Hasil riset Google dan Gfk menyatakan bahwa konsumen Indonesia terlihat mulai beralih ke metode pembayaran. Konsumen mulai beralih dari COD (bayar di tempat) ke internet banking dan transfer ATM karena semakin marak perilaku konsumen Indonesia?berbelanja online.?
Sebelumnya tercatat persentase belanja online di Jakarta cukup tinggi (66%), di Medan (68%), dan Surabaya (71%) bahkan lebih tinggi lagi. Dilihat dari waktu yang dihabiskan untuk belanja online, warga Jakarta (4,7 jam) juga tidak menempati posisi pertama, karena warga Surabaya (5,8 jam) dan Bodetabek (5,2) berbelanja online lebih lama.?
Kemudian secara spesifik, 64% lebih suka mendapatkan info langsung dari toko online, sementara 74% tertarik membeli dengan harga murah.?
Sementara itu, 46% lebih suka mencari info secara online menggunakan mesin telusur, sementara 66% dapat terpikat dengan harga murah. Selain itu, 36% menunjukkan lebih suka mendapatkan info langsung dari merek tapi lebih memilih membayar melalui ATM.
Begitu juga banyak masyarakat Indonesia yang minim pendapatan di mana 58% menunjukkan lebih mementingkan kemudahan dan 74% sangat mengutamakan harga murah.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi
Tag Terkait:
Advertisement