Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Gelar Pasar Sayur di Mal, Mendag: Dekatkan Akses Pasar dan Promosi

        Warta Ekonomi -

        WE Online, Jakarta - Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menegaskan pentingnya mendekatkan produsen dengan akses pasar. Hal ini dilakukan dengan melanjutkan pelaksanaan Gelar Buah dan Sayur Lokal yang masih segar, bermutu dan higienis, dengan stok cukup melimpah, dari Mal ke Mal Tahun 2015. Setelah digelar di Mal Alam Sutera dan Mal Kelapa Gading, kini Gelar Buah dan Sayur Lokal dilaksanakan di area lobi street gallery Mal Pondok Indah III, pada 4-5 Juli 2015.

        "Gelar Buah dan Sayur Lokal dari Mal ke Mal Tahun 2015 bertujuan memberikan akses pasar dan promosi, serta meningkatkan daya saing dan jejaring pemasaran," jelas Mendag Rachmat saat meninjau kegiatan ini di Mal Pondok Indah.

        Menurut Mendag, kegiatan ini akan memperkuat transaksi domestik sekaligus memberikan pendidikan bagi masyarakat untuk menggunakan produk buah dan sayur lokal. Kemendag memperkuat pasar dalam negeri melalui fasilitasi para petani dengan memangkas jalur distribusi sehingga komoditas mereka dapat langsung dijual kepada para pengunjung mal/pusat perbelanjaan dengan harga yang lebih terjangkau.

        "Ini langkah strategis yang dilakukan Kemendag," tuturnya.

        Berbagai aneka buah dan sayuran segar dan bermutu baik ini berasal dari Lembang, Cianjur, dan Sukabumi dengan ketersediaan yang cukup banyak. Untuk sayuran di antaranya labu siam, cabe rawit merah, cabe keriting, terong ungu, daun bawang, pucuk labuh, buncis, metimun acar, brokoli, sawi putih, tomat cherry, kol putih, wortel, kabocha merah dan hijau (sejenis labu) dari Cianjur, paprika, jagung kupas dan jagung kulit, ubi cilembu, ubi murasaki, ubi jepang, dan edamame.

        Sedangkan untuk buah-buahan yang dipasarkan seperti mangga harum manis, pepaya california jamu kristal, jambu merah, pepaya kalian, ubi cilembu, ubi murasaki, ubi jepang, edamame, semangka, jambu cicalo merah dan hijau, nanas madu pemalang, serta kesemek dan melon.

        Mendag menegaskan Kemendag akan selalu memfasilitasi dan membina usaha mikro dan kecil agar terus tumbuh dan berkembang sehingga bukan saja dapat meningkatkan pendapatan para petani, tapi juga berkontribusi nyata dalam penyediaan lapangan kerja, membuka wirausaha baru, dan menjadi basis ketahanan ekonomi rakyat.

        Apresiasi Khusus

        Pengelola Pusat Perbelanjaan/Mal serta Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mendukung pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta pengembangan produk dalam negeri melalui fasilitasi area promosi di pusat perbelanjaan. Kepesertaan Gelar Buah dan Sayur Lokal dari Mal ke Mal didukung oleh Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Yayasan Kedaulatan Pangan Nasional (YPKN) ? LEPEK Pangan, dan Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia.

        Dalam kegiatan ini, Mendag Rachmat menyampaikan apresiasi atas partisipasi para pengelola pusat perbelanjaan/mal. Para pengelola mal mampu berperan seperti diamanatkan dalam Permendag No. 70 tahun 2013 yaitu tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern.

        "Ini merupakan kontribusi nyata mereka dalam mendukung pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar dapat terus tumbuh dan berkembang serta mendukung pengembangan produk dalam negeri," ujar Mendag.

        Tak Kalah dengan Produk Impor

        Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Srie Agustina menyampaikan bahwa pemilihan mal/pusat perbelanjaan sebagai lokasi pameran bertujuan untuk mengedukasi konsumen bahwa hasil hortikultura petani Indonesia sehat, aman, dan higines untuk dikonsumsi, serta tidak kalah dengan produk impor.

        "Kemendag ingin mendekatkan hasil produksi hortikultura Indonesia khususnya sayur dan buah lokal ke masyarakat kalangan menengah ke atas dengan penampilan dan penataan barang yang menarik," imbuh Srie.

        Yang menggembirakan, Srie menjelaskan dari kegiatan Gelar Buah dan Sayur Lokal dari Mal ke Mal di Mal Alam Sutera lalu, saat ini Food Hall sedang menjajaki kerja sama dengan YPKN-Lepek Pangan sebagai pemasok buah, sayur, umbi, dan bumbu-bumbu di 27 jaringan Food Hall di seluruh Indonesia. Food Hall menawarkan untuk memasok semua komoditas yang dijual oleh YPKN-Lepek Pangan, yaitu buah-buahan, sayur-sayuran, umbi-umbian, dan bumbu-bumbu.

        Kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan di: Central Park, Grogol Jakarta: 11 - 12 Juli 2015 Lippo Mall Kemang, Jakarta: 1 - 2 Agustus 2015 Gandaria City, Jakarta: 8 - 9 Agustus 2015 Aeon Mall, Serpong: 15 - 16 Agustus 2015 Sumarecon Mal Serpong: 22 - 23 Agustus 2015 Margo City, Depok: 29 - 30 Agustus 2015 Cilandak Town Square, Jakarta: 4 - 5 September 2015 Tamini Square, Jakarta: 19 - 20 September 2015 Senayan City, Jakarta: 26 - 27 September 2015 Mall Puri Indah, Jakarta: 03 - 04 Oktober 2015 Summarecon Mall Bekasi: 17 - 18 Oktober 2015 Bintaro Xchange Mall: 31 Oktober -1 November 2015.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Achmad Fauzi
        Editor: Achmad Fauzi

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: