Mau Buat Iklan Produk Bisnis Anda di Facebook? Baca 4 Pelajaran Ini Dulu
Keith Krance dan timnya yang merupakan biro iklan Facebook ingin membagikan cerita serta pengalamannya pada tahun 2016 lalu mengenai kampanye Facebook yang “gila-gilaan”. Mereka membuat dan mengelola 2.652 kampanye iklan Facebook, masing-masing dengan rata-rata satu hingga 12 set iklan dan dengan satu hingga delapan iklan di setiap set.
“Sebagai biro iklan Facebook yang menangani kampanye untuk klien di banyak pasar, kami memiliki banyak kesempatan untuk menguji berbagai cara untuk mendapatkan hasil terbaik di platform iklan Facebook. Cukuplah untuk mengatakan, kami belajar banyak tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan,” kata Krance.
Berikut adalah empat pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman mereka tersebut:
1. Pasang pemirsa khusus situs web sesegera mungkin
Salah satu tambahan paling penting pada platform iklan Facebook ini adalah pemirsa khusus situs web.
Dengan menempatkan sedikit cuplikan kode di setiap halaman situs web Anda, pemirsa khusus situs web memungkinkan Anda menjangkau orang-orang yang baru saja mengunjungi situs Anda dari Facebook. Ini adalah bentuk retargeting yang sangat cerdas menggunakan ID pengguna Facebook, bukan piksel.
Dengan menempatkan potongan kode ini di setiap halaman situs web Anda, Anda dapat membuat "daftar diam" dari orang-orang yang telah menyatakan minatnya pada produk dan layanan Anda dengan mengunjungi situs web Anda. Karena lebih dari 175 juta orang masuk ke Facebook setiap hari, itu berarti di mana pun mereka berada di Internet, mereka dapat "ditangkap" oleh Anda.
2. Manfaatkan penonton yang mirip untuk konversi maksimum
Dengan pemirsa khusus situs web, serta pemirsa lainnya, Facebook dapat membuat semua jenis audiens tambahan yang sangat sesuai untuk produk dan layanan Anda.
Algoritma Facebook yang misterius sangat kuat sehingga setiap tindakan di Facebook dapat diukur dan dilacak, kemudian digunakan sebagai penargetan untuk Anda, pemilik bisnis. Pemirsa serupa memungkinkan Anda menjangkau orang-orang yang mirip dengan pelanggan Anda saat ini untuk apa pun tujuan Anda: apakah itu akuisisi penggemar, pencitraan merek, keterlibatan atau pembelian di luar Facebook dan memimpin pengambilan.
3. Jadikan magnet utama Anda sangat spesifik
"Magnet utama" adalah solusi ultra-spesifik untuk pasar ultra-spesifik yang ditawarkan sebagai imbalan atas opt-in. Keikutsertaan ini biasanya merupakan alamat email.
Magnet utama bisa berupa e-book, daftar periksa, uji coba gratis, kuis, atau laporan khusus. Jika Anda ingin menjadi super-sukses di Facebook, Anda harus mulai dengan menawarkan solusi ultra-spesifik ke pasar yang sangat spesifik. Semakin spesifik, semakin baik. Jika Anda seorang mentor bisnis, Anda mungkin tergoda untuk menawarkan magnet utama yang mengajarkan audiens Anda “bagaimana menjadi mentor yang lebih baik."
Meskipun ini adalah usaha yang bagus, itu tidak cukup spesifik. Magnet utama yang baik harus berbicara dengan keinginan yang sangat spesifik untuk pasar Anda. Tujuan dari magnet utama adalah membawa mereka ke jalan menuju tujuan akhir, untuk membeli produk atau jasa Anda.
Walaupun produk dan layanan dapat dijual langsung di Facebook, seringkali jauh lebih mudah untuk mendapatkan petunjuk di Facebook dan kemudian menjualnya ke dalam program Anda setelah fakta.
4. Riset pasar adalah segalanya dan lebih mudah dari yang Anda kira
“Setiap kali saya berbicara dengan siapa pun tentang iklan Facebook, pertanyaan paling populer yang saya dengar ada di sisi iklan: warna apa yang harus saya gunakan dalam materi iklan saya, bagaimana cara menulis teks iklan saya, apa cara terbaik untuk melakukan penawaran iklan, dll,” ucapnya.
Semua itu adalah pertanyaan yang salah karena semua hal itu tidak masalah jika Anda salah menulis pesan di depan audiens yang salah. Benar, ada ratusan sumber yang berbeda untuk penelitian ketika memulai kampanye iklan Facebook pertama Anda. Tentu, Anda selalu dapat menggunakan pencarian Google untuk melakukan riset pasar Anda. Namun, ternyata alat riset pasar terbaik terdapat di dalam Facebook itu sendiri.
Lagi pula, masuk akal untuk menargetkan minat yang menurut Facebook paling selaras dengan pelanggan ideal Anda.
Facebook adalah platform yang sangat kuat dengan lebih dari seperlima populasi dunia sebagai pengguna aktif setiap bulan. Dengan alat yang tepat dan strategi yang tepat, bahkan pemasar pemula pun dapat menghasilkan prospek dan penjualan dari platform iklan.
Jangan khawatir Anda akan membuat kesalahan saat pertama kali memulai. Anda dapat menghindari banyak kesalahan dengan mempelajari bentuk pelajaran dari Krance.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: