PT Taspen (Persero) menegaskan komitmennya untuk menjamin kesejahteraan para peserta, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdampak bencana alam, melalui program-program unggulannya. Salah satunya adalah Program Pensiun Janda/Duda yang telah menjadi sandaran hidup bagi keluarga ASN korban bencana, seperti dalam tragedi tsunami Aceh 2004.
Corporate Secretary Taspen, Henra, mengatakan bahwa program ini tidak hanya menjadi bentuk penghargaan atas dedikasi para ASN, tetapi juga jaminan sosial bagi keluarga mereka. "Program Pensiun Taspen tidak hanya menjadi bentuk apresiasi atas jasa-jasa para ASN selama mengabdi kepada negara, tetapi juga berfungsi sebagai jaminan kesejahteraan bagi keluarga ASN tersebut. Kami berharap program ini dapat terus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi para pensiunan dan keluarganya," ujar Henra, Jakarta, Senin (23/12/2024).
Rahmi Kurniawan (54), salah satu penerima manfaat Program Pensiun Janda/Duda, menceritakan bagaimana program ini membantu kehidupannya setelah kehilangan sang suami, Teuku Abdul Hamid, seorang ASN di Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh.
Baca Juga: Taspen Raih Penghargaan Digital Innovation Berkat Transformasi Layanan
"Masih ada di ingatan momen di mana saya terjebak di antara tumpukan kayu yang sangat tinggi saat tsunami menyerang. Kala itu, saya hanya memikirkan anak dan suami saya, tanpa menyadari bahwa mereka telah tiada. Namun masa itu sudah dua dekade terlewati. Saya sangat bersyukur dengan adanya Program Pensiun Taspen. Program ini sangat membantu saya membiayai hidup sehari-hari," kata Rahmi.
Hingga November 2024, Taspen telah menyalurkan manfaat kepada 1.114.867 penerima Pensiun Janda/Duda dan 48.833 penerima Pensiun Yatim-Piatu di seluruh Indonesia. Dalam pelaksanaannya, Taspen menerapkan layanan 5T, yakni Tepat Administrasi, Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, dan Tepat Tempat.
Langkah ini juga sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk terus mendukung korban bencana melalui solusi terbaik. "Taspen hadir membantu meringankan duka penyintas bencana dan memberikan solusi terbaik pascabencana," ungkap Henra.
Sebagai perusahaan yang telah beroperasi sejak 1963, Taspen terus memperluas inovasi layanan digital melalui Taspen Pesona, yang mencakup Taspen One-Hour Online Service (TOOS), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait: