Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kadin Siapkan Forum Investasi untuk Indonesia Timur

        Warta Ekonomi -

        WE Online, Jakarta - Percepatan pembangunan di kawasan timur Indonesia menjadi prioritas pemerintah guna mengurangi tingkat kesenjangan pembangunan daerah.?Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia khususnya bidang koordinator wilayah timur menilai bahwa diperlukan sebuah kebijakan percepatan pembangunan ekonomi, khususnya pada wilayah timur Indonesia.

        Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum Kadin Koordinator Wilayah Timur Annar Salahuddin dalam Rapat Kerja Nasional dan Trade and Investment Forum Kadin Indonesia Timur di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (25/5/2015).

        "Kami melihat pada sektor pembiayaan, peran perbankan dalam pembiayaan sektor terkait, yaitu energi, mineral, infrastruktur, pangan, dan kelautan harus dilengkapi dengan peran lembaga keuangan mikro dan koperasi," katanya.

        Untuk itu, Kadin Indonesia wilayah timur Indonesia, lanjutnya, akan membentuk PT Investasi Indonesia Timur di mana akan berfungsi sebagai fasilitator berbagai proyek pembangunan yang mencakup kelima sektor ekonomi tersebut.

        "Selain itu, Kadin akan mempersiapkan lembaga East Development Funds di mana tugas lembaga tersebut mengadakan dana pembangunan untuk kawasan timur Indonesia di lima sektor ekonomi tersebut. Kami berharap sinergi secara nyata antara Bank Indonesia dengan lembaga OJK," tambahnya.

        Sebelumnya Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan bahwa sejak orde baru ? pembangunan di wilayah timur selalu terlewat dari perhatian. Baru beberapa bulan yang lalu wilayah timur Indonesia menjadi perhatian banyak pihak sejak dengan dicanangkannya kebijakan maritim oleh Presiden Joko Widodo.

        "Pemerintah Presiden Jokowi telah memberikan arah dan tujuan pembangunan yang jelas, yaitu pembangunan akan dilakukan dari wilayah pinggir. Pembangunan dari daerah pinggir itu akan dilaksanakan dengan memprioritaskan sektor yang melibatkan langsung kehidupan rakyat," kata Suryo.

        Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sebaiknya ekonomi dan industri di wilayah timur dikembangkan dengan pola khusus yang sesuai dengan karakteristik, demografis, dan sosial kultur setempat.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Cahyo Prayogo

        Bagikan Artikel: