Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Buku Kas?

Apa Itu Buku Kas? Kredit Foto: Unsplash/Stefan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Buku kas adalah buku yang berisikan informasi penting yang wajib dimiliki oleh perusahaan untuk mengetahui perkembangan keuangan yang mereka miliki. Buku kas wajib dimiliki agar seseorang mengetahui kondisi keuangan sebuah perusahaan.

Keadaan finansial, terutama kas merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui, serta wajib diketahui bagaimana bisa bertambah serta berkurangnya kas perusahaan. Analisis atau keputusan bisa dilakukan dan dibuat rencana keuangan pada masa berikutnya dengan bantuan buku kas.

Baca Juga: Apa Itu Buku Besar?

Buku kas mencatat segala hal yang berhubungan dengan keuangan yang merupakan hal penting untuk perusahaan. Kondisi keuangan serta berbagai transaksinya bisa diketahui lewat buku kas sehingga bisa dijadikan sebagai acuan dalam berbagai hal. Berbagai keputusan penting yang akan diambil biasanya akan ditentukan dari kondisi keuangan.

Jurnal pengeluaran kas akan mencakup item seperti pembayaran yang dilakukan kepada vendor untuk mengurangi hutang. Sementara jurnal penerimaan kas akan mencakup item seperti pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan atas piutang dagang atau penjualan tunai.

Baca Juga: Mengejutkan! Surya Paloh Nyatakan Siap Out Jika Hal Ini Terjadi, Eh Langsung Disindir: Terus Nasib...

Halaman:

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: