Pandemi global telah mengubah hampir segalanya bagi Chief Marketing Officer (CMO) dan memaksa mereka untuk berjuang ketika konsumen semakin beralih ke belanja online. Sementara itu, para CEO menekan mereka untuk menemukan cara strategis untuk pemulihan dan meingkatkan penjualan.
Demikian diungkapkan Garrett Ilg, President, Japan and Asia Pacific, Oracle Corporation, dalam tulisannya, yang diterima, Jumat (20/11/2020), berjudu Lima Kunci Utama dalam Mengatasi Pandemi bagi CMO. Oleh karena itu, menurut Garret, diperlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang prilaku pelanggan, sehingga memungkinkan organisasi untuk mengubah model bisnis dengan yang baru melalui penataan ulang strategi penjualan, menemukan cara untuk mendapatkan aliran pendapatan baru dan memperkenalkan produk dan layanan baru.Baca Juga: Perilaku Masyarakat Semakin Positif Hadapi Pandemi Covid-19
Di mana pandemi ini, teknologi memang memainkan peran penting, tapi harus digunakan dengan benar melalui paradigma baru. Salah satu perusahaan yang telah sukses menjalankan model bisnis baru pada masa pendemi ini adalah, ZALORA, perusahaan mode e-commerce terbesar di Asia Tenggara, telah menunjukkan bagaimana bisnis dapat berputar agar tetap relevan di lingkungan tempatnya beroperasi. Baca Juga: Ajak Daerah Bangkit dari Pandemi, Kali Pertama Apkasi Luncurkan AOE2021 Secara Virtual
Pada saat kebutuhan pelanggan telah beralih ke hal-hal penting dan barang-barang lainnya, ZALORA berhasil meningkatkan platformnya untuk mendukung perubahan permintaan yang tiba-tiba datang selama masa pandemi ini. Dengan sistem back-end yang tepat, ZALORA mampu merespon secara real-time untuk setiap interaksi yang dipersonalisasi dengan pelanggan, mengekstrak data yang penting dalam interaksi pelanggan dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.
Apa yang telah membantu Zalora menjalankan hal tersebut, menurut Garrett, karena menerapkan lima kunci utama yang harus dijalankan oleh setiap CMO di perusahaan sambil memanfaatkan situasi dengan tujuan memanfaatkan teknologi baru yang kritis untuk memodernisasi interaksi mereka. Lima kunci utama tersebut adalah;
Pertama, adaptabilitas, karena dunia telah berubah tetapi bisnis masih harus terus berjalan, baik dengan menemukan cara baru untuk menjangkau pelanggan yang sedang mengalami kesulitan keuangan atau membantu pelanggan memvisualisasikan produk dari kenyamanan dan keamanan rumah mereka masing-masing. Tim pemasaran harus beradaptasi dengan perubahan yang terus menerus terjadi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait: