Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Waktu yang Pas untuk Bisnis Anda Melakukan Re-branding

Ini Waktu yang Pas untuk Bisnis Anda Melakukan Re-branding Kredit Foto: Indianaexpress.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Banyak pengusaha atau pemilik bisnis yang menyakini, merek sebuah perusahaan hanyalah nama dan logo perusahaan. Eits, ternyata merek bukan hanya ituloh. Sebuah merek lebih dari sekadar nama dan logo perusahaan yang mendasarinya.

Namun, memang benar bahwa nama dan logo bisnis adalah yang utama untuk sebuah merek, jadi penting bahwa keduanya menjadi kuat.

Apabila ditilik dari keseluruhan, merek perusahaan adalah jumlah total pengalaman pelanggan dan prospek Anda dengan perusahaan Anda. Merek yang baik mengomunikasikan apa yang dilakukan perusahaan Anda dan bagaimana cara melakukannya.

Merek yang baik juga membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan prospek dan pelanggan Anda. Karena kepentingan dari merek itu cukup besar dan baiknya berkembang dari waktu ke waktu, banyak perusahaan yang melakukan re-branding.

Seperti perusahaan yang baru-baru ini melakukan re-branding, seperti Dunkin ‘Donuts, Weight Watchers, Uber, Unilever, dan lain-lain, mereka pasti memiliki alasan dan tujuan sendiri kenapa melakukan re-branding.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk sebuah perusahaan mempertimbangkan untuk melakukan re-branding?

Ketika perusahaan ingin terlihat lebih baik dari pesaing

Jika nama perusahaan Anda generik dan mirip dengan nama bisnis lain, secara tidak langsung merek Anda berbahaya. Logo yang generik juga akan menyakiti merek Anda.  Merek dan logo Anda terancam karena mungkin itu digunakan juga oleh pesaing Anda.

Ketika Anda mulai merasakan itu, re-branding dirasa tepat sebagai jalan keluar dan membantu bisnis Anda lebih menonjol dari pesaing Anda dengan menampilkan hal-hal yang membuat perusahaan Anda berbeda dan lebih baik.

Ketika perusahaan harus mengubah citra untuk menumbuhkan kehidupan baru dan tidak kadaluwarsa

Ada kemungkinan bahwa font Comic Sans, situs web berbasis flash, atau palet warna tahun 1990-an menyeret merek Anda ke bawah dan membuat bisnis Anda terlihat ketinggalan zaman. Ketika berada di sana, apa yang akan Anda lakukan? Jawaban yang tepat adalah "mengubah citra," sesuatu yang paling sukses dilakukan oleh bisnis.

Perusahaan pintar mengubah citra karena mereka tahu bahwa desain yang baik dapat membuat atau menghancurkan bisnis, karena mereka tahu bahwa mereka telah melampaui misi awal mereka.

Ketika perusahaan ingin mengungguli reputasi buruk mereka

Seperti halnya perombakan merek Uber baru-baru ini diperlukan untuk memutuskan hubungan dengan reputasinya yang buruk dan secara nyata menunjukkan komitmen terhadap budaya baru yang lebih baik. Jika bisnis Anda berjuang untuk mengatasi reputasi negatif, mengubah citra dapat membantu konsumen melihat “bungkus” baru Anda.

Perusahaan harus mengubah citra ketika bisnis mereka berevolusi

Terkadang, sebuah bisnis mendapat kesempatan untuk memperluas atau menargetkan pasar baru. Ketika itu terjadi, penting untuk memastikan bahwa pelanggan dan prospek baru Anda dapat terhubung dengan merek Anda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: