Mulai Melek Teknologi, Startup di India Manfaatkan AI Guna Tarik Pelanggan
Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan saat ini telah melanglang buana di berbagai sektor. Tak hanya membuat mesin menjadi lebih pintar, tetapi juga di sektor bisnis, AI berguna untuk membantu memanfaatkan sumber daya yang dialokasikan secara optimal.
Saat ini, beberapa bisnis kalangan offline sudah mulai melek teknologi. Salah satunya di India. Banyak dari mereka yang telah menjajaki dunia digital agar tak kehilangan relevansinya di masa mendatang. Mereka terus berlomba-lomba memanfaatkan teknologi, salah satunya mengemban AI untuk pemasaran.
Baca Juga: Manfaatkan AI untuk Manjakan Pembeli
Tak bergerak sendirian. Di India telah hadir startup yang berupaya untuk membantu pengecer memaksimalkan kampanye pemasaran mereka menggunakan AI, yakni Xeno. Bagaimana cara mereka melakukannya?
“Saya pikir AI memiliki potensi untuk membuka kunci hal-hal yang tidak pernah bisa dilakukan manusia sebelumnya. Di sektor ritel, pengalaman toko akan berubah. Dari online ke offline, Anda dapat menciptakan pengalaman yang sama ketika pelanggan berbelanja dengan Anda. AI juga akan mengubah departemen pemasaran dan alat backend,” ungkap Ahuja, salah satu pendiri Xeno, melansir dari Entrepreneur (18/3/2019).
Startup yang didirikan oleh Pranav Ahuja dan Anshuman Kumar pada tahun 2015 itu tidak seperti perusahaan lain, di mana pemasar menganalisis data yang ada dan kemudian menyiapkan kampanye pemasaran, Xeno akan mengharapkan kliennya melakukan sebaliknya.
"Kami meminta klien untuk membuat satu kampanye dan memahami atribut yang berbeda dari pelanggan dan saat mengirim mereka keluar kampanye, kami akan secara otomatis mempersonalisasi segala sesuatu tentang kampanye tersebut, mulai dari konten yang mencakup produk dan penawaran, waktu, hingga saluran," kata Ahuja.
Baca Juga: CTI IT Infrastructure Summit 2019: Diskusikan Manfaat AI untuk Bisnis Anda
Xeno juga menyasar platform media sosial, seperti Facebook dan Instagram untuk menjangkau kelompok sasaran kampanye pelanggannya. Hal itu juga menguntungkan bagi Xeno, pasalnya melalu media sosial, Xeno mendapatkan banyak daya tarik dan membuktikan laba atas investasi (RoI).
Saat ini startup tersebut telah melayani lebih dari 100 pengecer, yang meliputi merek-merek, seperti Aarvind Group dan merek-merek internasional India, seperti Nandos, Dunkin Donuts, Taco Bell, US Polo, dll.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: