Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bagaimana Cara Pengusaha 'Newbie' Ini Mengudarakan Bisnis Onlinenya?

Bagaimana Cara Pengusaha 'Newbie' Ini Mengudarakan Bisnis Onlinenya? Kredit Foto: CrowdFunder UK
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bagaimana jadinya acar yang pada umumnya memiliki cita rasa asam, kemudian diolah dengan rasa yang unik dan khas India? Tidak dapat membayangkannya bukan? Somey’s Kitchen mampu mewujudkannya dan digemari masyrakat di India.

Somey's Kitchen adalah produsen makanan pemula yang berfokus pada makanan unik dan khusus dalam masakan India. Dengan markas besar di Inggris dan operasi di India, Somey's Kitchen telah meluncurkan beberapa makanan unik ke pasar.

Perusahaan ini mencoba membawa sesuatu yang baru ke pasar dan membumbui makanan utama Anda. Somey's Kitchen memulai dengan amal dalam pikiran dan mengubah kehidupan orang yang kurang beruntung. Perusahaan telah menjanjikan 50% dari keuntungan menjadi amal di seluruh India dan Inggris.

Pendiri bisnis ini bernama Sandy Samuel Jerome, ia mampu membawa Somey’s Kitchen ke setiap rumah masyarakat. Somey’s Kitchen membuat acar tradisional buatan masala ke pasar global. Lulusan pascasarjana dari Mudra Institute of Communication (MICA) ini, bekerja sama dengan suaminya Joel untuk bisnis keluarga dan bekerja untuk menyelesaikan resep dan produk, pemasaran global dan melaksanakan strategi merek, Somey's Kitchen.

Dari Inggris ke India

Idenya melihat permulaan yang sederhana di Inggris dengan kebutuhan untuk membawa sesuatu yang baru dalam segmen masakan India. Jerome mengatakan bahwa di tanah di mana Chicken Tikka Masala adalah hidangan nasional, masakan India diterima secara luas oleh semua konsumen lokal Inggris.

"Setelah peluncuran, kami melihat perlunya menyiapkan unit produksi untuk makanan khusus kami sendiri sehingga kami mendirikan entitas di India untuk mendukung unit produksi global kami yang berbasis di Bengaluru," katanya.

Segera setelah itu, mereka memutuskan untuk memasuki pasar India yang berkembang pesat.

“Tren makanan sehat dan pilihan siap makan itu tumbuh dengan cepat. Ini mendorong kami untuk meluncurkan di India sejak April 2018 lalu,” katanya.

Mereka juga memperhatikan bahwa target pasar mereka yang mencari pilihan makanan sehat adalah semua konsumen online. Jadi e-commerce menjadi rute terbesar mereka ke pasar.

“Kami telah bermitra dengan BigBasket di Bangalore yang merupakan sukses besar dan sekarang kami berbicara dengan BigBasket untuk peluncuran PAN India, Amazon dan saluran Ecommerce yang diakui dan peluang lainnya,” ucapnya.

Tidak Ada Pelajaran dalam Kewirausahaan

Berasal dari latar belakang yang sama sekali berbeda, tidak mudah bagi mereka untuk menandai wilayah mereka di pasar acar. Tetapi mereka juga tidak menjual acar biasa. Produknya meliputi gandum utuh, organik dan gluten free chapati, pooris. Dorongan dan hasrat akan inovasi telah membuat produk mereka menjadi favorit orang banyak.

Jerome menjelaskan bahwa industri makanan adalah hal baru bagi mereka sehingga hanya mengetahui detail aktual yang diperlukan untuk mendirikan pabrik atau sertifikasi yang diperlukan untuk memasarkan produk organik, bebas gluten, non-veg vs veg dan sebagainya merupakan tantangan besar bagi mereka.

“Itu lebih seperti, kami harus melompat ke air dan kemudian mulai berenang. Kami tidak memiliki pelajaran sebelumnya,” tegasnya.

Dengan dana terbatas, mereka memutuskan untuk melanjutkan dan memasarkan produk. Tapi itu tidak mudah. Meluncurkan merek baru dengan produk unik merupakan tantangan yang sulit. Pasar untuk acar non vegetarian juga tidak benar-benar ada di India. Jadi, bagaimana mereka berencana untuk mengiklankan diri mereka sendiri? Jerome punya jawabannya.

“Kami memasarkannya sebagai saus atau lauk yang melengkapi makanan utama. Itu juga bisa digunakan sebaran. Hal ini menjadikan produk ini sangat serbaguna dan unik sehingga hanya menjadi bagian dari belanja rutin mingguan Anda,” jelasnya.

Going Online Untuk Pertumbuhan

Semua pemesanan hanya dapat dilakukan melalui online saat ini. Target pasar utama mereka adalah online dan mereka sangat fokus pada media sosial dan pemasaran online. Sekarang, dengan meningkatnya rasa lapar konsumen untuk sesuatu yang berbeda, mereka juga berhasil menemukan pelanggan khusus mereka.

“Kami melihat permintaan besar untuk produk bebas gluten kami karena ada kebutuhan khusus di pasar. Selain India, kami diposisikan untuk diluncurkan kembali di Inggris secara besar-besaran pada 2019 nanti,” tutur Jerome.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: