Gugus Tugas Pemberdayaan UKM-IKM Ekspor Indonesian Diaspora Network-United (IDN-United), Indonesian Diaspora SME-SMI Export Empowerment Development (ID-SEED), dan Indonesia In Your Hand Network menandatangani nota kesepahaman bersama 10 pelaku UKM-IKM ekspor pada Jumat (26/10/2018) lalu, di sela-sela Trade Expo Indonesia (TEI) di Tangerang. Kerja sama ini guna meningkatkan penetrasi pasar ekspor UKM-IKM Indonesia.
Direktur Gugus Tugas Pemberdayaan UKM-IKM IDN-United, Ira Damayanti menjelaskan bahwa dalam upaya masuk pasar global, diperlukan konektivitas dan sinergi yang berkesinambungan, baik dengan perwakilan Pemerintah Indonesia di negara tujuan maupun melalui jaringan diaspora yang tersebar di berbagai negara.
"Untuk itu, kami siap memfasilitasi dan mendorong aktif UKM-IKM Indonesia untuk melakukan promosi, branding, dan pemasaran ke pasar global," ujar Ira melalui keterangan tertulis, Senin (29/10/2018), di Jakarta.
CEO Indonesia In Your Hand Network, Amiranto Wibowo menambahkan, dalam menghadapi era industri 4.0, strategi pengembangan ekspor saat ini tidak bisa lepas dari e-commerce atau pedagangan elektronik.
"Pemasaran melalui e-commerce adalah cara jitu untuk memperkenalkan produk di pasar bebas, dan kami punya tools untuk membantu UKM-IKM memasarkan produk mereka ke pasar Amerika, Australia, Eropa, dan Dubai," ujarnya.
Adapun ke-10 pelaku UKM-IKM tersebut menjual berbagai macam produk, mulai dari makanan dan minuman hingga pakaian dan perhiasan.
Isi dari nota kesepahaman mencakup kerja sama promosi dan pemasaran UKM-IKM di luar negeri melalui platform e-commerce USA/Australia In Your Hand Webstore serta business representatif di luar negeri oleh diaspora Indonesia, dengan target penjualan ekspor berkisar US$10.000-100.000 dalam kurun waktu satu tahun.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: