Mr Jeff, perusahaan startup asal Spanyol dengan model bisnis waralaba inovatif, mengawali November 2019 dengan mengumumkan perubahan nama merek perusahaan menjadi Jeff. Hal itu dilakukan sebagai langkah pertama untuk menjadi super app dalam menyediakan kenyamanan yang menyeluruh bagi para penggunanya.
Perubahan nama ini didasari oleh adanya perubahan dalam model bisnis perusahaan yang menggabungkan rantai suplai vertikal baru menjadi platform multilayanan atau "super app", meyediakan segala kebutuhan sehari-hari para penggunanya hanya dalam satu klik. Kenyamanan ini akan tersedia melalui platform yang akan menyatukan berbagai layanan perawatan dan kesehatan di bawah klaim "The Good, Good Life"–platform layanan yang menyediakan semua yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, kapan pun dan di mana pun.
Baca Juga: Luncurkan Laundry Masa Kini, Mr Jeff Jadi Peluang Waralaba di Indonesia
"Obsesi kami sejak hari pertama adalah memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan kami percaya bahwa kami dapat melakukannya. Tidak hanya sebatas mencuci dan menyetrika pakaian mereka, tetapi juga dengan menawarkan layanan yang mereka butuhkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Eloi Gómez, CEO dan salah satu pendiri Jeff, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (2/11/2019).
Sebagai super-app, masing-masing vertikal yang berbeda akan memasukkan unsur nama "Jeff", tetapi juga akan memiliki nama merek dan entitas mereka sendiri. Layanan pengiriman rumah binatu dan dry cleaning akan terus disebut Mr Jeff. Lini bisnis layanan penataan rambut dan kecantikan akan disebut Beauty Jeff dan lini bisnis layanan kebugaran akan disebut Fit Jeff.
"Kami ingin terus menjaga reputasi dan pengakuan nama yang telah kami capai di pasar melalui merek Mr Jeff. Oleh karena itu, merek Mr Jeff akan tetap digunakan untuk layanan laundry on-demand dan dry cleaning. Sementara, setiap vertikal bisnis yang baru akan menggabungkan kata Jeff sehingga lini bisnis baru yang dibuka mudah diidentifikasi dengan merek kami," ucap Eloi.
Mengikuti peluncuran penjualan waralaba laundry-nya dua bulan lalu, Mr Jeff terus menuai momentum dengan tingginya minat atas layanan cuci on-demand dan dry cleaning miliknya di seluruh Asia, termasuk Indonesia. Sebanyak 11 toko pertamanya akan dibuka di Jakarta, Bandung, Cirebon, Surabaya, Bali, Banjarmasin, dan Medan. Ini menandakan bahwa Indonesia telah menjadi salah satu pasar regional paling penting bagi Mr Jeff, sejalan dengan keputusannya untuk fokus pada upaya ekspansi internasional di Asia.
Dalam hitungan minggu, Mr Jeff mencapai pasar dengan 15 waralaba Mr Jeff pertama yang dijual di kota-kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Cirebon, Surabaya, Bali, Banjarmasin, dan Medan. Dengan menawarkan layanan laundry on-demand, kemudahan akses melalui aplikasi, Mr Jeff bertujuan untuk memberi kemudahan bagi para segmen masyarakat pekerja dengan mencuci pakaian secara efisien dan sisi waktu, dan juga andal.
"Salah satu alasan mengapa kami melihat begitu banyak minat pada Mr Jeff adalah karena kami menawarkan manfaat dari biaya investasi yang rendah dan prospek memiliki bisnis yang menguntungkan," ucap Eloi.
Mr Jeff bertujuan untuk menjual lebih dari 150 waralaba pada akhir tahun di bagian lain Asia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Tag Terkait: