Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Click Through Rate?

Apa Itu Click Through Rate? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Banyak orang yang bertanya-tanya, "iklan online itu mendapatkan uang dari mana?" "bagaimana cara menghitungnya?" untuk menjawab pertanyaan itu, Click Through Rate (CTR) istilah yang bisa menjelaskannya.

Dalam iklan online, CTR adalah prensentase orang yang melihat halaman web yang mengklik iklan tertentu yang muncul di halaman tersebut. Melansir dari Investopedia (2/4) rasio klik per tayangan mengukur seberapa sukses sebuah iklan dalam menangkap minat pengguna. Artinya, semakin tinggi CTR atau rasio klik tayang, semakin sukses pula iklan tersebut dan mampu menghasilkan bunga.

Baca Juga: Apa Itu Call to Action?

Melihat pengguna internet yang semakin tidak sensitif terhadap iklan di halaman web saat ini, CTR biasanya hanya sekitar dua pengguna per 1.000 tampilan atau tayangan. Jika diubah dalam bentuk persen, hanya sekitar 0,2% saja.

Bagaimana cara menghitung CTR?

Menjelaskan gambar di atas, CTR bisa dihitung dengan membagi jumlah orang yang mengklik link atau iklan Anda dengan jumlah total tayangan, kemudian hasilnya dikalikan dengan 100%.

Baca Juga: 4 Tren Iklan Bisnis di 2019 yang "Milenial Banget"

Misalnya, jika iklan online telah diklik sebanyak 200 kali setelah ditayangkan 5.000 kali, dan kemudian dikalikan 100 persen, rasio yang dihasilkan dari iklan tersebut sebesar 4,0% [(200/5.000x100=4%)].

Di mana CTR bisa dimanfaatkan?

Tingkat CTR dapat membantu pemasar digital mengukur keberhasilan pemasaran online. Ini dapat digunakan di berbagai media, misalnya iklan bergambar, iklan email, dan pencarian berbayar. Dari sinilah pemasar digital bisa mempelajari apa yang berhasil dan yang tidak.

Taktik Tingkatkan CTR

Agar nilai CTR pada iklan online Anda meningkat, apa yang harus Anda lakukan? Sebenarnya ada dua cara, yakni yang pertama Anda bisa melihat ulang pemasaran-pemasaran yang telah memberikan hasil terbaik untuk Anda jadikan role model. Jika keberhasilan CTR pernah Anda dapatkan, Anda bisa meniru cara itu lagi dalam iklan online yang ingin Anda tingkatkan.

Baca Juga: Kenapa Pengusaha Zaman Now Butuh Strategi Pemasaran Digital?

Kedua, Anda bisa mengambil jalan lain dengan mencoba memperbaiki kampanye iklan online Anda secara keseluruhan. Ubah konten Anda menjadi menarik, dan buatlah call to action yang lebih kuat sehingga klien tahu apa tindakan yang Anda inginkan dari mereka.

Ingatlah, untuk membuat bisnis Anda melambung, satu klik itu sangat berarti. Keluarkan segala macam kemampuan Anda demi memperoleh klik sebanyak mungkin.

Baca Juga: Hingga Oktober 2022, Volume Transaksi QRIS Bank Mandiri Tembus Rp 2,6 Triliun

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Advertisement

Bagikan Artikel: