Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mulia Banget... Ini Ternyata Cita-Cita Awal Berdirinya Zilingo

Mulia Banget... Ini Ternyata Cita-Cita Awal Berdirinya Zilingo Kredit Foto: Zilingo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Anda tahu Zilingo? Zilingo adalah pasar mode, kecantikan, dan gaya hidup yang berkantor pusat di Singapura.

Pasar mode yang didirikan Ankiti Bose dan Dhruv Kapoor ini memberikan kemungkinkan untuk pedagang kecil dari Asia Tenggara tanpa kehadiran daring untuk mendaftarkan barang mereka untuk dijual langsung ke konsumen.

Baca Juga: Zilingo Ramaikan Pasar e-Commerce Indonesia

Mulanya, saat itu tahun 2014, Ankiti Bose, bersama empat temannya, melakukan tawar-menawar di pasar Chatuchak yang popular di daerah Bangkok. Dia memperhatikan sesuatu yang unik. Tidak ada satu pun produk yang ditawarkan oleh perusahaan kecil dan menengah di 250-an toko online. Melalui pengalamannya itu, akhirnya Bose pun punya ide.

Dia dan temannya Dhruv Kapoor mengumpulkan $10.000 dan mendirikan Zilingo, tujuan utamannya sederhana, ia ingin mengagregasikan peritel busana kecil Singapura, Bangkok, dan Jakarta ke dalam satu platform tunggal.

”Penjual kecil ini berlokasi di pasar besar, tetapi hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak ada akses ke platform digital atau siapa pun yang dapat membantu mereka mendigitalkan bisnis mereka dan memungkinkan mereka mengakses pelanggan di seluruh dunia. Kami belajar dari cerita (penjual) mereka, dan ini mendorong kami untuk menggali lebih dalam lagi,” kata Bose, seperti yang dilansir dari Entrepreneur.com (12/2/2019).

Kebangkitan

Dalam waktu tiga tahun, Zilingo mampu mengumpulkan hampir $82 juta. Menyusul Seri B senilai $18 juta oleh Sequoia Capital India dan Burda Principal Investments pada bulan September 2017, startup tersebut pun selanjutnya mengumumkan $52 juta Seri C, dan memiliki investor baru Amadeus Capital, pada bulan April tahun lalu untuk menggandakan pertumbuhan Zilingo.

Baca Juga: Peroleh Pendanaan Seri C, Zilingo Targetkan Perluas Pasar Internasional

Tidak hanya sampai di situ kebangkitan Zilingo. Awal tahun lalu, Zilingo Asia Mall diluncurkan, perpanjangan dari segmen B2B, ke AS, dan Eropa.

Selama 12 bulan terakhir, perusahaan telah tumbuh lebih dari 11 kali dalam pendapatan. Berdasarkan keterangan yang ada pun, saat ini Zilingo melayani lebih dari 20.000 pedagang dan pengecer yang menjual pakaian, aksesoris, tas, sepatu, dan produk gaya hidup di segmen B2B dan B2C di seluruh Asia Tenggara.

Sebagian besar bisnis mereka berasal dari solusi B2B, yang menyediakan pasar sumber B2B untuk pedagang, layanan keuangan, dan alat teknologi untuk mendigitalkan bisnis mereka.

Teknologi untuk menyelamatkan

"Keahlian inti kami adalah membangun produk dan layanan teknologi yang menghubungkan dan mengintegrasikan rantai pasokan mode dan kecantikan sehingga bisnis memiliki semua alat yang mereka butuhkan untuk online dan skala dengan mudah," tambah pria berusia 27 tahun ini.

Mereka menggunakan kecerdasan buatan (AI), misalnya, ketika datang ke rekomendasi produk yang dipersonalisasi, pencarian gambar, dan halaman arahan yang dipersonalisasi untuk pelanggan. Mereka juga menggunakan AI dan pembelajaran mesin untuk memperkirakan dan memprediksi tren mode.

“Salah satu cara paling menarik di mana kami menggunakan AI adalah untuk membantu penjual dalam mendigitalkan produk mereka dengan benar dan membuat mereka siap untuk berjualan secara online,” kata Bose.

Apa yang ada di toko?

Perjalanan Bose bukanlah yang termudah. Dari tidak menemukan cukup panutan yang kuat, melawan beberapa stereotip hingga tidak diakui sebagai pemangku kepentingan yang setara, ia telah merasakan semuanya. Tapi Bose yakin semua tantangannya itu pasti bermanfaat.

"Tapi itu pasti bermanfaat," tambahnya.

Saat ini dikabarkan, manajemen senior Zilingo adalah 50 persen perempuan, dan perempuan terwakili dengan baik di seluruh organisasi.

Perusahaan juga telah memulai beasiswa untuk pedagang di Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pemilik usaha kecil dan calon pengusaha untuk meningkatkan diri mereka dalam ekonomi digital dan global saat ini.

Mengenai ekspansi, Bose juga sudah mengarahkan pandangannya ke Filipina, saat ini.

"Selain meluncurkan di pasar baru, kami juga sedang mempertimbangkan meningkatkan platform pedagang kami untuk memasukkan lebih banyak merek dan penjual dan meluncurkan beberapa bisnis vertikal utama untuk mendukung ekosistem,” tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: