Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Sumatera Minta Perbankan Tingkatkan Kredit UMKM

Warta Ekonomi -

WE Online, Medan - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional V Sumatera minta perbankan tingkatkan penyaluran kredit ke usaha mikro kecil menengah (UMKM) mengingat kontribusi sektor ini terhadap total kredit hanya 28%.

Kepala OJK Kantor Regional V Sumatera Ahmad Soekro Tratmono mengatakan, selain pertanian dan perkebunan, pangsa pasar UMKM di daerah ini juga cukup besar. Karenanya dia meminta perbankan terus mendorong penyaluran kredit ke sektor itu.

"Kontribusi terhadap UMKM harus ditingkatkan karena sektor itu juga merupakan tulang punggung perekonomian selain pertanian dan perkebunan," katanya di Medan, Kamis (19/5/2016).

Dari OJK, pihaknya sudah meluncurkan beberapa program yaitu Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai), Pusat Edukasi, Layanan Konsumen dan Akses Keuangan UMKM (Pelaku) dan Pusat Pengembangan Keuangan Mikro dan Inklusi (Proksi).

"Seluruh program ini seharusnya bisa diterapkan pada tiap bank. Seperti Laku Pandai sudah diikuti BRI, BCA dan BTPN. Selanjutnya bank bisa menjalankan program lainnya juga," jelasnya.

Soekro mengatakan, pada progam Laku Pandai, bank diharapkan tidak hanya memperbanyak agen tetapi juga bisa menjadi perantara menyalurkan kredit. Berarti secara tidak langsung bank membuka layanan hingga ke tingkat desa. Agen tidak lagi hanya melayani transaksi pembayaran listrik, top up pulsa atau lainnya.

"Perbankan pasti tahu siapa saja agen yang bisa dipercaya menjadi penyalur kredit. Dalam hal ini agen tidak dapat dana dari bank tapi cukup mencari calon kreditur, menyampaikan apa saja syarat-syarat menerima pinjaman dan jika sesuai dengan ketentuan bank, si agen langsung menyampaikan ke bank. Jadi kredit pun bisa disalurkan dengan mudah," jelasnya.

Begitu juga program-program lainnya, perbankan hendaknya bisa menerapkannya dengan baik sehingga intermediasi bank akan semakin baik khususnya untuk sektor UMKM.

"OJK sudah banyak meluncurkan program dalam rangka peningkatan pelayanan dan edukasi keuangan. Selanjutnya adalah bagaimana bank bisa memanfaatkan dan menerapkan program tersebut," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: