Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Masuk Pasar China, Mustika Ratu Gandeng 2 Bisnis Milik Alibaba

Masuk Pasar China, Mustika Ratu Gandeng 2 Bisnis Milik Alibaba Kredit Foto: Theguardian.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lazada dan Tmall Global mengumumkan dukungannya kepada Mustika Ratu, salah satu produsen kosmetik di Indonesia, untuk memasuki pasar China. Dukungan dua perusahaan milik Alibaba Group ini dalam bentuk flagship store online di platform Tmall Global.  

Dukungan juga diberikan dalam bentuk bantuan proses on-boarding, akses ke berbagai solusi perdagangan di ekosistem Alibaba, serta berbagai panduan lain guna mengoptimalkan kegiatan operasional.

Untuk diketahui, Tmall Global yang dirilis pada 2014 merupakan salah satu platform belanja online terbesar di China. Sementara Lazada sebagai mitra resmi Tmall Global di Indonesia akan terus membantu mengurasi brand lokal yang ingin memperluas jangkauannya ke China melalui program flagship store online.

Baca Juga: Mustika Ratu Siap Pacu Ekspor Produk ke 20 Negara

Chun Li, Co-President Lazada Group dan CEO Lazada Indonesia, menyatakan, ekosistem Alibaba mencakup ratusan juta pengguna internet di China. Menurutnya, dalam tiga tahun terakhir, masyarakat China semakin melek internet.

"Tak hanya di kota besar, belanja online menjadi hal yang lumrah dilakukan masyarakat yang tinggal di kota-kota kecil hingga daerah pinggiran," ungkap Chun Li, Rabu (4/9/2019).

Pada kesempatan yang sama, Deputy General Manager of Tmall Global Qian Yi mengatakan, Tmall adalah mal online premium bagi banyak brand internasional. Dalam kerja sama ini, Tmall akan mendukung Mustika Ratu untuk mengembangkan toko online, termasuk distribusi produknya di China.

Sebelumnya, Tmall telah memasarkan beberapa produk makanan Indonesia di platformnya. Namun, Mustika Ratu adalah merek pertama untuk kategori kecantikan. Per Juli 2018, lebih dari 50% konsumen Tmall berusia di bawah 27 tahun yang didominasi oleh kelas menengah yang gemar mencoba hal baru. Tmall Global kini menghadirkan 20 ribu brand internasional yang berasal dari 4.000 kategori dari 77 negara dan wilayah.

Baca Juga: Mustika Ratu Dukung Pembangunan Sawit Indonesia

"Tentu kami ingin membawa lebih banyak lagi merek Indonesia ke China," kata Qian Yi.

Sementara Chief Executive Officer PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang optimistis dengan dukungan tersebut, Mustika Ratu akan semakin memperluas jangkauan pasar mereka, terutama pasar luar negeri. Sebelumnya perusahaan ini telah mendistribusikan produk mereka ke pasar Kanada, Amerika Serikat, dan Irak.

"Kemitraan ini sejalan dengan misi kami untuk mengembangkan pasar ekspor dan mendekatkan produk kami ke konsumen global dengan China sebagai target pasar utama kami di 2020," tuturnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: