indonesia, Home Credit Indonesia, dan Mandala Finance.
Pada perayaan ulang tahun ke-68, Danamon menggelar acara "DXPO by Danamon 2024" di Jakarta dan Makassar. Acara ini bertujuan menampilkan kekuatan jaringan luas Danamon beserta grup perusahaannya, yang menyediakan solusi keuangan komprehensif bagi para nasabah.
Selain itu, Danamon melaksanakan serangkaian program tanggung jawab sosial sebagai wujud komitmen terhadap keberlanjutan, salah satunya adalah Program Pengembangan Keterampilan dan Literasi Self-Branding untuk 68 penyandang disabilitas yang bekerja sama dengan Yayasan Sunyi Harapan Indonesia. Inisiatif ini mencerminkan dedikasi Danamon untuk memberdayakan kelompok masyarakat rentan.
Untuk memenuhi kebutuhan nasabah, Danamon meluncurkan produk tabungan Danamon Lebih PRO, yang menitikberatkan pada layanan valuta asing. Bank ini juga memperkuat komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan melalui penyelenggaraan acara perdana MUFG Net Zero World (MUFG N0W) bersama MUFG, yang mendukung transisi energi di Indonesia.
"Pencapaian ini menunjukkan bahwa Danamon berada di jalur yang tepat dalam menjalankan strategi dan investasi untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan. Kami akan terus tumbuh sebagai One Financial Group dan menjadi mitra keuangan terpercaya yang berorientasi pada nasabah," ujar Ejima.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: