Berbagai Faktor Ini Bikin Konsumen Pilih Produk Premium di E-Commerce
Studi dari Nielsen menemukan bahwa semakin banyak konsumen di seluruh dunia berbelanja online ke e-commerce lokal untuk membeli produk premium (45% di 2018, naik 6 poin dari 2016).
Banyak faktor utama yang dicari konsumen di seluruh dunia dari membeli produk premium secara online. Di antaranya, kualitas yang unggul (56%), kinerja (51%), desain (43%), pengalaman (42%), dan merek (42%).
Bahkan secara khusus, sekitar dua dari lima konsumen (41%) bersedia membayar lebih untuk produk dari bahan organik dan yang sepenuhnya alami. Serupa dengan hal tersebut, konsumen bersedia membayar lebih untuk produk yang berkelanjutan (38%) dan produk-produk yang memiliki tanggung jawab sosial (30%).
Baca Juga: Nielsen: Konsumem Indonesia Suka Belanja Online Produk Premium
Menurut laporan tersebut, kategori produk teratas di mana konsumen paling bersedia untuk membeli barang-barang premium ialah elektronik pribadi (42%), pakaian (40%), kosmetik (31%), dan protein seperti susu dan daging (masing-masing 30% dan 29%).
Konsumen menilai rekomendasi teman sebagai faktor yang paling berpengaruh dalam uji coba mereka terhadap produk-produk premium baru. Hampir setengah dari konsumen (46%) mengatakan, rekomendasi dan dorongan teman atau keluarga memengaruhi keputusan mereka untuk mencoba produk premium baru, diikuti oleh riset tentang produk (36%), iklan online (32%), iklan televisi (31%), dan iklan dalam toko (25%).
Baca Juga: Mengamati Tren Belanja Online Selama Ramadan
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Yosi Winosa
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: