Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Single Day, Gaji Kurir di Shanghai Tembus Rekor Tertinggi US$1.180

Single Day, Gaji Kurir di Shanghai Tembus Rekor Tertinggi US$1.180 Kredit Foto: Reuters/Jason Lee
Warta Ekonomi, Beijing -

Kurir di Shanghai memiliki bayaran tertinggi di China pada bulan Oktober, dengan gaji bulanan memuncak pada RMB 8.200 ($1.180) atau senilai Rp17 juta menjelang festival belanja Double 11, bukti meningkatnya permintaan untuk layanan pengiriman menjelang musim puncak.

Data yang dirilis oleh 58.com dan diterbitkan oleh Beijing Morning Post, juga menunjukkan gaji rata-rata nasional untuk kurir mencapai RMB 7,169, meningkat sebesar 8,5% dibandingkan dengan Oktober 2017.

Hangzhou berada di posisi kedua dengan gaji kurir tertinggi mencapai RMB 8,019, Nanjing ketiga di RMB 7,911, dan Beijing keempat di RMB 7,489. Kota-kota tingkat pertama menunjukkan permintaan tertinggi untuk jasa kurir.

Data menunjukkan Chengdu memiliki kenaikan tertinggi dalam gaji kurir, naik 15,66% tahun ke tahun.

Pada bulan Oktober, empat jasa kurir utama China YTO Express, ZTO Express, STO Express, dan Yunda Express mengumumkan bahwa mereka menaikkan harga menjelang Hari Ganda 11. Perusahaan meningkatkan biaya untuk paket yang dikirim dari kota mana saja ke Shanghai sebesar RMB 0,5.

Namun, konsumen tidak perlu merasakan dampak dari kenaikan harga. Perusahaan-perusahaan mengoperasikan tulang punggung jaringan pengiriman, dengan pengiriman pelanggan yang dijalankan oleh mitra waralaba. Hasilnya lebih merupakan kenaikan harga untuk mitra mereka dan tidak selalu dirasakan oleh konsumen.

Peningkatan permintaan tidak terbatas pada personil di industri kurir. Lonjakan konsumsi online menjelang festival Double 11 telah mengakibatkan meningkatnya permintaan untuk desainer dan programer. Guangzhou menunjukkan tingkat pertumbuhan tertinggi, dengan gaji naik 42% tahun ke tahun.

Pengiriman kilat di China adalah ruang yang kompetitif. Selain layanan mapan seperti SF Express, YTO Express, dan ZTO Express, dan yang lainnya, raksasa e-commerce China juga memasuki masa kehebohan.

Alibaba telah memasuki sektor logistik melalui Cainiao, meskipun ia mengambil pendekatan platform yang mengandalkan para kurir mitra. Baru-baru ini, JD.com, yang menjalankan divisi logistik in-house dalam memperluas penawarannya untuk menyertakan pengiriman ekspres untuk perorangan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Bagikan Artikel: