Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jenius! Bocah 17 Tahun Ini Bikin Website Pelacak Virus Corona yang Sukes Mendunia!

Jenius! Bocah 17 Tahun Ini Bikin Website Pelacak Virus Corona yang Sukes Mendunia! Avi Schiffmann, pembuat website pelacak virus corona ncov2019.live. | Kredit Foto: Twitter/DONFARANSA
Warta Ekonomi, Jakarta -

Seorang bocah 17 tahun bernama Avi Schiffmann adalah pecnipta salah satu pelacak virus corona yang paling banyak dikunjungi di dunia bernama ncov2019.live. Meski sampai harus bolos dari sekolahnya, tapi setidaknya ia melakukan hal yang sangat berguna bagi dunia.

Kini, ia menghabiskan "100%" waktu luangnya bersama website buatannya. Schiffmann berencana untuk terus melacak virus corona secara aktif sampai akhir. Selama situsnya menyala, dia bilang dia akan terus bekerja dan menambahkan fitur baru.

Baca Juga: Walah! Saking Larisnya, Permintaan Masker Buatan Sharp Bikin Server Website Down!

Setelah pandemi selesai, ia akan menurunkan server, dan mungkin membuat halaman yang membandingkan COVID-19 dengan SARS atau flu Spanyol. Dia pikir itu mungkin akan menjadi potongan sejarah dari coronavirus yang bisa dilihat orang.

Dilansir dari Business Insider di Jakarta, Jum'at (15/5/2020) pelacak virus corona buatan Avi Schiffmann memuat semua informasi tentang COVID-19 yang dapat diketahui oleh kebanyakan orang. Hal ini terus diperbarui dengan statistik untuk negara-negara di seluruh dunia tentang infeksi, kematian, pulih, dan tingkat perubahan menggunakan data yang diambil dari WHO, CDC, dan situs web pemerintah lainnya.

Situs ini sering menawarkan fitur-fitur baru, seperti kalkulator tingkat kelangsungan hidup baru. Itu juga memiliki infeksi yang dapat dilihat pada peta, dan halaman dengan beberapa informasi dasar tentang virus, termasuk tips untuk kebersihan tangan dan daftar gejala. Sementara Schiffmann bangga dengan pekerjaan yang dia lakukan.

"Di masa depan, saya berharap tekanan ada pada WHO untuk membuat alat seperti ini," katanya, "Tanggung jawab tidak boleh berada pada seorang anak, tetapi jelas bahwa orang ingin mengetahui statistik."

Bahkan Schiffman sampai harus tergada hingga jam 7 pagi untuk memperbaiki masalah dasbor. Dia juga memperkirakan bahwa dia menempatkan setidaknya beberapa ratus jam di situs, bisa sampai begadang hingga 50 jam.

"Itu telah mengambil alih hidupku," katanya, meskipun ia cepat-cepat menambahkan bahwa ia akan "dengan senang hati mengambil peran."

Ini adalah tanggung jawab yang dia tanggung dengan serius. “Saya adalah siswa sekolah menengah yang buruk ketika ini menjadi sangat populer, saya sampai melewatkan dua minggu sekolah untuk fokus pada situs."

Website buatannya sangat populer, dengan sekitar 30 juta pengunjung sehari dan total 700 juta sejauh ini, sehingga tidak mengherankan bahwa Schiffmann mendapat tawaran untuk memasang iklan di situs web.

Satu tawaran khususnya akan mengontrak Schiffmann untuk mempertahankan situs tersebut sebesar USD 8 juta. Namun ia tolak dan mengatakan ia mungkin bisa menghasilkan lebih dari USD 30 juta jika ia memasang iklan sendiri, tetapi ia mengatakan hal itu bukan tujuannya membuat situs ini.

"Aku baru 17 tahun, aku tidak butuh USD 8 juta ... aku tidak ingin menjadi seseorang yang mengambil keuntungan," katanya.

Schiffmann mengatakan bahwa dia tidak ingin popup merusak UI yang akan menjadi sesuatu di luar kendalinya. Dia tahu banyak dari pengunjungnya dari seluruh dunia tidak memiliki koneksi internet yang sangat cepat, sehingga menambahkan iklan dan pelacak akan memperlambat situs dan bahkan membuatnya tidak dapat digunakan mereka.

Meski diketahui, iia memang mengatur tombol donasi di situs web, meski tentu saja jumlahnya tidak sampai USD 8 juta.

Schiffmann memiliki rencana besar untuk masa depannya. Dia sudah mendapatkan tawaran pekerjaan, termasuk dari Microsoft, tetapi dia tidak tertarik menerima salah satu dari pekerjaan itu sekarang, dia masih ingin terus mengejar proyeknya sendiri.

Alih-alih, dia lebih peduli tentang koneksi yang dia buat dari proyek. "Sekarang saya tahu banyak VC dan investor ... jika saya memulai perusahaan besok, mereka setidaknya membaca rencana bisnis saya."

Salah satu koneksi yang paling menarik sejauh ini adalah dari perusahaan keamanan Cloudflare, yang digunakan Schiffmann untuk melindungi situs terhadap serangan DDOS. CEO Matthew Prince mengatakan padanya melalui Twitter dan ingin mengirim beberapa kemeja Cloudflare.

Meski demikian, Schiffmann mengatakan bahwa ia ingin dapat berbicara dengan Bill Gates. Ia mengaku tertarik pada persimpangan teknologi dan kesehatan masyarakat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: